Roboguru

Pada inti Bumi (core) bagian dalam memiliki suhu sekitar 39.000° C-72.000° C, yang hampir sama dengan panas permukaan Matahari. Mengapa demikian?

Pertanyaan

Pada inti Bumi (core) bagian dalam memiliki suhu sekitar 39.000° C-72.000° C, yang hampir sama dengan panas permukaan Matahari. Mengapa demikian?

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Inti bumi memiliki suhu yang sangat panas, bahkan hampir sama dengan suhu matahari hal ini desebabkan karena 2 hal, yaitu:

  1. Masih terdapat sisa panas dari pembentukan bumi.
    Bumi terbentuk dari proses akresi, di mana padatan menarik satu sama lain untuk membentuk objek yang lebih besar. Ketika dua benda bertabrakan, panas akan dihasilkan.
  2. Energi yang dihasilkan dari peluruhan unsur radioaktif dari dalam bumi.
    Sekitar 45-90 persen panas yang keluar dari bumi berasal dari peluruhan radioaktif unsur yang terkonsentrasi di permukaanspace space  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Lapisan inti dalam (inner core) yang pejal tersusun atas material besi dan nikel. Lapisan tersebut memengaruhi keberadaan medan magnet Bumi. Medan magnet Bumi melindungi Bumi dari radiasi kosmis dan m...

Pembahasan Soal:

Inti bumi adalah lapisan bumi yang paling dalam. Karena berada paling dalam, maka inti bumi menjadi pusat dari pergerakan bumi. Inti bumi juga menjadi pusat aktivitas magnetik dan pembentukan gravitasi. Medan magnet bumi melindungi bumi dari radiasi kosmis dan menghambat ionisasi partikel di atmosfer. Radiasi kosmis adalah jenis radiasi pengion yang memiliki energi tinggi, terutama dari inti atom dan partikel yang diciptakan oleh interkasi yang terjadi di atmosfer. Apabila tidak terdapat aktivitas magnetik tersebut maka yang akan terjadi adalah kita akan terkena dampak radiasi kosmis sebagai berikut.

  1. Menyebabkan kerusakan serius pada memori perangkat elektonik
  2. Dampak pada sistem komunikasi satelit dan runtuhnya jaringan listrik
  3. Perubahan cuaca dan iklim karena rusaknya lapisan ozon
  4. Menimbulkan beberapa masalah pada jantung

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.  

0

Roboguru

Sebutkan struktur bumi (dari permukaan bumi sampai ke dalam bumi)!

Pembahasan Soal:

Fisik bumi menunjukkan bahwa batuanbatuan pembentuk bumi mulai dari kerak bumi sampai inti bumi mempunyai komposisi mineral dan unsur kimia yang berbeda-beda. Pada dasarnya planet bumi mempunyai struktur utama (dari permukaan sampai ke dalam), diantaranya:

  1. Litosfer berasal dari kata lithos berarti batu dan sfhere/sphaira berarti bulatan atau lapisan. Litosfer adalah lapisan bumi paling atas dengan ketebalan lebih kurang 70 km yang tersusun dari batuan penyusun kulit bumi.
  2. Astenosfer, yaitu lapisan yang terletak di bawah litosfer dengan ketebalan sekitar 2.900 km berupa material cair kental dan berpijar dengan suhu sekitar 3.000 derajat celcius, merupakan campuran dari berbagai bahan yang bersifat cair, padat dan gas bersuhu tinggi.
  3. Barisfer, yaitu lapisan inti bumi yang merupakan bagian bumi paling dalam yang tersusun atas lapisan Nife (Niccolum atau nikel dan ferrrum atau besi). Lapisan ini dapat pula dibedakan atas dua bagian yaitu inti luar dan inti dalam.

0

Roboguru

Struktur Bumi terdiri atas beberapa lapisan. Lapisan paling dalam sebagai inti Bumi adalah…

Pembahasan Soal:

Inti Bumi merupakan lapisan yang paling dalam atau biasa disebut dengan lapisan Barisfer. Inti Bumi dibagi menjadi dua, yaitu lapisan inti luar dan lapisan inti dalam. Lapisan inti luar terletak di kedalaman 2.890 hingga 5.150 kilometer di bawah permukaan Bumi. Unsur penyusun utamanya adalah besi dan nikel. Suhu di inti luar sekitar 4.000 hingga 5.000 derajat Kelvin.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space 

0

Roboguru

Inti bumi bagian dalam yang sangat panas bersifat padat. Suhu pada inti luar yang lebih rendah dibandingkan inti dalam bersifat cair. Bagaimana kondisi ini bisa terjadi?

Pembahasan Soal:

Inti bumi merupakan lapisan bumi terdalam yang terletak di tengah-tengah bumi. Lapiran inti bumi terdiri dari dua lapisan, yaitu lapisan inti bagian dalam dan lapisan inti bagain luar. Lapisan inti bagian dalam memiliki material logam yang tersusun atas besi dan nikel. Suhu inti bagian dalam sangat panas, sehingga tekanan sangat besar dan menjadikan inti dalam menjadi benda padat. Berbeda dengan inti bagian luar yang suhunya lebih rendah dari inti bagian dalam. Magma yang ada didalam bumi mencari celah keluar dari dalam bumi, sehingga inti bagian luar bersifat cair karena adanya lava atau magma.space 

2

Roboguru

Lapisan niccolum dan ferrum merupakan unsur utama penyusun lapisan....

Pembahasan Soal:

Penelitian terhadap fisik bumi menunjukkan bahwa batuan-batuan pembentuk bumi mulai dari inti sampai ke kerak bumi memiliki kriteria dan unsur fisik serta kimia yang berbeda-beda. Lapisan yang tersusun atas niccolum dan ferrum adalah lapisan inti bumi atau barisfer.
Barisfer merupakan lapisan bumi paling dalam yang tersusun atas lapisan Nife (Niccolum atau nikel dan ferrum atau besi). Lapisan ini dibagi menjadi 2 yaitu inti luar dan inti dalam.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved