Roboguru

Pada masa Demokrasi Terpimpin, Indonesia keluar dari keanggotaan PBB. Kebijakan ini terjadi sebagai dampak politik luar negeri RI yang bersifat anti imperialisme/kolonialisme. Hal ini menyebabkan Ind

Pada masa Demokrasi Terpimpin, Indonesia keluar dari keanggotaan PBB. Kebijakan ini terjadi sebagai dampak politik luar negeri RI yang bersifat anti imperialisme/kolonialisme.  Hal ini menyebabkan Indonesia terkucil dari dunia internasional. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah Orde Baru untuk mengembalikan citra Indonesia di mata dunia antara lain dengan ….

  1. menyetujui pembentukan negara federal Malaysia.

  2. mencari dukungan dari negara-negara di Asia Tenggara.

  3. memulihkan hubungan diplomatik dengan Malaysia.

  4. memutuskan hubungan dengan negara berhaluan kiri.

  5. mempererat hubungan diplomatik dengan negara-negara lain.

Jawaban:

Kebijakan luar negeri Orde Baru berbeda dengan kebijakan pada masa Demokrasi Terpimpin. Pada masa Orde Baru Indonesia mulai menjalin dengan dunia luar dan tidak anti Barat. Pada tahun 1965 Indonesia kelaur dari keanggotaan PBB. Alasannya adalah karena diterimanya Federasi Malaysia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB padahl saat itu Indonesia sedang berkonflik dengan Malaysia. Akhirnya, untuk mengembalikan citra Indonesia di mata dunia internasional, Indonesia kembali bergabung dengan PBB dan berusaha memulihkan hubungan baik dengan beberapa negara, di antaranya India, Thailand, Australia, Singapura, Malaysia, Republik rakyat Cina, dan negara-negara lain yang sempat renggang karena kebijakan politik luar negeri pada masa Demokrasi Terpimpin. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved