Roboguru

Pada abad 20, Sosiologi berkembang pesat di negara...

Pertanyaan

Pada abad 20, Sosiologi berkembang pesat di negara... space

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan sosial yang pertama kali diperkenalkan oleh Auguste Comte dalam bukunya yang berjudul Course de philosophie positive (1838). Sosiologi berkembang pesat di Eropa Barat pada abad ke-19 karena pengaruh Revolusi Industri dan Revolusi Politik yang mengubah tatanan kehidupan masyarakat.

Memasuki abda ke-20 terjadi perpindahan ilmu pengetahuan ilmiah Sosiologi dari Eropa Barat ke Amerika Serikat yang kemudian berkemabng pesat di Amerika Serikat. Pada saat itu terjadi industrialisasi dan urbanisasi secara besar-besaran di perkotaan Amerika Serikat yang menyebabkan perubahan sosial yang menyebabkan perbedaan yang mencolok antara masyarakat perkotaan dan pedesaan. Kondisi tersebut kemudian mendorong kaum intelektual Amerika untuk mengkaji gejala sosial akibat perubahan sosial yang terjadi di Amerika Serikat sehingga sosiologi kemudian menjadi salah satu bidang studi yang banyak diminati. space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tokoh yang pertama kali melepaskan pengaruh pemikiran filsafat dalam sosiologi adalah ....

Pembahasan Soal:

Pada poin ini yang ditanyakan adalah tokoh yang pertama kali melepaskan filsafat dalam sosiologi. Soal ini berkaitan dengan sejarah lahirnya sosiologi. Pada saat sosiologi masih dianggap sebagai ilmu filsafat, dan disebut dengan nama filsafat sosial, materi yang dibahas tidak dapat dikatakan sebagai ilmu sosiologi. Sebab, pada saat itu materi filsafat sosial masih mengandung unsur etika yang membahas tentang bagaimana seharusnya masyarakat itu. Seiring dengan perkembangannya, pada tahun 1839 seorang tokoh yang bernama Auguste Comte mulai melepaskan sosiologi dari filsafat sosial. Sosiologi membahas tentang kehidupan masyarakat, interaksi dan gejala sosial yang dihasilkannya. Comte dianggap sebagai ‘Bapak Sosiologi’ yang memulai kajian sosial dengan metode ilmiah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah Bspace space space 

0

Roboguru

Orang yang pertama kali mengadakan studi sosiologis adalah ....

Pembahasan Soal:

Pada poin ini yang ditanyakan adalah tokoh yang pertama kali mengadakan studi sosiologi. Soal ini berkaitan dengan sejarah lahirnya sosiologi. Pada tahun 1839 seorang tokoh yang bernama Auguste Comte menciptakan istilah sosiologi. Ilmu pengetahuan sosiologi mempelajari keseluruhan pengetahuan manusia mengenai kehidupan bermasyarakat. Inilah yang disebut dengan tahap pemikiran awal sosiologi. Comte dianggap sebagai ‘Bapak Sosiologi’ yang memulai kajian sosial dengan metode ilmiah. Sehingga, tokoh yang pertama kali mengadakan studi sosiologi adalah Auguste Comte.

Jadi, jawaban yang tepat adalah Dspace space space 

0

Roboguru

Sebutkan dua peristiwa penting yang mendorong lahirnya sosiologi dunia!

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah dua peristiwa penting dalam lahirnya sosiologi dunia.space space  

Peristiwa penting dalam lahirnya sosiologi dunia yaitu revolusi politik (revolusi prancis), perubahan masyarakat yang terjadi selama rebolusi politik sangat luar biasa baik bidang ekonomi, politik dan social budaya. Serta revolusi ekonomi (revolusi industri), pada abad ke-18 struktur masyarakat mengalami perubahan dengan munculnya kelas buruh dan kelas majikan dengan kelas majikan yang menguasai perekonomian semakin melemah kelas buruh sehingga muncul kekuatan-kekuatan buruh yang bersatu membentuk perserikatan.space space  

1

Roboguru

Jelaskan sejarah perkembangan sosiologi !

Pembahasan Soal:

Sejarah Perkembangan Sosiologi :

1). Abad Pencerahan

Abad ke-17 M yang dikenal dengan abad pencerahan ini menjadi rintisan kelahiran Sosiologi. Karena pada abad ini terdapat beragam penemuan di bidang ilmu pengetahuan. Banyaknya penemuan membawa pengaruh terhadap pandangan mengenai perubahan masyarakat. Cara pandang itu berupa metode ilmiah, yaitu perubahan dalam masyarakat harus dapat dijelaskan secara masuk akal (rasional) dengan berpedoman akal budi manusia. Tokoh-tokoh penting yang menekankan metode ilmiah untuk mengamati masyarakat antara lain; Francis Bacon (Inggris), Rene Descartes (Prancis), dan Wilhelm Leibnitz (Jerman).

2). Abad Revolusi

Abad Pencerahan membawa pengaruh revolusioner di sepanjang abad ke -18 M. Revolusi sosial yang berpengaruh ke seluruh dunia antara lain :

  • Revolusi Amerika : Gerakan revolusi yang dipelopori koloni Inggris di Amerika Utara untuk mengubah system monarki menjadi negara republik demokratis. Gagasan ini mengubah susunan dan kedudukan orang maupun kelompok dalam masyarakat.
  • Revolusi Industri : Terdapat kalangan baru pada masyarakat Inggris, yaitu kaum kapitalis dan kaum buruh. Kaum kapitalis memiliki modal untuk membuat usaha, sedangkan kaum buruh bekerja di pabrik. Kaum bangsawan dan rohaniawan yang sebelumnya lebih berkuasa, mulai tersaingi oleh kaum kapitalis yang mengendalikan ekonomi.
  • Revolusi Prancis : gerakan revolusi ini mirip dengan di Amerika yaitu munculnya kesadaran akan hak asasi manusia (HAM) dan persamaan dalam hukum. Akibatnya rakyat menggulingkan kekuasaan bangsawan yang dianggap bersenang-senang di atas penderitaan rakyat lalu membentuk pemerintahan yang demokratis.

3).  Kelahiran Sosiologi

Revolusi - revolusi yang terjadi di beberapa negara Eropa mengakibatkan perubahan dan gejolak dalam masyarakat. Hal ini mendorong para ilmuwan pada abad ke -19 berupaya membangun suatu teori sosial. Ilmuwan yang diakui sebagai Bapak Sosiologi adalah Auguste Comte. Ilmuwan Perancis ini memperkenalkan istilah “sosiologi” sebagai pendekatan khusus untuk mempelajari masyarakat.space space space

0

Roboguru

Setiap periode perkembangan teori sosiologi dipengaruhi oleh fenomena sosial yang terjadi pada masanya. Adapun fenomena sosial yang menyebabkan berkembngnya sosiologi modern adalah...

Pembahasan Soal:

Soal menanyakan perkembangan sosiologi modern. Sosiologi modern tumbuh pesat di Amerika Serikat dan Kanda. Gelombang besar imigran berdatangan ke Amerika Utara pada awal abad ke-20. Hal tersebut mengakibatkan pesatnya pertumbuhan penduduk, munculnya kota-kota industri baru, bertambahnya kriminalitas dan lain lain. Konsekuensi gejolak sosial itu, perubahan besar masyarakat pun tak terelakkan. Perubahan masyarakat itu menggugah para ilmuwan sosial untuk berpikir keras, untuk sampai pada kesadaran bahwa pendekatan sosiologi lama ala Eropa tidak relevan lagi. Mereka berupaya menemukan pendekatan baru yang sesuai dengan kondisi masyarakat pada saat itu. Hal tersebut memunculkan lahirnya sosiologi modern.  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved