Nilai yang menonjol dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....

Pertanyaan

Cermatilah kutipan cerpen berikut!


    Rumah toko bercat merah di kedai panjang itu dikenal penduduk kota kecil kami sebagai salah satunya penjual kopiah. Lepas salat subuh, toko itu tiba-tiba telah berubah menjadi rumah duka. Haji Johansyah Kuala meninggal mendadak. Mula-mula dia mengerang setelah mengucapkan Assalaamu'alaikum ke kanan dan ke kiri. Dia tergagap. Tergapai-gapai mencoba berbicara, tetapi yang terdengar hanya suara serak menggelegak yang meruyak dari pita suaranya yang terjepit. lstrinya seperti melompat merapat ke sisinya. Namun, sang suami malah mengibas-ngibaskan tangannya, menyuruh pendamping hidupnya yang abadi itu supaya menjauh, Dia mengeluh kepanasan. Tiba-tiba kepalanya terkulai, dia tumbang mencium sajadah sambil merangkul dadanya kuat-kuat. Kopiahnya terlempar beberapa jengkal. Istrinya memegang, menimbang, dan memekik sambil memeluk kepalanya. Pekik itu menjadi sangkakala kedua yang membangunkan kota kami setelah seru azan tadi.

Selawat untuk Pendakwah Kami, Martin Aleidaspace 

Nilai yang menonjol dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....space 

  1. nilai moralspace 

  2. nilai sosialspace 

  3. nilai budayaspace 

  4. nilai religiusspace 

  5. nilai edukatifspace 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.space 

Pembahasan

Cerpen adalah karya prosa fiksi dengan cerita yang padat. Cerpen dapat dibaca dengan sekali duduk. Cerpen memiliki unsur ekstrinsik, salah satunya adalah nilai-nilai kehidupan. Beberapa nilai tersebut meliputi nilai budaya, moral, agama dan nilai praktis lainnya. Nilai moral adalah nilai yang berhubungan dengan akhlak atau etika; nilai budaya adalah nilai yang berhubungan dengan kebiasaan, tradisi, dan adat istiadat dalam masyarakat; nilai religius adalah nilai dalam cerpen yang berhubungan dengan kepercayaan atau ajaran agama tertentu; nilai sosial adalah nilai yang berhubungan dengan interaksi-interaksi tokoh dengan antar tokoh atau interaksi tokoh dengan lingkungannya.

Nilai yang menonjol dalam kutipan cerpen tersebut adalah nilai religius. Secara implisit kutipan cerpen tersebut mengandung nilai religius yaitu mengucap salam sembari menoleh ke kanan dan kiri yang merupakan salah satu gerakan setelah selesai salat. Hal itu dibuktikan pada kutipan "Mula-mula dia mengerang setelah mengucapkan Assalaamu'alaikum ke kanan dan ke kiri." Nilai religius lainnya tergambar dari penggunaan kopiah. Kopiah merupakan benda yang biasa dipakai orang Islam waktu salat. Hal itu digambarkan pada kutipan "Tiba-tiba kepalanya terkulai, dia tumbang mencium sajadah sambil merangkul dadanya kuat-kuat. Kopiahnya terlempar beberapa jengkal."

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space 

954

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Ratib berpaling dan berjalan menuju pintu. Setelah pintu dibuka, Ratio berhadapan dengan seorang kakek yang sangat lusuh dan lemah. Ayah Jebris. Wajahnya sangat pasi, kedua kakinya bengkak dan bibirny...

398

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia