Roboguru

Musuh kita saat beristirahat di kamar tidur bukan hanya nyamuk. Kutu busuk juga menjadi musuh yang harus diusir dan dicegah agar tidak mengganggu istirahat kita. Kutu busuk pandai menyembunyikan diri. Serangga kecil ini suka menyelinap di celah-celah kasur, sudut-sudut tempat tidur, atau bersembunyi di balik seprai. Keberadaan kutu busuk juga berbahaya karena bisa mengundang alergi dan beberapa penyakit…. Kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....

Pertanyaan

       Musuh kita saat beristirahat di kamar tidur bukan hanya nyamuk. Kutu busuk juga menjadi musuh yang harus diusir dan dicegah agar tidak mengganggu istirahat kita. Kutu busuk pandai menyembunyikan diri. Serangga kecil ini suka menyelinap di celah-celah kasur, sudut-sudut tempat tidur, atau bersembunyi di balik seprai. Keberadaan kutu busuk juga berbahaya karena bisa mengundang alergi dan beberapa penyakit….

Kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....

  1. Memang kutu busuk merupakan serangga yang harus dibasmi karena dapat menimbulkan penyakit kulit

  2. Jadi, masyarakat akan lebih memilih menggunakan kasur busa sehingga terhindar dari kutu busuk

  3. Oleh karena itu, membersihkan tempat tidur harus menjadi agenda rutin demi kesehatan tubuh kita

  4. Masyarakat perkotaan tidak mengenal kutu busuk karena lingkungan perkotaan umumnya bersih

  5. Dinas kesehatan selalu memberikan penyuluhan kepada warganya untuk menjaga kesehatan lingkungan

Pembahasan Soal:

Simpulan merupakan kalimat yang merupakan hasil akhir dari peristiwa-peristiwa yang dibahas dalam sebuah teks. Teks tersebut membahas keberadaan kutu busuk yang dapat mengganggu kita. Penulis dalam tulisannya ingin mengajak pembaca agar memiliki kesadaran akan pentingnya hidup sehat dengan membersihkan tempat tidur agar terhindar dari kutu busuk. Dengan demikian, kesimpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf adalah "Oleh karena itu, membersihkan tempat tidur harus menjadi agenda rutin demi kesehatan tubuh kita." Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Iga

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Terakhir diupdate 19 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bacalah teks berikut ini! Kekeringan diklasifikasikan menjadi dua: kekeringan alamiah dan kekeringan antropogenik. Kekeringan alamiah terjadi akibat tingkat curah hujan di bawah normal dalam satu mu...

Pembahasan Soal:

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

1

Roboguru

Selokan Mataram yang melintasi wilayah Yogyakarta bagian utara dibangun pada masa Sultan Hamengkubuwono IX. Selokan itu mengalirkan air dari Sungai Progo di sisi barat sampai wilayah Prambanan di sisi...

Pembahasan Soal:

Paragraf tersebut menjelaskan tentang selokan yang tidak dirawat oleh warga yang bermukim di sepanjang selokan tersebut, bahkan dijadikan tempat membuang sampah. Akibat dari perilaku warga tersebut pada akhirnya selokan itu menjadi kotor, penuh sampah, dan berbau menyengat. Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Agar menjadi paragraf yang kohesif, penggunaan konjungsi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Menurut Keraf (2001: 87) paragraf kohesif merupakan paragraf yang memiliki kesatuan semua kalimat yang membangunnya secara bersama- sama menyatakan suatu hal atau tema tertentu.

Pada paragraf eksplanasi di atas, konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat nomor 4 adalah oleh karena itu, kata tersebut tepat digunakan karena kalimat nomor 4 bersifat menyimpulkan sesuatu dan kalimat nomor 5 adalah agar,  kata tersebut tepat digunakan karena kalimat nomor 5 memiliki makna tujuan, sehingga menjadi:

  1. Oleh karena itu, kita sudah semestinya membantu menormalkan iklim yang berubah akibat ulah manusia.
  2. Hal ini dilakukan agar anak cucu kita kelak tidak menderita akibat kesalahan yang kita lakukan saat ini.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

0

Roboguru

Sebutkan langkah-langkah menyusun teks eksplanasi!

Pembahasan Soal:

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan atau keterangan tentang suatu hal yang berhubungan dengan berbagai fenomena, baik fenomena alam maupun sosial yang terjadi di kehidupan sehari-hari.

Berikut langkah-langkah menyusun teks eksplanasi:

  1. Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi teks eksplanasi.
     
  2. Menyusun kerangka teks sesuai struktur baku teks eksplanasi yang paragraf-paragrafnya dapat disusun secara kausalitas atau kronologis.
     
  3. Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi teks eksplanasi yang lengkap dan utuh, dengan memperhatikan struktur bakunya.
     
  4. Menyunting teks eksplanasi untuk mengoreksi kesalahan-kesalahan yang mungkin ada dalam teks itu, misalnya berkenaan dengan isi teks, struktur, kaidah kebahasaan, dan ejaan/tanda bacanya.

Dengan demikian, langka-langkah menyusun teks eksplanasi terdiri dari mendaftar topik yang dapat dikembangkan menjadi teks eksplanasi, menyusun kerangka, mengembangkan kerangka, dan menyunting teks eksplanasi.undefined 

0

Roboguru

Selokan Mataram yang melintasi wilayah Yogyakarta bagian utara dibangun pada masa Sultan Hamengkubuwono IX. Selokan itu mengalirkan air dari Sungai Progo di sisi barat sampai wilayah Prambanan di sisi...

Pembahasan Soal:

Selokan tersebut tidak dirawat oleh warga yang bermukim di sepanjang selokan tersebut, bahkan dijadikan tempat membuang sampah. Akibat dari perilaku warga tersebut pada akhirnya selokan itu menjadi kotor, penuh sampah, dan berbau menyengat.  Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved