Iklan

Iklan

Pertanyaan

Neraca pembayaran terdiri atas neraca lalu lintas modal transaksi jasa transaksi berjalan seluruhnya manakah jawaban yang benar ?

Neraca pembayaran terdiri atas neraca

  1. lalu lintas modal
  2. transaksi jasa
  3. transaksi berjalan
  4. seluruhnya

manakah jawaban yang benar ?space 

  1. Pernyataan 1, 2 dan 3

  2. Pernyataan 1 dan 3

  3. Pernyataan 2 dan 4

  4. Pernyataan 4 saja

  5. Semua pernyataan benar

Iklan

M. Makhrisza

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pertahanan

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah E.

jawaban yang benar adalah E.

Iklan

Pembahasan

Neraca pembayaran terdiri atas beberapa komponen di bawah ini: 1) Neraca Berjalan Neraca berjalan terdiri dari beberapa subkomponen, yaitu neraca perdagangan atau neraca barang, neraca jasa, dan transfer berjalan. Neraca Perdagangan Neraca perdagangan mencatat transaksi ekspor dan impor barang saja baik barang mentah maupun barang jadi. Misalnya, ekspor dari negara Indonesia ke negara lain berupa karet, kayu jati, minyak dan gas bumi, serta barang-barang lainnya. Sedangkan, impor Indonesia dari negara lain adalah berupa suku cadang kendaraan, barang-barang elektronik , dan barang lainnya yang dibutuhkan untuk pembangunan dan konsumsi. Indonesia menginginkan agar neraca perdagangan bersifat positif, yang berarti ekspor lebih besar daripada impor. Neraca Jasa Neraca Jasa mencatat transaksi penerimaan atau pemberian jasa dari atau kepada negara lain. Indonesia banyak menggunakan jasa dari negara lain. Begitu pula sebaliknya, jasa orang Indonesia juga banyak digunakan oleh negara lain. Contoh bidang jasa antara lain bidang tenaga kerja, transportasi, asuransi, dan pariwisata. Jumlah jasa yang diterima dan jumlah jasa yang diberikan ke negara lain dicatat pada neraca jasa. Transfer berjalan Transfer berjalan adalah semua hibah dan hadiah yang tidak meliputi modal, termasuk transfer barang (misalnya, bahan-bahan makanan) dan uang. Transfer berjalan meningkatkan pendapatan disposabel ( disposable income ) penerimanya dan terbagi atas transfer Pemerintah dan swasta. transfer Pemerintah diterima oleh Pemerintah, umumnya dari Pemerintah lain dan organisasi multilateral. Transfer swasta berupa penerimaan yang diperoleh individu yang bekerja di luar negeri. 3) Neraca hasil modal Neraca hasil modal ialah neraca yang mencatat nilai investasi atau penanaman modal langsung dari pihak swasta asing, pinjaman luar negeri yang diberikan bank swasta internasional dan pinjaman atau hibah dari negara lain. 4) Neraca lalu lintas modal Neraca lalu lintas modal mencatat perubahan aset negara di luar negeri dan aset asing di negara tersebut. 5) Neraca Moneter Transaksi yang disebut sebelumnya tentu mempunyai akibat pada posisi moneter. karena, transaksi moneter sering disebut accomodating sebab merupakan transaksi yang timbul sebagai akibat transaksi lain. Transaksi lain itu sering disebut dengan autonomous karena transaksi itu timbul dengan sendirinya, tanpa dipengaruhi oleh transaksi lain. Perbedaan autonomous diimbangi oleh transaksi lalu lintas moneter. Contoh lalu lintas moneter yang dicatat pada neraca moneter adalah mutasi dalam hubungan dengan IMF ( International Monetary Fund ) dan cadangan devisa berupa emas atau valuta asing lainnya. Sehingga jawaban yang benar adalah E.

Neraca pembayaran terdiri atas beberapa komponen di bawah ini:

1)   Neraca Berjalan

Neraca berjalan terdiri dari beberapa subkomponen, yaitu neraca perdagangan atau neraca barang, neraca jasa, dan transfer berjalan.

  1. Neraca Perdagangan

Neraca perdagangan mencatat transaksi ekspor dan impor barang saja baik barang mentah maupun barang jadi. Misalnya, ekspor dari negara Indonesia ke negara lain berupa karet, kayu jati, minyak dan gas bumi, serta barang-barang lainnya. Sedangkan, impor Indonesia dari negara lain adalah berupa suku cadang kendaraan, barang-barang elektronik , dan barang lainnya yang dibutuhkan untuk pembangunan dan konsumsi. Indonesia menginginkan agar neraca perdagangan bersifat positif, yang berarti ekspor lebih besar daripada impor.

  1. Neraca Jasa

Neraca Jasa mencatat transaksi penerimaan atau pemberian jasa dari atau kepada negara lain. Indonesia banyak menggunakan jasa dari negara lain. Begitu pula sebaliknya, jasa orang Indonesia juga banyak digunakan oleh negara lain. Contoh bidang jasa antara lain bidang tenaga kerja, transportasi, asuransi, dan pariwisata. Jumlah jasa yang diterima dan jumlah jasa yang diberikan ke negara lain dicatat pada neraca jasa.

  1. Transfer berjalan

Transfer berjalan adalah semua hibah dan hadiah yang tidak meliputi modal, termasuk transfer barang (misalnya, bahan-bahan makanan) dan uang. Transfer berjalan meningkatkan pendapatan disposabel (disposable income) penerimanya dan terbagi atas transfer Pemerintah dan swasta. transfer Pemerintah diterima oleh Pemerintah, umumnya dari Pemerintah lain dan organisasi multilateral. Transfer swasta berupa penerimaan yang diperoleh individu yang bekerja di luar negeri.

3)      Neraca hasil modal

Neraca hasil modal ialah neraca yang mencatat nilai investasi atau penanaman modal langsung dari pihak swasta asing, pinjaman luar negeri yang diberikan bank swasta internasional dan pinjaman atau hibah dari negara lain.

4)      Neraca lalu lintas modal

Neraca lalu lintas modal mencatat perubahan aset negara di luar negeri dan aset asing di negara tersebut.

5)      Neraca Moneter

Transaksi yang disebut sebelumnya tentu mempunyai akibat pada posisi moneter. karena, transaksi moneter sering disebut accomodating sebab merupakan transaksi yang timbul sebagai akibat transaksi lain. Transaksi lain itu sering disebut dengan autonomous karena transaksi itu timbul dengan sendirinya, tanpa dipengaruhi oleh transaksi lain. Perbedaan autonomous diimbangi oleh transaksi lalu lintas moneter. Contoh lalu lintas moneter yang dicatat pada neraca moneter adalah mutasi dalam hubungan dengan IMF (International Monetary Fund) dan cadangan devisa berupa emas atau valuta asing lainnya.

Sehingga jawaban yang benar adalah E.

Latihan Bab

Konsep Dasar Perdagangan Internasional

Teori Perdagangan Internasional

Alat dan Cara Pembayaran Internasional

Neraca Pembayaran Internasional

31

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Investasi langsung luar negeri di Indonesia dicatat dalam...

36

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia