Roboguru

Munculnya kerajaan Majapahit berasal dari tanah pemberian kepada .... menantu dari .... Di di hutan Tarik dekat Mojokerto.

Pertanyaan

Munculnya kerajaan Majapahit berasal dari tanah pemberian kepada .... menantu dari .... Di di hutan Tarik dekat Mojokerto.

Pembahasan Soal:

Kerajaan Majapahit merupakan salah satu kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Kerajaan Majapahit masih memiliki keterkaitan dari kerajaan Singasari. Setelah kerajaan Singasari runtuh diserang oleh Jayakatwang, Raden Wijaya melarikan diri dan bersembunyi di Desa Kudadu. Kemudian atas bantuan Kepala Desa, Raden Wijaya diterima Jayakatwang bahkan diizinkan mendirikan desa di hutan Tarik dengan nama Majapahit. Raden Wijaya mulai menyusun kekuatan dan menyerang Jayakatwang bersama pasukan Mongol. Setelah berhasil mengalahkan Jayakatwang, Raden Wijaya berballik menyerang Mongol dan mendirikan Majapahit pada 10 November 1293.

Dengan demikian, munculnya kerajaan Majapahit berasal dari tanah pemberian Jayakatwang kepada Raden Wijaya, menantu dari Kertanegara (Raja terakhir Singasari) di hutan Tarik dekat Mojokerto.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 30 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kerajaan Majapahit didirikan oleh Raden Wijaya, setelah berhasil mengalahkan dan mengusir pasukan dari ...

Pembahasan Soal:

Raden Wijaya berhasil mendirikan Majapahit ketika dirinya sukses mengadu domba pasukan Mongol yang dikirim oleh Kubilai Khan dengan tentara Kediri. Usai tentara Mongol mengalahkan pasukan Kediri, Raden Wijaya kemudian berbalik menyerang pasukan Mongol yang sedang mabuk kemenangan. Pasukan Mongol pun melarikan diri kembali ke wilayahnya di Tiongkok.

Dengan demikian, Raden Wijaya berhasil mendirikan Majapahit usai mengusir pasukan dari bangsa Mongol yang dikirim oleh Kubilai Khan.space space 

0

Roboguru

Abad ke berapa Majapahit lahir?

Pembahasan Soal:

Kemaharajaan Majapahit adalah sebuah kerajaan yang berpusat di Jawa Timur, Indonesia, yang pernah berdiri sekitar tahun 1293 hingga 1527 M. Kerajaan ini mencapai puncak kejayaannya menjadi kemaharajaan raya yang menguasai wilayah yang luas di Nusantara pada masa kekuasaan Hayam Wuruk, yang berkuasa dari tahun 1350 hingga 1389. Kerajaan Majapahit adalah kerajaan Hindu-Buddha terakhir yang menguasai Nusantara dan dianggap sebagai kerajaan terbesar dalam sejarah Indonesia. Menurut Negarakertagama, kekuasaannya terbentang dari Jawa, Sumatra, Semenanjung Malaya, Kalimantan, hingga Indonesia timur.

Dengan demikian, Kerajaan Majapahit berdiri pada abad Ke 13 hingga awal abad ke 16 ( 1293 hingga 1500-an tahun Masehi ). Pusat pemerintahannya berada di Desa Majapahit, Jawa Timur yang didirikan oleh Raden Wijaya.

0

Roboguru

Sejarah Indonesia meliputi suatu rentang waktu yang sangat panjang dimulai sejak zaman Prasejarah berdasarkan penemuan "Manusia Jawa'". Kita mengetahui sejarah awal pengenalan wilayah kepulauan Nusant...

Pembahasan Soal:

Sriwijaya dan Majapit merupakan 2 keraajan terbesar di Nusantara ditinjau dari wilayah kekuasaan dan juga perekonomiannya

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Tuliskan dan jelaskan ciri-ciri kehidupan ekonomi masyarakat Sriwijaya sehingga menjadikannya sebagai kerajaan maritim terbesar dan terkuat di Nusantara di masa Hindu-Buddha.

Pembahasan Soal:

Kerajaan Sriwijaya merupakan salah satu kerajaan Buddha dan maritim terbesar di Indonesia. Kerajaan Sriwijaya telah eksis sejak abad ke-7 M. Kerajaan Sriwijaya mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Raja Balaputeradewa. Faktor-faktor yang menyebabkan Kerajaan Sriwijaya mampu menjadi kerajaan maritim terbesar di Indonesia adalah letak geografisnya yang strategis (menghubungkan jalur pelayaran internasional), memiliki armada laut yang kuat, serta memiliki sumber daya alam yang melimpah. Beberapa hasil sumber daya alam Kerajaan Sriwijaya yang laku di pasar internasional adalah cengkeh, kapulaga, pala, lada, pinang, kayu gaharu, kayu cendana, kapur barus, dan kayu sapan.

Dengan demikian, kondisi ekonomi yang menyebabkan Kerajaan Sriwijaya terkuat dan terbesar di Indonesia adalah letaknya yang strategis (menghubungkan jalur pelayaran internasional), memiliki armada laut yang kuat, serta memiliki sumber daya alam yang melimpah.

0

Roboguru

Berdasarkan prasasti kerajaan Kutai dapat diketahui adanya tempat suci yang disebut ….

Pembahasan Soal:

Berdasarkan dua prasasti Mulawarman dapat diketahui bahwa di Kutai Kuno ada tempat suci bernama Waprakeswara. Waprakeswara berasal dari kata vapra atau pagar, yang maksudnya tempat berpagar. Jadi jawaban yang tepat adalah C

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved