RoboguruRoboguru
SD

Pada 1529 Spanyol dan Portugis sepakat untuk menandatangani Perjanjian Saragosa. Jelaskan latar belakang ditandatanganinya perjanjian tersebut!

Pertanyaan

Pada 1529 Spanyol dan Portugis sepakat untuk menandatangani Perjanjian Saragosa. Jelaskan latar belakang ditandatanganinya perjanjian tersebut!

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

latar belakang ditandatanganinya perjanjian tersebut adalah karena terjadinya perang dan perselisihan yang berkepanjangan di Maluku antara pihak Portugis dan Spanyol, perseteruan ini akibat Spanyol datang ke Maluku yang merupakan milik Portugis berdasarkan Perjanjian Tordesillas.

Pembahasan

Pada abad 15 hingga 16, negara-negara Eropa melakukan penjelajahan di penjuru dunia untuk mencari kehidupan baru. Banyak dari mereka melakukan penjelajahan untuk mencari hasil bumi salah satunya adalah rempah-rempah. Penemuan benua Amerika oleh Colombus mendorong disepakatinya Perjanjian Tordesillas, yakni perjanjian yang membagi bumi menjadi dua bagian yang ditarik lurus dari kutub utara ke kutub selatan di Kepulauan Tanjung Harapan. Spanyol berkuasa pada sisi barat dan Portugis mendapatkan sisi timur. Oleh karena itu Portugis kala itu berlayar menuju timur dan menemukan India hingga ke Indonesia dan berakhir di Malaka pada tahun 1511. Portugis juga kemudian melakukan perjalanan ke Maluku yang merupakan pusat dari rempah-rempah. Spanyol akhirnya juga tiba di Maluku yang merupakan milik Portugis. Kehadiran Spanyol membuat perseteruan terjadi di Maluku. Portugis memanfaatkan Kesultanan Ternate untuk menyerahkan monopoli perdagangan kepada mereka. Sedangkan Spanyol berpihak kepada Kesultanan Tidore. Pada akhirnya pecah perang berkepanjangan di Maluku. Perseteruan antara Spanyol dan Portugis di Kepulauan Maluku berlangsung cukup lama. Hingga akhirnya, kedua belah pihak menyepakati untuk berunding pada 22 April 1529, yakni Perjanjian Saragoza.

Dengan demikian, latar belakang ditandatanganinya perjanjian tersebut adalah karena terjadinya perang dan perselisihan yang berkepanjangan di Maluku antara pihak Portugis dan Spanyol, perseteruan ini akibat Spanyol datang ke Maluku yang merupakan milik Portugis berdasarkan Perjanjian Tordesillas.

553

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Pada masa Hindia Belanda terjadi perjanjian Saragosa  yaitu perjanjian antara ...

70

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia