Roboguru

Orang Belanda pertama yang melakukan pelayaran ke Indonesia dan mendarat di Banten adalah ...

Pertanyaan

Orang Belanda pertama yang melakukan pelayaran ke Indonesia dan mendarat di Banten adalah ...

  1. Cornelis de Houtman

  2. Johan van Oldenbarnevelt

  3. H.W. Daendels

  4. van den Bosch

  5. Baron van Hoevel

Pembahasan Soal:

Perang antara Belanda melawan Spanyol selama 80 tahun (1568-1648) telah mendorong Belanda untuk mencari daerah jajahan ke Nusantara. Tujuan Belanda datang ke Indonesia sama dengan bangsa-bangsa Eropa lainnya, yaitu mencari kekayaan, monopoli perdagangan, dan mencari daerah jajahan. Belanda datang pertama kali ke Indonesia pada tahun 1596 di bawah pimpinan Cornelis de Houtman dan berhasil mendarat di Pelabuhan Banten. Namun, kedatangan Belanda diusir penduduk pesisir Banten karena mereka bersikap kasar dan sombong. Belanda datang lagi ke Indonesia dipimpin Jacob van Heck pada tahun 1598.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bangsa Belanda yang mendarat di Banten pada tahun 1596 dipimpin oleh...

Pembahasan Soal:

Perang antara Belanda melawan Spanyol selama 80 tahun (1568-1648) telah mendorong Belanda untuk mencari daerah jajahan ke nusantara. Tujuan Belanda datang ke Indonesia, sama dengan bangsa-bangsa Eropa lainnya, yaitu mencari kekayaan, monopoli perdagangan, dan mencari daerah jajahan. Belanda datang pertama kali ke Indonesia pada tahun 1596, di bawah pimpinan Cornelis de Houtman, dan berhasil mendarat di Pelabuhan Banten dengan tujuan untuk berdagang. Namun kedatangan Belanda diusir penduduk pesisir Banten karena mereka bersikap kasar dan sombong.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah D.

1

Roboguru

Belanda berlabuh di?

Pembahasan Soal:

Pada April 1595 Belanda memulai pelayarannya menuju Nusantara dengan empat buah kapal di bawah pimpinan Cornelis de Houtman dan De Keyzer. Pelayaran menuju timur menempuh rute Belanda–Pantai Barat Afrika–Tanjung Harapan–Samudra Hindia–Selat Sunda–Banten. Pelayaran bangsa Belanda ke Indonesia selalu menjauhi jalur pelayaran Portugis. Pada bulan Juni 1596 Belanda berhasil mendarat di Banten.

Dengan demikian Belanda pertama kali ke Nusantara (Indonesia) berlabuh di Banten.

0

Roboguru

Belanda merupakan negara terlama yang pernah menjajah Nusantara selama 350 tahun. Beianda pula negara yang paling banyak menguras kekayaan Nusantara, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia P...

Pembahasan Soal:

Tepat pada tanggal 23 bulan Juni tahun 1596, kapal Belanda berhasil tiba di pelabuhan Banten. Adapun pemimpin ekspedisi tersebut adalah Cornelis de Houtman yang mengepalai bagian perdagangan dan Pieter de Keyser yang mengepalai segala urusan yang berkaitan dengan navigasi. Kedatangan Cornelis de Houtman dan anak buahnya mendapat sambutan yang ramah khas rakyat nusantara. Bahkan mereka naik ke atas kapal dan menawarkan hasil bumi. Sayangnya hal tersebut disambut dengan sikap kasar awak kapal Belanda.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Belanda pertama kali datang ke Nusantara berlabuh di Teluk Banten pada bulan Juni 1596 di bawah pimpinan ...

Pembahasan Soal:

Perdagangan dan konsumsi rempah di sekitar abad ke-14 hingga 16 masehi terutama di Eropa adalah hal yang secara konsumsi memang digemari di samping secara perekonomian  terhitung sangat menjanjikan. Akan tetapi, seiring dengan jatuhnya Konstantinopel sebagai pusat perdagangan rempah Eropa kala itu jatuh ke tangan Turki Utsmani, aktivitas perdagangan rempah Eropa dialihkan dengan Kota Lisbon di Portugis sebagai pusat perdagangan rempah lainnya, termasuk Belanda yang turut dalam aktivitas perdagangan di sana.

Akan tetapi, semenjak Belanda dan Spanyol terlibat dalam Perang Delapan Puluh Tahun, terlebih di tahun 1580 Portugis jatuh ke tangan Spanyol, maka aktivitas perdagangan rempah Belanda di Lisbon dipaksa berhenti dan menutup kemakmuran Belanda dari aktivitas perdagangan rempah di sana. Akibatnya, orang-orang Belanda kemudian berusaha sendiri untuk mencari wilayah penghasil rempah dengan melakukan pelayaran samudera, wilayah yang dimaksud kelak adalah Nusantara.

Pada tahun 1595 ketika telah ada catatan dari bahasa Belanda Itinerario karya van Linschoten, seorang yang memuat deskripsi dan penemuan-penemuan Portugis tentang rute pulau rempah, di tahun yang sama di bawah pimpinan Cornelis de Houtman dan Pieter Dirkszoon Keyser beserta 4 kapal 249 awak kapal dan 64 pucuk meriam, dimulai lah perjalanan ke Nusantara melalui rute Belanda-Pantai Barat Afrika-Tanjung Harapan-Samudera Hindia-Selat Sunda hingga sampai ke Banten pada 27 Juni 1596. 

Dengan demikian, kedatangan Belanda ke Banten pada 1596 berada di bawah pimpinan Cornelis de Houtman dan Pieter Dirkszoon Keyser.

0

Roboguru

Pada 1596 rombongan ekspedisi Cornelis de Houtman tiba di Banten. Akan tetapi, rombongan ini mendapat penolakan dari masyarakat setempat karena ....

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1595 Belanda mulai melakukan ekspedisi penjelajahan ke Samudera Timur, pemimpin dari rombongan ini bernama Cornelis de Houtman. Pada tahun 1596 rombongan penjelajah Belanda yang dipimpin oleh Cornelis de Houtman sampai di Banten, tetapi masyarakat Banten tidak menerima kedatangan rombongan ini disebabkan sikap arogan dari Cornelis de Houtman dan tidak menghormati penduduk setempat. Hal tersebut juga diakibatkan dari Portugis yang mempengaruhi penduduk setempat untuk mengusir rombongan Cornelis de Houtman. 

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah C. undefined

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved