Roboguru

Pada masa pemerintahan Sultan Mustain Billah, Kerajaan Banjar dikenal memiliki kekuatan militer cukup beşar. Keberhasilan kekuatan militer Sultan Mustain Billah pada masa kejayaan Kerajaan Banjar adalah....

Pertanyaan

Pada masa pemerintahan Sultan Mustain Billah, Kerajaan Banjar dikenal memiliki kekuatan militer cukup beşar. Keberhasilan kekuatan militer Sultan Mustain Billah pada masa kejayaan Kerajaan Banjar adalah....

  1. menyatukan seluruh kerajaan Islam di Kepulauan Indonesia

  2. menguasai wilayah Tuban, Arosbaya, dan Mataram

  3. memukul mundur pasukan VOC dari Kerajaan Banjar

  4. menyebarkan ajaran agama Islam sampai ke wilayah Cina

  5. membendung pengaruh politik dari Tuban, Arosbaya, dan Mataram

Pembahasan Soal:

Lada merupakan komoditas ekspor primadona Kesultanan Banjar pada abad ke-17. Karena tidak memperoleh lada di Banten, maka Belanda merampok lada dari dua buah jung tersebut. Bagi orang Banjar peristiwa itu menjadi kesan awal yang buruk terhadap Belanda. Untuk mengetahui daerah Kesultanan Banjar yang merupakan daerah penghasil lada, Belanda mengirim sebuah ekspedisi ke Banjarmasin pada tanggal 17 Juli 1607 dipimpin Koopman Gillis Michielzoon. Utusan Belanda tersebut dan seluruh anggotanya diajak ke darat, dan kemudian seluruhnya dibunuh, serta harta benda dan kapalnya dirampas. Peristiwa pembantaian terhadap utusan Belanda dengan anggotanya di Banjarmasin itu, menyebabkan Belanda tidak pernah berhasil tinggal lama di Banjarmasin. Kepala pedagang (opperkoopman) VOC pada masa itu adalah François Wittert. Sebuah ekspedisi dikirim oleh otoritas VOC ke Banjarmasin untuk mengkonfirmasi kejadian tersebut. Kapal-kapal Hazewind, Brak, Halve Maan dan Klein Veere berangkat pada tanggal 20 Maret 1612. Dalam tahun 1612 secara mengejutkan armada Belanda tiba di Banjarmasin untuk membalas atas terbunuhnya ekspedisi Gillis Michielzoon tahun 1607. Armada ini menyerang Banjarmasin dari arah pulau Kembang, menembaki Kuin, ibu kota Kesultanan Banjar. Penyerangan ini menghancurkan Banjar Lama yang merupakan istana Sultan Banjar, karena itu ibu kota kerajaan dipindahkan, dari Kuin yang hancur ke Kayu Tangi, Martapura.

Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Purnasih

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa yang melatarbelakangi terjadinya perlawanan rakyat Maluku terhadap pemerintah Hindia Belanda?

Pembahasan Soal:

Rakyat Maluku, khususnya masyarakat Saparua sepakat untuk melakukan perlawanan di bawah komando Thomas Matulessy atau biasa disebut Kapitan Pattimura. Monopoli perdagangan rempah-rempah yang dilakukan Belanda melalui pelayaran Hongi di Maluku mimbulkan kesengsaraan Maluku karena kebijakan penyerahan wajib berupa penyerahan ikan asin, kopi dan hasil laut lainnya kepada Belanda. Sikap Residen Saparua yang memberlakukan masyarakat Maluku dengan sewenang-wenang.

Jadi, tindakan Belanda yang memonopoli perdagangan rempah-rempah melalui pelayaran Hongi dan perlakuan residen Saparua yang sewenang-wenang menyebabkan rakyat menderita sehingga terjadinya perlawanan rakyat Maluku.

Roboguru

Sebutkan faktor-faktor kegagalan bangsa Indonesia mengusir penjajah !

Pembahasan Soal:

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kegagalan, yakni: 

1. Perjuangan bersifat lokal atau kedaerahan tidak secara serentak. 

2. Peperangan secara fisik masih menggunakan senjata tradisional, seperti bambu runcing, golok, atau senjata tradisional lainnya sehingga kalah dalam hal persenjataan. 

3. Masih dipimpin oleh tokoh-tokoh karismatik, seperti tokoh agama atau bangsawan. 

4. Bersifat sporadis atau musiman. 

5. Efektifnya politik adu domba (devide at impera). 

Dengan demikian, pada dasarnya berikut faktor penyebab gagalnya perjuangan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah: Pertama, perjuangan yang bersifat masih kedaerahan, kemudian perlawanan tidak dilakukan secara serentak, dan masih bergantung pimpinan (jika pemimpin tertangkap, perlawanan terhenti).

Roboguru

Akhirnya pada tahun 1905, Sultan Muhammad Seman dari keluarga keturunan Antasari terbunuh. Dampak dari peristiwa terbunuhanya Sultan Muhammad Seman adalah ….

Pembahasan Soal:

Akhirnya pada tahun 1905, Sultan Muhammad Seman dari keluarga keturunan Antasari terbunuh. Peristiwa ini kemudian mengakhiri garis kepemimpinan raja. Sejarah mencatat, perlawanan rakyat Banjar terhadap Belanda benar-benar berakhir saat Sultan Muhammad Seman gugur di Pertempuran Baras Kuning di daerah Barito.

Berdasarkan pembahasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah C

Roboguru

Lamanya penyelesaian Perang Padri membuat Gubernur Jenderal Belanda ... datang ke Padang pada tanggal 23 Agustus 1833

Pembahasan Soal:

Lamanya penyelesaian Perang Padri membuat Gubernur Jenderal Belanda, Johannes van den Bosch datang ke Padang pada tanggal 23 Agustus 1833 untuk melihat lebih dekat operasi militer yang dilakukan oleh pasukannya. Pada saat itu, van den Bosch memerintahkan pasukannya untuk menyerang pada tanggal 10 September 1833.

Berdasarkan pembahasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah E

Roboguru

Berikut ini yang merupakan konflik awal terjadinya pertempuran antara Kesultanan Mataram dengan VOC adalah ...

Pembahasan Soal:

Konflik awal antara Kesultanan Mataram dan VOC terjadi pada tahun 1618. Saat itu, Gubernur Jenderal J.P Coen memerintahkan pasukan VOC menyerang wilayah kekuasaan Kesultanan Mataram di Jepara. Sultan Agung meresponnya dengan mengirimkan pasukan untuk menyerang kantor dagang VOC di Jepara. Pasca peristiwa pertempuran di Jepara, hubungan Kesultanan Mataram dan VOC menjadi semakin memburuk ketika VOC berhasil merebut kota Jayakarta dan mengganti namanya menjadi Batavia pada tahun 1619. Maka semakin jelaslah niat VOC untuk memperluas kekuasaannya. Lalu setelah mengetahui berita tentang jatuhnya Jayakarta, Sultan Agung menjadi semakin yakin kalau VOC adalah musuh berbahaya bagi Kesultanan Mataram. Karena itulah, untuk membendung ambisi VOC sekaligus sebagai upaya untuk melindungi wilayah kekuasaan Kesultanan Mataram, Sultan Agung akhirnya memutuskan untuk menyerang markas pusat VOC yang berada di Batavia.
Berdasarkan pembahasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah B
 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved