Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan bagaimana proses terbentuknya minyak bumi!

Jelaskan bagaimana proses terbentuknya minyak bumi!space 

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

proses terbentuknya minyak bumi adalahJasad renik dari tumbuhan maupun hewan yang sudah mati mengendap selama ribuan tahun dan dipengaruhi oleh suhu dan tekanan dari luar, sehingga terbentuk bintik-bintik dan gelembung minyak atau gas.

 proses terbentuknya minyak bumi adalah Jasad renik dari tumbuhan maupun hewan yang sudah mati mengendap selama ribuan tahun dan dipengaruhi oleh suhu dan tekanan dari luar, sehingga terbentuk bintik-bintik dan gelembung minyak atau gas.space

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Teori pembentukan minyak bumi adalah teori “dupleks”. Menurut teori tersebut, minyak bumi terbentuk dari jasad renik yang berasal dari hewan atau tumbuhan yang sudah mati. Jasad renik tersebut kemudian terbawa air sungai bersama lumpur dan mengendap di dasar laut. Akibat pengaruh waktu mencapai ribuan bahkan jutaan tahun, temperature tinggi, dan tekanan oleh lapisan di atasnya. Jasad renik berubah menjadi bintik-bintik dan gelembung minyak atau gas. Lumpur yang bercampur dengan jasad renik tersebut kemudian berubah menjadi batuan sedimen yang berpori, sedangkan bintik minyak dan gas bergerak ke tempat yang tekanannya rendah dan terakumulasi pada daerah perangkap (trap) yang merupakan batuan kedap. Pada daerah perangkap tersebut, gas alam, minyak, dan air terakumulasi sebagai deposit minyak bumi. Rongga bagian atas merupakan gas alam, sedangkan cairan minyak mengambang diatas deposit air. Dengan demikian,proses terbentuknya minyak bumi adalahJasad renik dari tumbuhan maupun hewan yang sudah mati mengendap selama ribuan tahun dan dipengaruhi oleh suhu dan tekanan dari luar, sehingga terbentuk bintik-bintik dan gelembung minyak atau gas.

Teori pembentukan minyak bumi adalah teori “dupleks”. Menurut teori tersebut, minyak bumi terbentuk dari jasad renik yang berasal dari hewan atau tumbuhan yang sudah mati. Jasad renik tersebut kemudian terbawa air sungai bersama lumpur dan mengendap di dasar laut. Akibat pengaruh waktu mencapai ribuan bahkan jutaan tahun, temperature tinggi, dan tekanan oleh lapisan di atasnya. Jasad renik berubah menjadi bintik-bintik dan gelembung minyak atau gas.
Lumpur yang bercampur dengan jasad renik tersebut kemudian berubah menjadi batuan sedimen yang berpori, sedangkan bintik minyak dan gas bergerak ke tempat yang tekanannya rendah dan terakumulasi pada daerah perangkap (trap) yang merupakan batuan kedap.
Pada daerah perangkap tersebut, gas alam, minyak, dan air terakumulasi sebagai deposit minyak bumi. Rongga bagian atas merupakan gas alam, sedangkan cairan minyak mengambang diatas deposit air. 

Dengan demikian, proses terbentuknya minyak bumi adalah Jasad renik dari tumbuhan maupun hewan yang sudah mati mengendap selama ribuan tahun dan dipengaruhi oleh suhu dan tekanan dari luar, sehingga terbentuk bintik-bintik dan gelembung minyak atau gas.space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

28

Gisellac

Mudah dimengerti

Umi Baitul Khasanah

Ini yang aku cari! Makasih ❤️

Asha Yashifa

Mudah dimengerti

Epik Yuliastini

Pembahasan lengkap banget

NAYSEILA ELISYA RAMBU EMU SITEPU

Pembahasan tidak lengkap

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Minyak bumi merupakan sumber energi yang tidak terbarukan . Jelaskan maksud pernyataan tersebut !

32

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia