Roboguru

Metode pembuatan lubang pada dinding saluran perna...

Metode pembuatan lubang pada dinding saluran pernapasan untuk mempertahankan

jalan napas pada penderita difteri, disebut ....

  1. tubektomi

  2. trakeostomi

  3. ooforiektomi

  4. endoskopi

  5. laparoskopi

Jawaban:

frekuensi pernapasan adalah kecepatan pernapasan. Frekuensi pernapasan dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu:

  • Jenis kelamin → Kecepatan pernapasan pada wanita lebih tinggi daripada lakilaki. Hal ini disebabkan paru-paru pada laki-laki dewasa sehat rata-rata mampu menampung udara sekitar 5,7 liter, sedangkan pada wanita hanya sekitar 4,2 liter.
  • Umur → Bayi dan balita memiliki frekuensi pernapasan lebih banyak dibandingkan orang dewasa. Hal tersebut karena selsel tubuh sedang mengalami pertumbuhan sehingga membutuhkan lebih banyak oksigen, sedangkan volume paru-parunya relatif lebih kecil. Orang yang sudah tua juga memiliki frekuensi pernapasan lebih banyak karena kontraksi otot-otot pernapasan dan diafragma tidak sebaik pada saat masih muda sehingga udara pernapasan yang mampu dihirup berjumlah lebih sedikit.
  • Suhu tubuh → Perubahan suhu tubuh berkaitan dengan produksi panas dan pengeluaran panas yang berlebihan. Selama demam, metabolisme meningkat dan konsumsi oksigen bertambah. Metabolisme karbohidrat akan meningkat sekitar 1015% untuk setiap kenaikan suhu 1°C sehingga frekuensi jantung dan pernapasan akan meningkat untuk memenuhi kebutuhan metabolisme tubuh terhadap nutrisi dan oksigen.
  • Posisi dan aktivitas tubuh → Frekuensi pernapasan pada posisi tubuh berdiri lebih banyak daripada posisi duduk. Posisi tubuh berdiri menyebabkan otototot kaki berkontraksi untuk menjaga tubuh agar tetap tegak sehingga diperlukan energi dan oksigen yang akan berpengaruh pada peningkatan frekuensi pernapasan. Frekuensi pernapasan pada saat berlari lebih banyak dibandingkan pada saat diam (beristirahat).
  • Emosi, rasa sakit, dan ketakutan → Hal ini menyebabkan terjadinya impuls yang merangsang pusat pernapasan sehingga penghirupan udara semakin kuat.
  • Status kesehatan → Sistem kardiovaskuler dan pernapasan pada orang yang sehat mampu menyediakan oksigen yang cukup untuk memenuhi kebutuhan. Namun, adanya penyakit pada sistem tersebut berakibat terganggunya pengiriman oksigen ke selsel tubuh sehingga berpengaruh pula pada frekuensi pernapasan. 
  • Ketinggian tempat →  Tempat yang tinggi memiliki kadar oksigen yang rendah sehingga jumlah oksigen yang dihirup lebih sedikit. Hal ini menyebabkan sesak napas dan peningkatan frekuensi pernapasan.

Sehingga pilihan jawaban yang tepat adalah E.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved