Roboguru

Pada masa pemerintahan Demokrasi Liberal, kabinet ...

Pada masa pemerintahan Demokrasi Liberal, kabinet yang berkuasa umumnya tidak berumur panjang, sehingga mengakibatkan ketidakstabilan politik dan keamanan dalam negeri. Mengapa hal tersebut terjadi?undefined 

  1. Demokrasi Parlementer mempunyai banyak partai sehingga kabinet jatuh bangun karena munculnya mosi tidak percaya dari partai lawan.

  2. ...undefined 

Jawaban:

Era Demokrasi Liberal (1950–1959) yang dikenal pula dengan Era Demokrasi Parlementer adalah era ketika Presiden Soekarno memerintah menggunakan konstitusi Undang-Undang Dasar Sementara Republik Indonesia 1950. Periode ini berlangsung dari 17 Agustus 1950 (sejak pembubaran Republik Indonesia Serikat) sampai 5 Juli 1959 (keluarnya Dekret Presiden). Pada masa ini terjadi sejumlah peristiwa penting, seperti Konferensi Asia–Afrika di Bandung, pemilihan umum pertama di Indonesia dan pemilihan Konstituante, serta periode ketidakstabilan politik yang berkepanjangan. Ketidak stabilan terjadi karena Demokrasi Parlementer mempunyai banyak partai justru menimbulkan ketidakstabilan politik. Pada masa ini terjadi banyak pergantian kabinet. Tercatat ada tujuh kabinet pada masa ini. Kabinet jatuh bangun karena munculnya mosi tidak percaya dari partai lawan. Di samping itu, terjadi perdebatan dalam Konstituante yang sering menimbulkan konflik berkepanjangan.

Dengan demikian, hal tersebut terjadi karena Demokrasi Parlementer mempunyai banyak partai sehingga kabinet jatuh bangun karena munculnya mosi tidak percaya dari partai lawan.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved