Roboguru

Nilai jual objek pajak (NJOPTKP) diatur dalam....

Pertanyaan

Nilai jual objek pajak (NJOPTKP) diatur dalam.... undefined 

  1. ... undefined 

  2. ... undefined 

Pembahasan Soal:

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 67/PMK.03/2011 tentang penyesuaian besarnya Nilai Jual Objek Pajak Tidak Kena Pajak Pajak Bumi dan Bangunan pada pasal 2 ayat 1 diterangkan bahwasannya dasar pengenaan PBB adalah NJOP. Selanjutnya diperjelas pada pasal 2 ayat 2 menerangkan NJOPTKP untuk setiap Wajib Pajak ditetapkan paling tinggi sebesar Rp24.000.000,00 (dua puluh empat juta rupiah). undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

L. Rahayu

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 31 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kegiatan atau transaksi yang menurut peraturan perpajakan tergolong sebagai sesuatu yang harus dikenai pajak disebut ….

Pembahasan Soal:

Objek pajak adalah kegiatan atau transaksi yang menurut peraturan perpajakan tergolong sebagai sesuatu yang harus dikenai pajak.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B. space space 

Roboguru

Berikut ini yang bukan merupakan komponen penerimaan dari pajak adalah...

Pembahasan Soal:

Komponen penerimaan pajak di Indonesia mencakup penerimaan pajak pusat, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Minyak dan Gas, dan PNBP Pertambangan Umum. Pajak daerah tidak menjadi komponen perhitungan Rasio Pajak.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan E.  

Roboguru

Uraikan objek dan cara pengenaan pajak yang anda ketahui !

Pembahasan Soal:

Objek Pajak adalah segala sesuatu yang menurut undang-undang dikenakan pajak. Misalnya objek pajak penghasilan adalah penghasilan, sedangkan objek Pajak Bumi dan Bangunan adalah bumi dan bangunan, objek PPN adalah penyerahan barang dan/atau jasa. Cara pengenaan pajak harus berdasarkan asas yaitu 

  1. Asas Domisili : Dalam asas ini seseorang dikenakan pajak oleh karena tempat tinggalnya. Dimana orang tersebut bertempat tinggal, disitulah dia dikenakan pajak.
  2. Asas Sumber : Pengenaan pajak dikenakan pada sumber penghasilan itu berasal. Pengusaha luar negeri yang memiliki usaha di Indonesia dikenakan pajaknya karena penghasilannya bersumber dari indonesia.
  3. Asas Kebangsaan : Pengenaan pajak di kenakan terhadap dimana orang tersebut berkebangsaan. Orang indonesia yang memegang pasport indonesia tetap dikenakan pajak di indonesia.

 

Roboguru

Sifat oligopolistik MNC jelas membawa pengaruh pada pembagian manfaat yang dihasilkan, laba maksimum yang diperoleh tidak akan terjadi bersamaan dengan kesejahteraan maksimum masyarakat, karena semua ...

Pembahasan Soal:

Agar masyarakat negara yang ditempati dapat turut serta menikmati keuntungan tersebut maka diadakan kebijakan-kebijakan, antara lain kebijakan menaikkan pajak. Adapun pajak yang diberlakukan adalah pajak yang berkaitan dengan kegiatan tersebut yaitu adalah pajak pendapatan, penjualan, pajak bumi dan bangunan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban D.space 

Roboguru

Jelaskan pengertian Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPN dan PPNBM)!

Pembahasan Soal:

Pajak Pertambahan Nilai adalah pajak yang dikenakan pada setiap transaksi jual beli barang atau jasa yang terjadi pada wajib pajak orang pribadi atau badan usaha yang mendapat status Pengusaha Kena Pajak.

Pajak Penjualan Atas Barang Mewah atau sering kali disebut Pajak Barang Mewah adalah pajak yang dikenakan atas transaksi Barang Kena Pajak yang tergolong mewah, baik yang diproduksi di dalam negeri maupun diimpor.

Jadi, jawaban yang tepat adalah Ppn adalah pajak yang dikenakan pada setiap transaksi jual beli barang atau jasa yang terjadi pada wajib pajak orang pribadi atau badan usaha yang mendapat status Pengusaha Kena Pajak, sedangkan PPnBM adalah pajak yang dikenakan atas transaksi Barang Kena Pajak yang tergolong mewah, baik yang diproduksi di dalam negeri maupun diimpor.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved