Iklan

Iklan

Pertanyaan

Novel Atheis karya Akhdiat K. Mihardja mengisahkan tokoh Hasan yang pada awalnya mengenal dunia yang statis, penuh kedamaian, dan jauh dari huru-hara keramaian dunia. Ia terkenal sebagai anak yang saleh, alim, dan taat beribadah sesuai dengan tuntutan agamanya. Sejak kecil Hasan taat mengaji, berpuasa, dan mengikuti aliran sufi. Akan tetapi, setelah Hasan berkenalan dengan Anwar, Rusli, dan Kartini, ia kemudian terseret ke arus dunia modern yang dinamis dan penuh aroma petualangan. Kalimat resensi yang sesuai dengan penjelasan karya sastra tersebut adalah ...

Novel Atheis karya Akhdiat K. Mihardja mengisahkan tokoh Hasan yang pada awalnya mengenal dunia yang statis, penuh kedamaian, dan jauh dari huru-hara keramaian dunia. Ia terkenal sebagai anak yang saleh, alim, dan taat beribadah sesuai dengan tuntutan agamanya. Sejak kecil Hasan taat mengaji, berpuasa, dan mengikuti aliran sufi. Akan tetapi, setelah Hasan berkenalan dengan Anwar, Rusli, dan Kartini, ia kemudian terseret ke arus dunia modern yang dinamis dan penuh aroma petualangan.

Kalimat resensi yang sesuai dengan penjelasan karya sastra tersebut adalah ...

  1. Novel Atheis karya Akhdiat K. Mihardja sangat bermanfaat untuk dibaca karena berlatar kehidupan yang penuh kedamaian

  2. Akhdiat K. Mihardja berhasil menyajikan benturan dua dunia, yaitu dunia lama dan dunia modern, sehingga novel tersebut menarik untuk dibaca

  3. Novel Atheis hanya menyajikan tokoh hasan yang saleh, alim, dan taat dalam menjalankan ibadahnya.

  4. Akhdiat K. Mihardja mengangkat cerita yang berlatar budaya Jawa Barat sesuai dengan tanah kelahirannya

  5. Pemerintah telah memberi penghargaan terhadap novel Atheis sebagai hadiah tahunan dari Pemerintah RI

Iklan

A. Acfreelancerrr

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Resensi adalah suatu tulisan atau ulasan yang berisi penilaian baik-buruknya sebuah hasil karya sastra. Tujuan membuat resensi sebuah karya sastra adalah untuk menilai baik buruknya suatu karya di masyarakat. Dalam meresensi sebuah karya, biasanya penulis mengutarakan kelebihan dan kekurangan sebuah karya sastra. Kalimat resensi yang tepat untuk kutipan Novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja tersebut adalah (B) Akhdiat berhasil menyajikan benturan dua dunia , yaitu dunia lama dan dunia modern, sehingga novel tersebut menarik untuk dibaca. Kalimat ini baik dikatakan sebagai sebuah resensi karena di dalamnya berisi kelebihan novel tersebut, dengan adanya kata-kata seperti menyajikan , menarik, dan benturan.

Resensi adalah suatu tulisan atau ulasan yang berisi penilaian baik-buruknya sebuah hasil karya sastra. Tujuan membuat resensi sebuah karya sastra adalah untuk menilai baik buruknya suatu karya di masyarakat. Dalam meresensi sebuah karya, biasanya penulis mengutarakan kelebihan dan kekurangan sebuah karya sastra.

Kalimat resensi yang tepat untuk kutipan Novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja tersebut adalah (B) Akhdiat berhasil menyajikan benturan dua dunia , yaitu dunia lama dan dunia modern, sehingga novel tersebut menarik untuk dibaca. Kalimat ini baik dikatakan sebagai sebuah resensi karena di dalamnya berisi kelebihan novel tersebut, dengan adanya kata-kata seperti menyajikan, menarik, dan benturan.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

64

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Paragraf yang sesuai dengan data tersebut adalah ...

12

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia