Iklan

Iklan

Pertanyaan

Ottoman menutup akses Barat terhadap Kota Konstatinopel pasca-penguasaan kota tersebut pada 1453 SEBAB Orang-orang Barat kemudian berhasil mencari jalur alternatif yang lebih mudah ke Asia daripada melewati Konstatinopel, yaitu melalui jalur laut

Ottoman menutup akses Barat terhadap Kota Konstatinopel pasca-penguasaan kota tersebut pada 1453

SEBAB

Orang-orang Barat kemudian berhasil mencari jalur alternatif yang lebih mudah ke Asia daripada melewati Konstatinopel, yaitu melalui jalur laut

  1. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat.

  2. Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat.

  3. Jika pernyataan pertama benar, sedangkan pernyataan kedua salah.

  4. Jika pernyataan pertama salah, sedangkan pernyataan kedua benar.

  5. Jika kedua pernyataan tersebut salah

Iklan

A. NIZAR

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pernyataan ini benar , Ottoman menutup akses Barat terhadap Kota Konstantinopel pasca-penguasaan kota tersebut pada 1453. Sejak ditutup Kota Konstantinopel untuk Eropa Barat pada 1453, aktivitas perdagangan di Istanbul sepi sehingga menyebabkan perekonomian Ottoman pun menjadi mandek. Alasan pada soal ini juga benar, orang-orang Barat kemudian berhasil mencari jalur alternatif yang lebih mudah ke Asia daripada melewati Konstantinopel, yaitu melalui jalur laut. Setelah jatuhnya Konstantinopel tahun 1453 ke tangan Turki Usmani, akses bangsa-bangsa Eropa untuk mendapatkan rempah-rempah yang lebih murah di kawasan Laut Tengah menjadi tertutup. Harga rempah-rempah melambung sangat tinggi di pasar Eropa. Oleh karena itu, bangsa Eropa berusaha mencari dan menemukan daerah-daerah penghasil rempah-rempah ke timur. Mulailah periode petualangan, penjelajahan, dan penemuan dunia baru. Upaya tersebut mendapat dukungan dan partisipasi dari pemerintah dan para ilmuwan. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa pernyataan benar dan alasan benar namun kedua tidak menunjukan hubungan sebab akibat.

Pernyataan ini benar, Ottoman menutup akses Barat terhadap Kota Konstantinopel pasca-penguasaan kota tersebut pada 1453.

Sejak ditutup Kota Konstantinopel untuk Eropa Barat pada 1453, aktivitas perdagangan di Istanbul sepi sehingga menyebabkan perekonomian Ottoman pun menjadi mandek.

Alasan pada soal ini juga benar, orang-orang Barat kemudian berhasil mencari jalur alternatif yang lebih mudah ke Asia daripada melewati Konstantinopel, yaitu melalui jalur laut.

Setelah jatuhnya Konstantinopel tahun 1453 ke tangan Turki Usmani, akses bangsa-bangsa Eropa untuk mendapatkan rempah-rempah yang lebih murah di kawasan Laut Tengah menjadi tertutup. Harga rempah-rempah melambung sangat tinggi di pasar Eropa. Oleh karena itu, bangsa Eropa berusaha mencari dan menemukan daerah-daerah penghasil rempah-rempah ke timur. Mulailah periode petualangan, penjelajahan, dan penemuan dunia baru. Upaya tersebut mendapat dukungan dan partisipasi dari pemerintah dan para ilmuwan.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa pernyataan benar dan alasan benar namun kedua tidak menunjukan hubungan sebab akibat.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

9

Daffa Al Junayd

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kegagalan menaklukkan Kota Wina, Austria pada 1689 merupakan peristiwa penting yang menandai kemunduran Ottoman. Penguasaan Kota Wina bertujuan ....

4

4.1

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia