Nilai yang terdapat dalam petikan cerpen tersebut adalah ....

Pertanyaan

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 9 dan 10.


   Bagiku, sungguh enak tinggal dalam kamar. Kawan-kawan datang mengajakku bermain. Tetapi, aku menolak. Permainan hanya bagi kanak-kanak. Apakah yang lebih menyenangkan daripada bunga dalam vas?
    Sahabatku yang terdekat ialah kakek. Kami banyak bertukar pikiran. Sungguh ia orang tua yang pandai. Pasti aku mengunjunginya setiap hari. Bagiku, tidak ada kewajiban lain yang mengikat kecuali ke sekolah dan mengaji. Selebihnya, untuk kami berdua, aku dan sahabat tuaku. Ayah ibu akan memarahi aku apabila aku melupakan sekolah atau mengaji. Ayahku akan memanggil aku. Disuruhnya aku menyaksikan wajahnya. Sebuah neraka terlintas dalam kepalaku bila ayah marah. Pada kakek lain sekali. Orang tua itu hanya dapat tersenyum. Ia jauh lebih baik hati daripada ayah. Ia katanya selalu memandang dunia dengan senyum di bibir dan ketenangan jiwa.space 

Cerpen "Dilarang Mencintai Bunga-Bunga" karya Kuntowijoyo

Nilai yang terdapat dalam petikan cerpen tersebut adalah .... space 

  1. religispace 

  2. moralspace 

  3. sosialspace 

  4.  budayaspace 

  5. pendidikanspace 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.space 

Pembahasan

Cerpen merupakan bentuk karya sastra berupa prosa yang menyajikan permasalahan tokoh dan lingkungannya. Cerpen memiliki alur cerita yang singkat. Salah satu unsur yang dapat membangun cerpen adalah unsur ekstrinsik. Di dalam unsur ekstrinsik cerpen terdapat nilai-nilai kehidupan. 

Nilai-nilai kehidupan yaitu perbuatan baik yang harus kita tiru dan perbuatan buruk yang harus kita jauhi. Nilai-nilai kehidupan dalam cerpen, yaitu sebagai berikut:

  1. Nilai moral, yaitu nilai-nilai yang terkandung di dalam cerita dan berkaitan dengan akhlak atau etika yang berlaku di dalam masyarakat. Di dalam suatu cerpen, nilai moral bisa menjadi suatu nilai yang baik ataupun nilai yang buruk.
  2. Nilai budaya/adat, yaitu nilai-nilai yang berkenaan dengan nilai-nilai kebiasaan, tradisi, dan adat istiadat yang berlaku.
  3. Nilai agama/religi, yaitu hal-hal yang bisa dijadikan pelajaran yang terkandung di dalam cerpen, berkaitan dengan ajaran agama. 
  4. Nilai sosial, yaitu nilai yang bisa dipetik dari interaksi-interaksi tokoh-tokoh yang ada di dalam cerpen dengan tokoh lain, lingkungan, dan masyarakat sekitar tokoh.

Berdasarkan penjelasan teori di atas, nilai yang terkandung dalam kutipan cerpen di atas adalah nilai sosial. Nilai sosial ini menonjolkan karena mengisahkan interaksi tokoh dengan tokoh lain. Interaksi sosial ini ditunjukkan dalam kalimat Sahabatku yang terdekat ialah kakek. Kami banyak bertukar pikiran. Sungguh ia orang tua yang pandai. Pasti aku mengunjunginya setiap hari. Dalam kutipan kalimat ini ditunjukkan interaksi antara tokoh utama dengan tokoh kakek

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

982

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Ratib berpaling dan berjalan menuju pintu. Setelah pintu dibuka, Ratio berhadapan dengan seorang kakek yang sangat lusuh dan lemah. Ayah Jebris. Wajahnya sangat pasi, kedua kakinya bengkak dan bibirny...

398

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia