Roboguru

Nama-nama raja yang pernah memerintah di Kutai, yaitu...

Pertanyaan

Nama-nama raja yang pernah memerintah di Kutai, yaitu...

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Kerajaan Kutai atau lengkapnya Kutai Martadipura (350 - 1605) merupakan kerajaan Hindu di Nusantara yang memiliki bukti sejarah tertua. Didirikan oleh Maharaja Kudungga beserta anaknya Asmawarman. Nama Kutai diberikan oleh para ahli mengambil dari nama tempat ditemukannya prasasti yang menunjukkan eksistensi kerajaan tersebut. Ibu kota berada di Muara Kaman, Kalimantan Timur tepatnya di hulu sungai Mahakam. Bahasa sehari-hari menggunakan bahasa Melayu (dialek Kutai). Bentuk pemerintahannya Monarki. Beberapa Maharaja yang terkenal antara lain :

  1. Kundungga (350 - 375), Kundungga merupakan pembesar dari Kerajaan Campa (Kamboja) yang datang ke Indonesia dan belum menganut agama Hindu.
  2. Mulawarman Nala Dewa (400 - 446), Kerajaan Kutai mengalami masa keemasan saat di pimpin oleh Mulawarman. Wilayah kekuasaannya meliputi hampir seluruh wilayah Kalimantan Timur. Rakyat Kutai hidup sejahtera dan makmur.
  3. Derma Setiya Warman (1534 - 1605), Kerajaan Kutai berakhir saat Raja Kutai yang bernama Maharaja Dharma Setia tewas dalam peperangan di tangan Raja Kutai Kartanegara ke-13.

Pada tahun 1605, Kutai Kartanegara menurut sastra Jawa Negarakertagama berubah menjadi kerajaan Islam. Ibu kota berada di Kutai Lama (Tanjung Kute). Sejak tahun 1735 kerajaan Kutai Kartanegara yang semula rajanya bergelar Pangeran berubah menjadi bergelar Sultan (Sultan Aji Muhammad Idris) dan sekarang dinamakan Kesultanan Kutai Kartanegara.

Dengan demikian, raja yang pernah memerintah di Kutai, yaitu Maharaja Kudungga, gelar anumerta Dewawarman (pendiri), Maharaja Asmawarman (anak Kundungga), Maharaja Mulawarman (anak Aswawarman), Maharaja Marawijaya Warman, Maharaja Gajayana Warman, Maharaja Tungga Warman, Maharaja Jayanaga Warman, Maharaja Nalasinga Warman, Maharaja Nala Parana Tungga Warman, Maharaja Gadingga Warman Dewa, Maharaja Indra Warman Dewa, Maharaja Sangga Warman Dewa, Maharaja Candrawarman, Maharaja Sri Langka Dewa Warman, Maharaja Guna Parana Dewa Warman, Maharaja Wijaya Warman, Maharaja Sri Aji Dewa Warman, Maharaja Mulia Putera Warman, Maharaja Nala Pandita Warman, Maharaja Indra Paruta Dewa Warman, Maharaja Dharma Setia Warman.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Salah satu bukti sejarah adanya hubungan harmonis antara pemerintah dan kaum brahmana di Kerajaan Kutai adalah ...

Pembahasan Soal:

Salah satu bukti sejarah  yang menyatakan adanya  hubungan harmonis antara Raja Mulawarman dan golongan brahmana di Kerajaan Kutai tertuang di salah satu dari 7 Prasasti Yupa yang merupakan bukti sejarah dari kerajaan Kutai. Salah satu prasasti yupa menjelaskan mengenai raja Mulawarman, raja yang mulia dan terkemuka, yang telah memberi sedekah 20.000 ekor sapi kepada para brahmana yang dilakukan di dalam tanah yang suci atau Waprakeswara.

Dengan demikian, maka jawaban yang benar adalah D.

0

Roboguru

Mengapa Aswawarman mendapat gelar wangsakerta, sedangkan raja pertama kali adalah Kudungga?

Pembahasan Soal:

Dalam parasasti Yupa disebutkannya bahwa kakek Mulawarman bernama Kudungga. Kudungga berarti penguasa lokal yang setelah terkena pengaruh Hindu-Buddha daerahnya berubah menjadi kerajaan. Walaupun sudah mendapat pengaruh Hindu-Buddha namanya tetap Kudungga, berbeda dengan puteranya yang bernama Aswawarman dan cucunya yang bernama Mulawarman. Oleh karena sudah mendapat pengaruh penuh dari kebudayaan Hindu-Buddha maka Aswawarman dianggap sebagai wangsakerta. Dengan demikian, gelar wangsakerta atau pendiri wangsa didapat karena sudah mendapat pengaruh penuh kebudayaan Hindu-Buddha.

0

Roboguru

Aswawarman disebut sebagai wangsakarta dari kerajaan Kutai karena …

Pembahasan Soal:

Aswawarman merupakan raja kedua dari Kerajaan Kutai. Raja Aswawarman disebut dengan Wangsakarta karena raja yang membentuk kerajaan beragama Hindu.

Aswawarman disebut dengan Wangsakarta karena pada saat penobatan menjadi raja, Aswawarman sudah menggunakan budaya Hindu. Sehingga, Aswawarman mendapat gelar Wangsakarta, yakni raja yg pertama kalinya membentuk keluarga dalam budaya Hindu. Sedangkan raja pertamanya, yakni Kudungga pada saat itu belum beragama Hindu.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Jelaskan faktor kemunduran Kerajaan Kutai

Pembahasan Soal:

Kerajan Kutai Martadipura adalah kerajaan bercorak Hindu-Budha yang tertua di Nusantara. Kerajaan ini terletak di daerah Muarakaman, di tepi sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Kerajaan ini didirikan oleh Kudungga pada abad ke-5 M. Sumber sejarah yang dapat menjelaskan kerajaan ini berasal dar sumber prasasti, yaitu prasasti yang disebut Yupa. Kerajaan Kutai mengalami masa keemasan pada masa Raja Mulawarman, namun setelah sepeninggalan Raja Mulawarman Kerajaan Kutai perlahan mengalami kemunduran, selain itu ketika masuk dan berkembangnya pengaruh kebudayaan Islam, berkembangnya Kerajaan Kutai Kertanegara yaitu kerajaan yang bercorak islam, di Kalimantan Timur. Saat itu terjadi ekspansi Kutai Kertanegara ke Kalimantan Timur (wilayah Kutai) dan terjadi perebutan wilayah kekuasaan.

Dengan demikian faktor kemunduran Kerajaan Kutai ialah karena sepeninggal Raja Mulawarman, adanya ekpansi dari kerajaan islam Kutai Kertanegara yang dan terjadi perebutan kekuasaan. 

1

Roboguru

Berdasarkan penemuan Prasasti Yupa, raja pertama Kerajaan Kutai adalah ….

Pembahasan Soal:

Berdasarkan penemuan Prasasti Yupa, dapat diketahui bahwa raja pertama Kerajaan Kutai adalah Kudungga. Ia merupakan ayah dari Raja Aswawarman dan kakek dari Raja Mulawarman. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved