Roboguru

Menurut Selo Soemardjan, untuk menghadapi tantangan global, Indonesia membutuhkan unsur-unsur kepribadian, yaitu ....

Pertanyaan

Menurut Selo Soemardjan, untuk menghadapi tantangan global, Indonesia membutuhkan unsur-unsur kepribadian, yaitu ....space space

  1. senantiasa memperjuangkan haknya sebagai warga negaraspace space

  2. berperilaku sesuai nilai-nilai sosial dan kaidah-kaidah hukumspace space

  3. berusaha mencegah masuknya globalisasi dengan cara apa punspace space

  4. memilah pengetahuan yang penting bagi dirinya sebagai warna negaraspace space

  5. tidak perlu memiliki keahlian, yang terpenting adalah rasa kebangsaanspace space

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Poin pada soal adalah terait dengan pandangan tokoh sosiologi Selo Soemardjan mengenai gobalisasi. 

Konsep pada soal terkait dengan sikap yang perlu dimiliki oleh masyarakat di tengah globalisasi yang ada di lingkungan soal, yang mana globalisasi merupakan  proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Yang artinya dalam globalisasi merubah kehidupan masyarakat menjadi masyaralat yang semakin maju dan terbuka dengan pertukaran nilai dan norma yang ada dalam kehidupan masyarakat. Sehingga globalisasi membuat banyak sekali perubahan dan membuat masyarakat semakin kompleks dan heterogen. Hal itu membuat masyarakat banyak mendapatkan tantangan untuk dapat bertahan dan bersaing dalam era globalisasi, dari tantangan kondisi lingkungan yang semakin maju hingga dapat mendapatkan kehidupan yang layak dalam persaingan masyarakat. 

Untuk dapat mempertahankan kehidupan masyarakat diera globalisasi, menurut Selo Soemardjan masyarakat harus memiliki beberapa unsur kepribadian, yang artinya unsur kepribadian ini adalah berasal dari diri masyarakat itu sendiri untuk dapat betahan dalam globalisasi yang membawa banyak perubahan, dan dapat mempertahankan diri dalam bidang-bidang kehidupan. adapun unsur-unsurnya dalah sebagai berikut :

  1. Setiap individu harus mempunyai pengetahuan yang luas.
  2. Harus mempunyai keahlian.
  3. Mempunyai cita-cita hidup.
  4. Memiliki kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai warga negara.
  5. Berperilaku sesuai nilai-nilai sosial dan kaidah-kaidah hukum.
  6. Mempunyai kemampuan dan kebiasaan berpikir secara rasional.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Proses mendunia dalam segala aspek kehidupan manusia bisa berupa informasi, cara berpikir, tingkah laku, gaya hidup dan teknologi disebut...

Pembahasan Soal:

Globalisasi merupakan proses menyebarnya ilmu pengetahuan dan kebudayaan di berbagai penjuru dunia sehingga tidak ada lagi batas-batas yang jelas antar negara. Selo Soemardjan mendefinisikan globalisasi sebagai proses terbentuknya suatu komunikasi antara masyarakat satu dengan masyarakat yang lain yang berbeda di seluruh dunia sehingga memiliki tujuan untuk mengikuti kaidah baru yang sama.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah B. space

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan globalisasi?

Pembahasan Soal:

Globalisasi merupakan proses masuknya ke ruang lingkup global. Jadi globalisasi ini terjadi akibat meluasnya pengaruh ilmu pengetahuan ataupun kebudayaan ke seluruh penjuru dunia. Dapat diilustrasikan pada era saat ini semua menjadi mudah dan juga efisien. Kemudahan berkomunikasi semakin canggih akibat perkembangan teknologi. IPTEK berkontribusi besar membuat segala aspek kehidupan semakin mudah.space space

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan globalisasi?

Pembahasan Soal:

Istilah globalisasi diambil dari kata globalize atau global yang berarti umum atau universal, atau dalam bahasa inggrisnya globalization dari kata globe yang berarti dunia atau bumi.

Dan ization (dalam inggris) yang berarti proses atau sasi yang berarti proses sehingga ketika dua kata ini digabungkan maka diperoleh arti proses mendunia atau proses sesuatu yang mendunia.

Bisa diartikan juga sebagai proses penyebaran unsur baru baik berupa gaya hidup, informasi, pemikiran, maupun teknologi secara mendunia.

Menurut Drucker, globalisasi adalah sebuah istilah menyeluruh untuk berbagai proses yang berada di jantung ekonomi global, yaitu penyebaran komunikasi global secara instan, pertumbuhan perdagangan internasional yang cepat, dan pasar uang global (pasar perusahaan global)

Oleh karena itu, disimpulkan bahwa Globalisasi adalah proses mendunianya suatu hal sebagai proses penyebaran unsur baru di dunia.

Roboguru

Bagaimana pandangan para tradisionalis mengenai globalisasi?

Pembahasan Soal:

Terdapat 3 posisi teoritis terkait teori globalisasi yang dikemukakan oleh Cochrane dan Pain, yaitu; globalis, tradisionalis, dan transformasionalis.

Para traditionalis adalah salah satu posisi teoritis mengenai globalisasi. Menurut para traditionalis, globalisasi adalah sebuah mitos semata, atau jika memang ada, terlalu dibesar-besarkan. Mereka menunjuk bahwa kapitalisme telah menjadi sebuah fenomena internasional selama ini. Apa yang tengah kita alami saat ini merupakan tahap lanjutan atau evolusi dari produksi dan perdagangan kapital. 

Dengan melihat penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa para tradisionalis tidak percaya terhadap globalisasi, dan memandang globalisasi hanyalah mitos semata.space 

Roboguru

Pembaruan yang sudah tidak tampak lagi batas-batasnya disebut ....

Pembahasan Soal:

Globalisasi adalah suatu integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia. Fenomena ini melibatkan integrasi ekonomi, budaya, kebijakan pemerintah, teknologi, ilmu pengetahuan dan gerakan politik di seluruh dunia. Ini merupakan faktor utama dalam globalisasi yang semakin mendorong saling ketergantungan aktivitas ekonomi dan budaya. Globalisasi sendiri berarti arus global yang bersifat mendunia, tanpa dihalangi oleh batas wilayah.

Dengan demikian, Pembaruan yang sudah tidak tampak lagi batas-batasnya disebut dengan globalisasi.space space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved