Roboguru

Lapisan bumi yang memiliki berat jenis yang paling besar adalah ....

Pertanyaan

Lapisan bumi yang memiliki berat jenis yang paling besar adalah ....space space   

Pembahasan Soal:

Lapisan bumi yang memiliki berat jenis paling besar adalah inti dalam bumi yang terdapat di lapisan barisfer yaitu dengan berat 15 gram/cm3.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

H. Mahmud

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan struktur bumi (dari permukaan bumi sampai ke dalam bumi)!

Pembahasan Soal:

Fisik bumi menunjukkan bahwa batuanbatuan pembentuk bumi mulai dari kerak bumi sampai inti bumi mempunyai komposisi mineral dan unsur kimia yang berbeda-beda. Pada dasarnya planet bumi mempunyai struktur utama (dari permukaan sampai ke dalam), diantaranya:

  1. Litosfer berasal dari kata lithos berarti batu dan sfhere/sphaira berarti bulatan atau lapisan. Litosfer adalah lapisan bumi paling atas dengan ketebalan lebih kurang 70 km yang tersusun dari batuan penyusun kulit bumi.
  2. Astenosfer, yaitu lapisan yang terletak di bawah litosfer dengan ketebalan sekitar 2.900 km berupa material cair kental dan berpijar dengan suhu sekitar 3.000 derajat celcius, merupakan campuran dari berbagai bahan yang bersifat cair, padat dan gas bersuhu tinggi.
  3. Barisfer, yaitu lapisan inti bumi yang merupakan bagian bumi paling dalam yang tersusun atas lapisan Nife (Niccolum atau nikel dan ferrrum atau besi). Lapisan ini dapat pula dibedakan atas dua bagian yaitu inti luar dan inti dalam.

0

Roboguru

Lapisan bumi yang merupakan bagian lapisan barisfer, sifatnya pejal, padat, dan panas, terletak di tengah bola bumi dan tersusun dari unsur utama besi Fe (90%) dan nikel (8%) adalah....

Pembahasan Soal:

Lapisan paling dalam di pusat bumi adalah inti bumi bagian dalam. Lapisan ini merupakan bagian dari barisfer. Inti dalam terletak di bawah inti bumi bagian luar atau tepat di tengah bumi. Inti bumi tersusun dari unsur utama besi (90%) dan nikel (8%). Suhu inti bumi diperkirakan mencapai 6.000oC. Sifatnya pejal, padat, dan panas.

0

Roboguru

Kulit bumi terdiri dari tiga lapisan, yaitu lapisan kerak bumi, lapisan mantel, dan lapisan inti bumi. Di bawah ini merupakan material pembentuk inti bumi, yaitu….

Pembahasan Soal:

Hampir seluruh inti bumi terbentuk dari material besi dan nikel. Komposisi besi di dalam inti bumi mencapai 90%, sedangkan nikel hanya 8%. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

0

Roboguru

Jelaskan karakteristik lapisan penyusun bumi!

Pembahasan Soal:

Struktur lapisan kulit bumi dibagi menjadi tiga bagian, yaitu kerak bumi (litosfer)selimut (astenosfer), dan inti bumi (barisfer). Lapisan kulit bumi ini biasanya dikenal dengan sebutan litosfer. Litosfer mempunyai ketebalan sekitar 1.200 km dengan tebal yang tidak merata. Kulit bumi pada bagian dataran lebih tebal dibandingkan dengan lapisan kulit bumi di bawah samudra. Berikut susuan lapisan penyusun bumi, yaitu:

  1. Barisfer, merupakan lapisan inti bumi yang tersusun atas bahan padat berupa nikel dan besi.
  2. Astenosfer, merupakan lapisan mantel bumi yang mengandung magnesium dan silikon. Lapisan ini terletak di bawah lapisan litosfer dan terdapat campuran bahan-bahan yang bersifat cair, padat, gas bersuhu tinggi dan berpijar.
  3. Litosfer, merupakan lapisan yang terletak di atas lapisan astenosfer. Lapisan litosfer terdiri dari dua bagian, yaitu: Lapisan sial, yang merupakan lapisan yang tersusun atas logam silisium dan magnesium, senyawanya berbentuk begin mathsize 14px style S i O subscript 2 end style dan begin mathsize 14px style A l subscript 2 O subscript 3 end style. Pada lapisan ini terdapat batuan sedimen, granit, andesit, batuan metamorf, dan batuan lainnya. Lapisan ini juga biasanya dikenal dengan lapisan kerak yang bersifat padat dan kaku dengan ketebalan rata-rata sekitar 35 km. Kemudian, Lapisan sima yang merupakan lapisan litosfer yang tersusun atas logam-logam silisium dan magnesium, senyawanya dalam bentuk undefined dan begin mathsize 14px style M g O subscript 2 end style. Lapisan sima merupakan lapisan yang bersifat elastis. Lapisan ini memiliki berat yang lebih besar dari lapisan sial dikarenakan mengandung  besi dan magnesium (mineral ferromagnesium) serta batuan basalt dengan ketebalan rata-rata sekitar 65 km.undefined 

0

Roboguru

Lapisan terluar Bumi disebut...

Pembahasan Soal:

Litosfer adalah lapisan bumi paling terluar yang memiliki sifat keras, kaku, dan mudah pecah. Kerak bumi/ litotosfer merupakan lapisan dimana mahluk hidup tinggal. Lapisan ini terdiri dari tanah dan batuan dengan ketebalan sekitar 50-100 Km. Kerak bumi terbagi menjadi 2 yaitu kerak benua dan kerak samudra. Litosfer sering dianalogikan seperti cangkang telur. Dibawah listosfer terdapat lapisan astenosfer yang besifat kental, dan panas.
 

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved