Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah penggalan fabel berikut ini!


     Kini sang kuda menunggu lebih lama dari biasanya namun hal itu tidak membuatnya bosan. Tiba-tiba seekor kucing hutan berlari sambil membawa seekor tikus di mulutnya. Kucing itu tidak melewati semak-semak. Kucing itu hanya duduk menyantap tikus yang ia tangkap di dekat pohon besar. Melihat hal itu sang kuda berinisiatif untuk mengagetkannya dari arah belakang. Kuda itu keluar dari semak-semak dan berjalan dengan hati-hati agar lebih dekat dengan sang kucing. Ketika sudah sangat dekat dengan sang kucing, kuda itu mengaum seperti halnya seekor harimau. Namun, kuda itu tidak sadar bahwa suara aumannya bukanlah suara harimau melainkan suara seekor kuda. Mendengar hal itu sang kucing menoleh ke belakang dan dia melihat kuda itu dengan kulit harimau namun bersuara kuda.space 

Nilai moral yang terkandung dalam kutipan fabel tersebut adalah ….

Nilai moral yang terkandung dalam kutipan fabel tersebut adalah ….space 

  1. Mengaum seperti harimau akan terlihat hebatspace 

  2. Penting memilih waktu yang tepat untuk mengagetkanspace 

  3. Sepandai-pandainya akal untuk membohongi akhirnya akan ketahuan jugaspace 

  4. Jangan berani mengelabui jika tidak bisa terlihat samaspace 

Iklan

W. Wahyuni

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan C.

jawaban yang benar adalah pilihan C.space 

Iklan

Pembahasan

Teks fabel adalah teks berisi cerita atau dongeng yang menjadikan binatang sebagai tokoh utama dengan peran dan karakter seperti manusia. Teks fabel bersifat mendidik karena mengandung berbagai amanat atau nilai-nilai kehidupan yang dapat dicontoh oleh pembaca. Teks fabel dibangun atas beberapa unsur intrinsik yaitu (1) tema: ide cerita; (2) tokoh: pelaku dalam cerita; (3) alur: jalan cerita; (4) sudut pandang: cara pengarang menyampaikan cerita; dan (5) amanat: pesan moral yang disampaikan penulis kepada pembaca. Berdasarkan penjelasan ini, nilai moral termasuk dalam unsur amanat yang tentu selalu ada di setiap teks fabel sepertipada penggalan fabel tersebut. Nilai moral yang hendak disampaikan ialah sepandai-pandainya akal untuk membohongi akhirnya akan ketahuan juga. Hal ini sesuai dengan kutipan berikut: "Namun, kuda itu tidak sadar bahwa suara aumannya bukanlah suara harimau melaikan suara seekor kuda." Kutipan tersebut menyiratkan bahwa betapa kuda ingin membohongi si kucing, ia tetap ketahuan. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan C.

Teks fabel adalah teks berisi cerita atau dongeng yang menjadikan binatang sebagai tokoh utama dengan peran dan karakter seperti manusia. Teks fabel bersifat mendidik karena mengandung berbagai amanat atau nilai-nilai kehidupan yang dapat dicontoh oleh pembaca. Teks fabel dibangun atas beberapa unsur intrinsik yaitu (1) tema: ide cerita; (2) tokoh: pelaku dalam cerita; (3) alur: jalan cerita; (4) sudut pandang: cara pengarang menyampaikan cerita; dan (5) amanat: pesan moral yang disampaikan penulis kepada pembaca. Berdasarkan penjelasan ini, nilai moral termasuk dalam unsur amanat yang tentu selalu ada di setiap teks fabel seperti pada penggalan fabel tersebut. Nilai moral yang hendak disampaikan ialah sepandai-pandainya akal untuk membohongi akhirnya akan ketahuan juga. Hal ini sesuai dengan kutipan berikut:

"Namun, kuda itu tidak sadar bahwa suara aumannya bukanlah suara harimau melaikan suara seekor kuda."

Kutipan tersebut menyiratkan bahwa betapa kuda ingin membohongi si kucing, ia tetap ketahuan.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan C.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

10

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Latar waktu pada kutipan fabel tersebut adalah ....

12

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia