Roboguru

Pertanyaan

Perhatikan kutipan teks berikut ini!

Assalamualaikum warahmatullahi wabara­katuh

    Marilah kita panjatkan syukur kita kepada Allah Swt. atas berkah dan nikmat yang senantiasa Allah berikan kepada kita. Atas berkat rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat. Pada pagi ini saya akan menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan. Mengingat waktu yang tidak tertalu lama, izinkanlah saya menyampalkan uraian singkat ini.

    Teman-teman yang saya cintai,

    Sebagai pelajar, kita harus bisa menjaga kesehatan diri kita sendiri.  Kita dapat memulai dari hal-hal yang kecil, misalnya bangun pagi, mandi, lalu sarapan sebelum berangkat sekolah. Selain itu, kita perlu menerapkan gaya hidup sehat. Ada beberapa gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan tubuh kita, di antaranya rajin berolahraga. Kita harus berolahraga untuk mernbantu proses metabolisme di dalam tubuh sehingga zat-zat nutrisi yang ada di dalam tubuh bisa diserap secara maksimal. Berolahragalah dengan teratur minimal tiga kali seminggu sepertl joging, berenang, atau bersepeda. Gaya hidup sehat lainnya adalah menjaga pola makan. Makanlah makanan menu 4 sehat 5 sempurna karena tubuh kita memerlukan nutrisi, seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Jauhilah makanan yang tidak sehat, seperti junk food dan minuman beralkohol karena berbahaya bagi kesehatan. Jika kita terlalu sering memakan banyak junk food, seperti gorengan dan makanan tinggi lemak lainnya akan naiklah kadar kolestrol dalam darah dan dapat membuat kita terkena strok atau serangan jantung.

    Selanjutnya, kita harus menjaga kebersihan lingkungan sekitar karena lingkungan yang kotor merupakan sumber penyakit. Dengan menerapkan pola hidup seperti yang telah diuraikan tersebut, insyaallah kita akan menjadi sehat.

    Teman-teman yang tercinta,

    Sebelum saya mengakhiri ceramah ini, saya mengingatkan kembali kepada teman-teman, marilah kita menjaga kesehatan diri kita mulai dari sekarang. Jangan menunggu sampai penyakit menyerang kita karena ada pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Mulailah dengan melakukan pola hidup sehat dan teratur agar kesehatan kita tetap terjaga. Dengan badan yang sehat, kita bisa meraih masa depan kita.

    Demikianlah ceramah singkat yang dapat saya sampaikan. Semoga topik yang telah saya sampaikan ini berguna untuk kita. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam bertutur kata. Atas perhatian teman-teman, saya ucapkan terima kasih.

Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

(Diunduh dari: https:/www.kompasindoneesia.com2201503/contoh-tokspidato-bahasa-indesia-fentangng-kesehatan.html.diunduh 7 Februari 2020)


Bagian pengantar materi dalam teks ceramah tersebut terdapat pada pargraf ....undefined 

  1.  kesatuundefined

  2. keduaundefined

  3. ketigaundefined

  4. keempatundefined

  5. kelimaundefined

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Ceramah adalah pembicaraan di depan umum oleh ahli suatu bidang tertentu yang berisi informasi/pengetahuan tertentu dalam situasi tertentu, untuk tujuan tertentu, dan kepada pendengar tertentu. 

Teks ceramah memiliki beberapa struktur, yaitu

  1. Pendahuluan, terdiri dari pembuka dan pengantar menuju isi
  2. Isi ceramah, terdiri dari inti (uraian materi) dan gagasan pokok yang ingin disampaikan
  3. Penutup, terdiri dari simpulan, permintaan maaf, dan penutup

Pengantar menuju materi ceramah berisi penyampaian judul ceramah, tema materi yang akan dibahas, dan pentingnya materi tersebut. Penceramah juga dapat menyampaikan metode ceramah, kapan pendengar boleh mengajukan pertanyaan, dan bagaimana prosedur penyampaian pertanyaan. Pada teks ceramah di atas bagian pengantar tersebut berada pada paragraf kesatu yang ditandai dengan kalimat, "Pada pagi ini saya akan menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan".

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah A.undefined 

162

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Struktur bagian isi terdapat pada kalimat ….

5rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia