Roboguru

Minyak bumi terbentuk dari basil pelapukan batuan fosil. Faktor yang menyebabkan batuan tersebut berubah menjadi minyak bumi adalah ... dan ....

Pertanyaan

Minyak bumi terbentuk dari basil pelapukan batuan fosil. Faktor yang menyebabkan batuan tersebut berubah menjadi minyak bumi adalah ... dan ....  

Pembahasan Soal:

Minyak bumi adalah cairan kental, berwarna coklat pekat/gelap, atau kehijauan yang mudah terbakar, yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi. Minyak bumi terbentuk dari pelapukan sisa-sisa organisme dan merupakan campuran berbagai senyawa karbon, terutama hidrokarbon alifatik maupun aromatik. 

Faktor utama yang akan merubah fosil menjadi migas yaitu temperatur di dalam tanah atau temperatur disekeliling fosil tersebut. Fosil tidak akan berubah menjadi hidrokarbon apabila temperatur disekitarnya kurang dari 65 degree C. Tetapi apabila temperatur disekitarnya berada di atas 260 degree C maka kemungkinan besar hidrokarbon akan terurai sehingga menghasilkan minyak bumi. Selain itu tekanan juga mempengaruhi untuk fossil dalam jumlah besar untuk mendapatkan suhu tinggi.

Jadi, faktor yang menyebabkan batuan berubah menjadi minyak bumi adalah suhu dan tekanan.

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Krisna

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Minyak bumi terbentuk selama ribuan tahun berasal dari fosil ....

Pembahasan Soal:

Minyak bumi adalah hasil dari pelapukan jasad organisme kecil baik hewan atau tumbuhan yang hidup dilautan dan terkubur dalam kerak bumi selama berjuta – juta tahun yang lalu.

Minyak bumi terbentuk dari plankton dan tumbuhan yang terkubur berjuta-juta tahun yang lalu di dalam lautan. 

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

0

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Minyak bumi termasuk bahan bakar yang tidak dapat diperbarui. SEBAB Terbentuknya minyak bumi diperlukan...

Pembahasan Soal:

Secara umum, sebuah sumber daya alam menjadi tidak dapat diperbarui ketika laju produksinya jauh lebih lambat jika dibandingkan dengan laju konsumsi sumber daya alam tersebut. Jika suatu sumber daya memiliki laju regenerasi atau produksi yang setara atau bahkan lebih cepat dari laju pemakaiannya, maka sumber daya alam tersebut tergolong dapat diperbarui. 

Agar kita dapat menjawab pertanyaan, mengapa minyak tergolong kedalam sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, kita harus terlebih dahulu mengetahui bagaimana minyak bumi terbentuk.

Minyak bumi terbentuk dari plankton yang bercampur dengan lumpur di dasar laut, lumpur ini tersedimentasi menjadi batuan shale dan akhirnya berubah menjadi oil shale yang menghasilkan minyak ketika dipaparkan pada tekanan dan suhu yang tinggi di dalam perut bumi. Transformasi jasad plankton menjadi oil shale dan minyak bumi memerlukan waktu yang sangat lama, bahkan hingga jutaan tahun.
Oleh karena itu, minyak disebut sebagai bahan bakar yang tidak dapat diperbarui karena membutuhkan waktu yang lama untuk memproduksinya yaitu jutaan tahun.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

 

0

Roboguru

Jelaskan proses pengolahan minyak bumi dari minyak mentah sampai dapat dimanfaatkan!

Pembahasan Soal:

Minyak mentah yang didapatkan dari hasil pengeboran merupakan campuran dari berbagai senyawa hidrokarbon dan senyawa-senyawa lain. Ada 2 langkah pengolahan minyak bumi sampai akhirnya siap digunakan, yaitu:

Pengolahan Tahap Pertama: Minyak Bumi Mentah di pisahkan berdasarkan titik didihnya dengan destilasi bertingkat sehingga dihasilkan fraksi-fraksi minyak bumi yang kemudian dapat diolah menjadi bahan bakar ataupun non bahan bakar. Adapun fraksi-fraksi minyak bumi diantaranya:

Pengolahan Tahap Kedua: Setelah itu fraksi-fraksi tersebut diolah lebih lanjut seperti diberi zat tambahan, pemecahan molekul (cracking), penggabungan molekul (polimerisasi dan alkilasi), perubahan struktur molekul (reforming), isomerisasi dan sebagainya sehingga produk siap digunakan.

0

Roboguru

Berikut ini yang merupakan wilayah sumber minyak bumi di Indonesia adalah ....

Pembahasan Soal:

Wilayah sumber minyak bumi di Indonesia, yaitu:

  • Pantai Utara Jawa (Cepu, Wonokromo, Cirebon).
  • Sumatra bagian utara dan timur (Aceh, Riau).
  • Kalimantan bagian timur (Tarakan, Balikpapan).
  • Daerah Kepala burung Papua

Jadi, jawaban yang benar adalah A.undefined 

0

Roboguru

Minyak bumi di Indonesia banyak mengandung senyawa ....

Pembahasan Soal:

Minyak bumi tersusun atas senyawa hidrokarbon yang berbeda-beda. Perbedaan ini tergantung dari faktor umur, suhu pembentukan, dan cara pembentukan. Minyak bumi dari Indonesia mengandung banyak senyawa aromatik seperti benzena. 

Dengan demikian, minyak bumi di Indonesia banyak mengandung senyawa benzena.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved