Roboguru

Jelaskan perbedaan konsep pemikiran sosiologi klasik dan sosiologi modern!

Pertanyaan

Jelaskan perbedaan konsep pemikiran sosiologi klasik dan sosiologi modern!space space

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Munculnya teori sosiologi tidak terlepas dari berbagai peristiwa besar yang melatar belakanginya. Berbagai peristiwa besar tersebut memicu para ahli untuk menemukan kaidah baru. Teori sosiologi klasik muncul pertama kali sebagai konsep keterlibatan ilmu sosial dalam memecahkan masalah, yakni berisi mengenai  analisa dan pemikiran tokoh-tokoh sosiologi di awal perkembangan ilmu sosiologi. Sedangkan kelompok teori sosiologi modern mengacu pada aliran-aliran pemikiran dalam sosiologi yang muncul setelah periode awal perkembangan. space space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan secara singkat perkembangan sosiologi di Indonesia!

Pembahasan Soal:

1

Roboguru

Jelaskan sebab-sebab munculnya ilmu sosiologi!

Pembahasan Soal:

Poin soal membahas tentang latar belakang muncul ilmu sosiologi.

Soal menanyakan sebab apa saja yang mendorong munculnya ilmu sosiologi. Kelahiran sosiologi berkaitan dengan terjadinya perubahan sosial masyarakat di Eropa Barat. Beberapa sebab yang menjadi latar belakang kelahiran ilmu sosiologi yaitu :

  1. Revolusi Industri yang mengubah pola-pola tradisional menjadi pola industri atau modern. Hubungan patron-client antar majikan pemilik tanah dengan penggarap berubah menjadi hubungan kontraktual antara pemiliki pabrik dan buruh.
  2. Revolusi Prancis dengan semboyan kesamaan (egalite), persaudaraan (fraternite), dan kebebasan (liberte) mengubah struktur komunikasi dan hubungan antar kelompok di masyarakat. Stratifikasi masyarakat berubah yang semula raja dan abdi kerajaan berada di lapisan atas dan tidak tersentuh oleh lapisan bawah, namun dengan adanya revolusi, masyarakat bisa naik berada di lapisan atas atau turun kelapisan bawah. 

0

Roboguru

Jelaskan ciri yang menandai perkembangan sosiologi modern!

Pembahasan Soal:

Selama pertengahan tahun 1900-an, perkembangan sosiologi memasuki tahap modern. Ciri utama sosiologi modern adalah terjadinya spesialisasi terus menerus pada bidang ilmu sosiologi. Para sosiolog berpindah dari mempelajari kondisi-kondisi sosial secara menyeluruh menuju pengkajian kelompok-kelompok khusus atau tipe-tipe komunitas dalam suatu masyarakat, misalnya para pengelola bisnis, para pembuat rumah, geng-geng di jalanan, perubahan gaya hidup, kondisi sosial, perkembangan budaya, pergerakan pemuda, pergerakan kaum wanita, tingkah laku sosial, dan kelompok-kelompok sosial.space space  

0

Roboguru

Jelaskan Perkembangan Sejarah Sosiologi mulai dari Abad Pertengahan, Revolusi Prancis, sampai Revolusi Industri ...

Pembahasan Soal:

Sejarah sosiologi sebagai sebuah keilmuan adalah sejarah yang panjang, berawal dari awal masehi, sampai hari ini di revolusi industri. Sejarah tersebut bisa disingkat sebagai berikut;

  1. Awal tentang kajian sosiologi terletak dalam filsafat sosial, dikembangkan oleh Plato (429 Masehi-347 Masehi) dan Aristoteles (384 Masehi-322 Masehi) yang menjelaskan mengenai negara, etika sosial, sampai tentang unsur-unsur sosiologi.
  2. Pada 1800-an Thomas Hobbes, Jhon Locke, dan Kean Jaques mengemukakan dan memberi sumbangsih tentang kontak sosial. Cikal bakal sosiologi sebagai hubungan antar manusia.
  3. Pada 1839, Auguste Comte yang hari ini disebut sebagai Bapak Sosiologi, mengemukakan istilah Sosiologi, sebagai sebuah ilmu pengengetahuan.

Dengan melihat penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa Awal perkembangan Sosiologi adalah pada awal masehi, dan setelahnya pada 19800-an, dan terakhir sampai pada tahun 1983 bagaimana Sosiologi sebagai keilmuan tercipta.space 

0

Roboguru

Istilah sosiologi pertama kali diciptakan oleh ….

Pembahasan Soal:

Soal tersebut merujuk pada matero sejarah perkembangan sosiologi : pencetus istilah sosiologi. 

Auguste Comte (1798-1857)merupakan ilmuwan yang menciptakan istilah sosiologi, pada tahun 1839 terhadap keseluruhan pengetahuan manusia mengenai kehidupan bermasyarakat, maka lahirlah sosiologi sebagai suatu ilmu pengetahuan. Inilah yang disebut dengan tahap pemikiran awal sosiologi. Comte berpendapat bahwa tingkah laku sosial dan kejadian-kejadian di masyarakat dapat diamati dan diukur secara ilmiah. Comte dianggap sebagai ‘Bapak Sosiologi’ yang memulai kajian sosial dengan metode ilmiah.

Jadi, jawabannya adalah D Auguste Comtespace 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved