Roboguru

Metode apa yang paling sesuai digunakan saat ceramah? Berikan alasanmu!

Pertanyaan

Metode apa yang paling sesuai digunakan saat ceramah? Berikan alasanmu!space 

Pembahasan Soal:

Ceramah adalah pembicaraan di depan umum yang berisi penyampaian suatu informasi, pengetahuan dan sebagainya.Ceramah juga mempunyai metode dalam penyampaiannya. Berikut beberapa metode yang digunakan untuk menyampaikan sebuah ceramah:

  1. Impromptu merupakan metode ceramah tanpa ada persiapan sebelumnya. Penceramah akan menyampaikan ceramah sesuai dengan apa yang dipikirkannya dan tidak ada bantuan dalam bentuk naskah atau apa pun.
  2. Menghafal adalah metode ceramah di mana sang penceramah sudah melakukan persiapan dan kemudian menghafal ceramah yang akan disampaikannya.
  3. Membaca naskah adalah metode ceramah dengan membaca naskah lengkap yang sebelumnya sudah dipersiapkan.
  4. Ekstemporan merupakan metode ceramah yang menuliskan pokok-pokok pikiran sebagai catatan pengingat. Catatan tersebut bisa digunakan sebagai panduan dari penceramah ketika menyampaikan ceramahnya.

Jadi, metode yang paling sesuai digunakan saat ceramah ialah metode ekstemporan. Hal ini karena penyampaian materi sistematis dan lengkap, dapat mengekspolrasi ekspresi, mendapat perhatian dari publik atau pendengar, dan pembicara nampak lebih lancar menyampaikan ceramah.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 05 Mei 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved