Roboguru

Mundurnya perlawanan Mataram terhadap Belanda di Batavia disebabkan oleh ...

Pertanyaan

Mundurnya perlawanan Mataram terhadap Belanda di Batavia disebabkan oleh ...

  1. Pasukan Belanda membakar cadangan makanan pasukan Mataram

  2. Adanya pengkhianat di dalam pasukan Mataram

  3. Kendornya semangat pasukan Mataram

  4. Kuatnya persatuan dalam pasukan Belanda

  5. Persenjataan pasukan Mataram kalah jauh daripada pasukan Belanda

Pembahasan Soal:

Penyerangan pasukan Mataram terhadap VOC di Batavia berlangsung dua kali, yaitu tahun 1628 dan 1629. Serangan pertama ini gagal karena kurangnya persediaan bahan makanan. Tumenggung Baurekso gugur dalam serangan pertama ini. Serangan kedua pasukan Mataram juga mengalami kegagalan. Kegagalan tersebut disebabkan gudang-gudang bahan makanan pasukan Mataram dibakar oleh VOC. Serangan kedua ini dipimpin oleh Pangeran Puger, Pangeran Purbaya, dan Kyai Adipati Juminah. Pertempuran sengit terjadi di Benteng Hollandia.

Dengan demikian,  jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perlawanan terhadap VOC yang dipimpin oleh Sultan Agung terjadi pada tahun….

Pembahasan Soal:

Mataram yang dipimpin Sultan Agung Hanyokrokusumo melawan VOC karena Sultan Agung ingin menyatukan seluruh daerah di Jawa. Keinginan itu terhalang VOC yang berpusat di Batavia yang ingin memonopoli perdagangan di Jawa. Untuk mencapai tujuannya, Sultan Agung berusaha mengusir VOC dengan melakukan 2 kali perlawanan, yaitu tahun 1628 dan 1629. Serangan pertama (1628) gagal, karena sekitar 1.000 pasukan Mataram gugur. Serangan kedua (1629) juga gagal, karena kalah persenjataan, kurangnya persediaan makanan (lumbung-lumbung persediaan makanan di Tegal, Cirebon, dan Karawang dimusnahkan VOC), jarak Mataram-Batavia terlalu jauh, serta wabah penyakit yang menyerang pasukan Mataram.

Roboguru

Dalam serangan kedua, pasukan Sultan Agung kembali mengalami kegagalan. Tindakan VOC untuk menggagalkan serangan kedua pasukan Mataram dilakukan dengan cara ...

Pembahasan Soal:

Pada penyerangan kedua ke Batavia, pasukan Mataram juga mengalami kekalahan. Kegagalan ini disebabkan karena lumbung padi pasukan Mataram di Tegal dan Cirebon dibakar oleh VOC. Akibatnya, pasukan Mataram kekurangan bahan makanan dan memilih untuk mundur.

Roboguru

Perhatikan informasi-informasi berikut. 1) Memperluas kekuasaan Mataram hingga ke Jawa Barat dan Madura. 2) Menyerang kedudukan VOC di Batavia pada tahun 1628 dan 1629. 3) Memadamkan pemberontakan Tru...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan pilihan di atas, kebijakan yang tidak diterapkan pada masa Sultan Agung berkuasa ditunjukkan pada nomor 3 dan 4. Pemberontakan Trunojoyo terjadi setelah Sultan Agung mangkat, tepatnya pada masa pemerintahan Amangkurat I. Pemindahan ibu kota Mataram sendiri dilakukan pada masa pemerintahan Amangkurat II. Amangkurat II membangun ibu kota Mataram yang baru di Desa Wonokerto yang kemudian diberi nama Kartasura.

Roboguru

Sikap nasionalisme ditunjukkan oleh Sultan Agung dengan tindakan …

Pembahasan Soal:

Sultan Agung dari Kesultanan Mataram Islam terkenal sebagai orang yang sangat anti dengan VOC karena memiliki sikap nasionalismenya. Hal ini disebabkan VOC sering melakukan monopoli perdagangan dan menghalangi kapal-kapal dagang Mataram yang hendak berdagang ke Malaka. Selain itu, Sultan Agung juga bercita-cita untuk mempersatukan seluruh Pulau Jawa di bawah Kesultanan Mataram Islam sehingga keberadaaan VOC di Batavia memberikan ancaman serius bagi masa depan Pulau Jawa. Alasan-alasan tersebut membuat Sultan Agung bertekad untuk mengusir VOC di Pulau Jawa dengan melakukan penyerangan kepada VOC di Batavia pada tahun 1628 dan 1629.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space 

Roboguru

Serangan Mataram pada 1628 dan 1629 terhadap kedudukan VOC di Batavia terjadi pada masa pemerintahan...

Pembahasan Soal:

Jawaban: d. Sultan Agung

Pembahasan:

Kerajaan Mataram pernah melakukan dua kali serangan terhadap VOC di Batavia. Serangan ini dilakukan pertama kali pada tahun 1628 lalu serangan kedua dilaksanakan pada tahun 1629. Perlawanan ini terjadi ketika Kerajaan Mataram diperintah oleh Sultan Agung

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved