Iklan

Iklan

Pertanyaan

Novel karya Armijn Pane dengan tebal 150 halaman ini mengungkapkan sejarah yang menggambarkan kehidupan segelintir manusia di zaman penjajahan. Cerita ini pernah di tolak oleh Balai Pustaka, ramai dipuji dan dicela, tetapi akhirnya menjadi salah satu novel klasik Indonesia yang … oleh orang terpelajar Indonesia. Ceritanya …, sederhana dan komunikatif untuk ukuran masa itu. Dengan bahasa yang terpelihara, Armijn berkisah tentang tooh0-tokoh yang terperangkap dalam masalah kejiwaan dan rumah tangga yang … Frasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....

            Novel karya Armijn Pane dengan tebal 150 halaman ini mengungkapkan sejarah yang menggambarkan kehidupan segelintir manusia di zaman penjajahan. Cerita ini pernah di tolak oleh Balai Pustaka, ramai dipuji dan dicela, tetapi akhirnya menjadi salah satu novel klasik Indonesia yang … oleh orang terpelajar Indonesia. Ceritanya …, sederhana dan komunikatif untuk ukuran masa itu. Dengan bahasa yang terpelihara, Armijn berkisah tentang tooh0-tokoh yang terperangkap dalam masalah kejiwaan dan rumah tangga yang …

Frasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....

  1. boleh dibaca, cukup menarik, serba mewah

  2. cukup rumit, agak menarik, tidak mewah

  3. sering dibaca, tidak rumit, sangat menarik

  4. harus dibaca, sangat menarik, cukup rumit

     

  5. tidak rumit, sering dibaca, cukup dibaca

Iklan

A. Rizky

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pada bagian rumpang yang pertama, frasa yang tepat adalah sering dibaca karena terdapat pernyataan yang bertentangan, yakni ditolak oleh Balai Pustaka, tetapi sering dibaca oleh orang terpelajar Indonesia. Pada bagian rumpang yang kedua, frasa yang tepat adalah tidak rumit karena menambahkan pernyataan sederhana yang dimunculkan sebagai sifat novel tersebut dalam kalimat yang sama. Pada bagian rumpang yang ketiga, frasa yang tepat adalah sangat menarik karena pada kalimat tersebut penulis menuliskan cerita yang terdapat dalam novel tersebut, yakni tentang tokoh-tokoh yang terperangkap dalam masalah kejiwaan dan rumah tangga yang sangat menarik.

Pada bagian rumpang yang pertama, frasa yang tepat adalah sering dibaca karena terdapat pernyataan yang bertentangan, yakni ditolak oleh Balai Pustaka, tetapi sering dibaca oleh orang terpelajar Indonesia.
Pada bagian rumpang yang kedua, frasa yang tepat adalah tidak rumit karena menambahkan pernyataan sederhana yang dimunculkan sebagai sifat novel tersebut dalam kalimat yang sama.
Pada bagian rumpang yang ketiga, frasa yang tepat adalah sangat menarik karena pada kalimat tersebut penulis menuliskan cerita yang terdapat dalam novel tersebut, yakni tentang tokoh-tokoh yang terperangkap dalam masalah kejiwaan dan rumah tangga yang sangat menarik.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

64

Rizky Ardi

Pembahasan terpotong Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tujuan adanya pendahuluan atau pembuka saat menulis resensi adalah ….

3

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia