Pertanyaan

Pada akhir tahun pelajaran, sekolah menyerahkan penghargaan kepada para siswa yang berprestasi secara akademik maupun non akademik. Bentuk pengendalian sosial tersebut berupa..

Pada akhir tahun pelajaran, sekolah menyerahkan penghargaan kepada para siswa yang berprestasi secara akademik maupun non akademik. Bentuk pengendalian sosial tersebut berupa..

  1. arahan

  2. stimulus

  3. imbalan

  4. hukuman

  5. pendidikan

M. Aulia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Cara pengendalian sosial melalui imbalan cenderung bersifat preventif. Seorang diberi imbalan atas tindakannya agar ia berperilaku sesuai dengan nilai dan norma sosial yang berlaku. Berdasarkan soal menjelaskan bahwa sekolah menyerahkan penghargaan kepada para siswa yang berprestasi secara akademik maupun non akademik hal tersebut dilakukan agar siswa terus berperilaku sesuai dengan niali dan norma maksdnya agar siswa dapat terus berprestasi. Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu: Arahan merupakan pengendalian dengan memberikan arahan yang baik sesuai dengan nilai dan norma atau sering disebut cara pengendalian sosial melalui sosialisasi. Stimulus bukan termasuk cara penegendalian sosial Hukuman, cara pengendalian ini cenderung bersifat represif. Pengendalian ini bertujuan untuk memulihkan keadaan seperti sebelum terjadi pelanggaran. Pendidikan merupakan pengendalian yang bersifat sosialisasi.

Cara pengendalian sosial melalui imbalan cenderung bersifat preventif. Seorang diberi imbalan atas tindakannya agar ia berperilaku sesuai dengan nilai dan norma sosial yang berlaku. Berdasarkan soal menjelaskan bahwa sekolah menyerahkan penghargaan kepada para siswa yang berprestasi secara akademik maupun non akademik hal tersebut dilakukan agar siswa terus berperilaku sesuai dengan niali dan norma maksdnya agar siswa dapat terus berprestasi.

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:

  • Arahan merupakan pengendalian dengan memberikan arahan yang baik sesuai dengan nilai dan norma atau sering disebut cara pengendalian sosial melalui sosialisasi.
  • Stimulus bukan termasuk cara penegendalian sosial
  • Hukuman, cara pengendalian ini cenderung bersifat represif. Pengendalian ini bertujuan untuk memulihkan keadaan seperti sebelum terjadi pelanggaran.
  • Pendidikan merupakan pengendalian yang bersifat sosialisasi.

113

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada akhir tahun pelajaran, sekolah menyerahkan penghargaan kepada para siswa yang berprestasi secara akademik maupun secara non akademik. Bentuk pengendalian sosial tersebut berupa....

110

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia