Roboguru

Menurut pendapatmu, bagaimanakah cara efektif untuk mencegah perilaku menyimpang?

Pertanyaan

Menurut pendapatmu, bagaimanakah cara efektif untuk mencegah perilaku menyimpang?undefined 

Pembahasan Soal:

Demi terciptanya suatu konformitas dalam masyarakat, upaya pencegahan penyimpangan dapat dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut.

  1. Penanaman nilai dan norma yang kuat, penanaman nilai dan norma dapat dilakukan melalui sosialisasi dengan memaksimalkan peran dari media sosialisasi. Tujuan penanaman nilai dan norma pada diri individu yaitu pembentukan konsep diri, pengembangan keterampilan, pengendalian diri, pelatihan komunikasi, dan pembiasaan aturan.
  2. Pelaksanaan peraturan yang konsisten, segala bentuk peraturan yang dikeluarkan haruslah konsisten agar dapat berfungsi dalam masyarakat. Selain itu, diperlukan pula sanksi-sanksi yang tegas untuk menjamin tercapainya tujuan dan dipatuhinya norma yang ada.
  3. Kegiatan penyuluhan, melalui jalur penyuluhan, penataran ataupun diskusi dapat disampaikan kepada masyarakat tentang penyadaran kembali akan pelaksanaan nilai, norma, dan peraturan yang berlaku. Dengan penyuluhan diharapkan setiap anggota masyarakat memahami nilai, norma, dan peraturan yang berlaku.undefined 
     

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Dwi

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dewasa ini di daerah perkotaan banyak bermunculan geng-geng liar yang dibentuk oleh remaja-remaja setempat. Hal ini membuat khawatir orang tua jika anaknya terjerumus dalam lingkungan yang salah. Tind...

Pembahasan Soal:

Pengendalian sosial merupakan proses sosial yang penting bagi kehidupan masyarakat karena pengendalian sosial memiliki beberapa tujuan. Pertama, pengendalian sosial dilakukan untuk mewujudkan keserasian dan ketenteraman dalam mayarakat. Kedua, pengendalian sosial membuat pelaku penyimpangan dapat kembali mematuhi norma-norma yang berlaku di masyarakat. Ketiga, pengendalian sosial membuat masyarakat mau mematuhi norma-norma sosial yang berlaku baik dengan kesadaran sendiri maupun dengan paksaan.

Berdasarkan pernyataan pada soal, tindakan orang tua yang melarang anaknya bergaul dengan geng liar agar terhindar dari penyimpangan bertujuan agar anak tersebut mematuhi norma sosial dengan mengikuti perintah dan larangan orang tuanya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. 

0

Roboguru

Penghargaan kalpataru diberikan kepada individu atau kelompok yang dinilai berjasa terhadap pelestarian lingkungan hidup. Pengendalian sosial tersebut menggunakan metode....

Pembahasan Soal:

Pengendalian sosial adalah proses kolektif yang direncanakan atau tidak direncanakan untuk mengajak, membujuk, membimbing atau memaksa individu supaya mematuhi nilai-nilai dan kaidah-kaidah dalam kehidupan kelompok. Salah satu pengendalian sosial ialah dengan pemberian penghargaan (Reward) dan hukuman (Punishment). Penghargaan diberikan kepada mereka yang melakukan perbuatan baik atau berprestasi, sedangkan hukuman diberikan kepada mereka yang berbuat di luar ketentuan atau melakukan kesalahan.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat ialah C

0

Roboguru

Pada akhir tahun pelajaran, sekolah menyerahkan penghargaan kepada para siswa yang berprestasi secara akademik maupun non akademik. Bentuk pengendalian sosial tersebut berupa..

Pembahasan Soal:

Cara pengendalian sosial melalui imbalan cenderung bersifat preventif. Seorang diberi imbalan atas tindakannya agar ia berperilaku sesuai dengan nilai dan norma sosial yang berlaku. Berdasarkan soal menjelaskan bahwa sekolah menyerahkan penghargaan kepada para siswa yang berprestasi secara akademik maupun non akademik hal tersebut dilakukan agar siswa terus berperilaku sesuai dengan niali dan norma maksdnya agar siswa dapat terus berprestasi.

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:

  • Arahan merupakan pengendalian dengan memberikan arahan yang baik sesuai dengan nilai dan norma atau sering disebut cara pengendalian sosial melalui sosialisasi.
  • Stimulus bukan termasuk cara penegendalian sosial
  • Hukuman, cara pengendalian ini cenderung bersifat represif. Pengendalian ini bertujuan untuk memulihkan keadaan seperti sebelum terjadi pelanggaran.
  • Pendidikan merupakan pengendalian yang bersifat sosialisasi.

0

Roboguru

Pada akhir tahun pelajaran, sekolah menyerahkan penghargaan kepada para siswa yang berprestasi secara akademik maupun non akademik. Bentuk pengendalian sosial tersebut berupa ...

Pembahasan Soal:

Peter L. Berger mendefinisikan pengendalian sosial sebagai upaya masyarakat untuk menertibkan anggotanya yang membangkang dari aturan yang berlaku. Bentuk-bentuk pengendalian sosial di masyarakat bisa bermacam-macam seperti ejekan, teguran, gossip, intimidasi, kekerasan, imbalan, dan lain sebagainya.

Penyerahan penghargaan kepada siswa yang berprestasi juga merupakan bentuk pengendalian sosial berupa imbalan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Pengendalian sosial mempunyai fungsi yaitu memberikan penghargaan kepada yang telah taat mengikuti norma sosial, contohnya adalah... .

Pembahasan Soal:

Memberikan penghargaan kepada yang telah taat mengikuti norma sosial adalah salah satu fungsi dari pengendalian sosial. Penghargaan digunakan sebagai cara untuk terus memotivasi anggota masyarakat agar selalu berbuat sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku. Sebagai contoh kumala mendapatkan penghargaan sebagai siswa teladan karena ia rajin, cerdas dan jujur saat ulangan. Penghargaan itu dimaksudkan agar seluruh siswa tidak berperilaku menyimpang dan taat dengan tata tertib sekolah, sehingga mereka akan berlomba-lomba untuk menjadi siswa yang taat dan mendapatkan penghargaan. Opsi A adalah contoh dari mempertebal keyakinan masyarakat terhadap norma sosial, opsi B adalah contoh dari mengembangkan rasa malu dan takut pada seorang atau kelompok menyimpang, opsi D, E adalah contoh menciptakan sistem hukum. Jadi jawabannya C. undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved