Roboguru

Permasalahan yang dihadapi masyarakat global turut menumbuhkan sikap kepedulian global di beberapa negara salah satu contoh sikap tersebut ialah . . . .

Pertanyaan

Permasalahan yang dihadapi masyarakat global turut menumbuhkan sikap kepedulian global di beberapa negara salah satu contoh sikap tersebut ialah . . . . 

  1. memanfaatkan kendaraan pribadi daripada kendaraan umum

  2. mengurangi penggunaan plastik sebagai upaya memperingati hari antikantong plastik dunia

  3. melakukan eksploitasi sumber daya alam tanpa memperhatikan kelestariannya

  4. mengelola sumber daya alam untuk kepentingan bangsa sendiri

  5. membuang limbah industri ke sungai yang jauh dari permukiman penduduk

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Lingkungan merupakan tempat tinggal bagi kita semua yang ada di bumi baik itu manusia, hewan, dan tumbuhan. Namun beberapa manusia cenderung lalai melestarikan alam sebagai tempat tinggalnya sendiri sehingga terjadi masalah lingkungan yang berdampak bagi kehidupan manusia. Mengurangi penggunaan plastik merupakan salah satu sikap kepedulian, ketika sampah plastik terus digunakan akan berdamak buruk bagi kehidupan. Plastik merupakan sampah yang sulit terurai, ulah manusia ini berdampak fatal seperti pencemaran lingkungan, tercemarnya tanah, bencana banjir.space spaceJadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa yang dimaksud dengan globalisasi?

Pembahasan Soal:

Globalisasi merupakan proses masuknya ke ruang lingkup global. Jadi globalisasi ini terjadi akibat meluasnya pengaruh ilmu pengetahuan ataupun kebudayaan ke seluruh penjuru dunia. Dapat diilustrasikan pada era saat ini semua menjadi mudah dan juga efisien. Kemudahan berkomunikasi semakin canggih akibat perkembangan teknologi. IPTEK berkontribusi besar membuat segala aspek kehidupan semakin mudah.space space

0

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan globalisasi?

Pembahasan Soal:

Istilah globalisasi diambil dari kata globalize atau global yang berarti umum atau universal, atau dalam bahasa inggrisnya globalization dari kata globe yang berarti dunia atau bumi.

Dan ization (dalam inggris) yang berarti proses atau sasi yang berarti proses sehingga ketika dua kata ini digabungkan maka diperoleh arti proses mendunia atau proses sesuatu yang mendunia.

Bisa diartikan juga sebagai proses penyebaran unsur baru baik berupa gaya hidup, informasi, pemikiran, maupun teknologi secara mendunia.

Menurut Drucker, globalisasi adalah sebuah istilah menyeluruh untuk berbagai proses yang berada di jantung ekonomi global, yaitu penyebaran komunikasi global secara instan, pertumbuhan perdagangan internasional yang cepat, dan pasar uang global (pasar perusahaan global)

Oleh karena itu, disimpulkan bahwa Globalisasi adalah proses mendunianya suatu hal sebagai proses penyebaran unsur baru di dunia.

0

Roboguru

Era globalisasi dikenal dengan istilah global village. Apa yang dimaksud konsep global village? Jelaskan pendapat Anda!

Pembahasan Soal:

Global village artinya masyarakat dunia tergabung dalam satu wadah yang tidak lagi mengenal batasan wilayah. undefined

0

Roboguru

Keadaan di mana kita dengan mudah dapat menerima segala informasi dari luar yang menyebabkan seseorang tidak mungkin mengisolasi diri akibat kemajuan ilmu dan teknologi disebut ....

Pembahasan Soal:

Globalisasi adalah tersebar luasnya pengaruh ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang ada di setiap penjuru dunia ke penjuru dunia yang lain sehingga tidak jelas lagi batas-batas yang jelas dari suatu negara. Proses globalisasi ditandai dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga ia mampu mengubah dunia secara mendasar.undefined

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.undefined

0

Roboguru

Jelaskan pandangan Anda mengenai metafora globalisasi "Jaket Ikat Emas" (Golden Straightjacket) dari Thomas Friedman!

Pembahasan Soal:

Poin pada soal adalah terkait dengan teori yang ada dalam globalisasi menurut Thomas Friedman. 

Pda globalisasi dalam kehidupan masyarakat merupakan proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Dalam globalisasi membawa banyak sekali perubahan-perubahan dan kemajuan dalamkehidupan masyarakat dan mempengaruhi masyarakat yang bebas dan terbuka dengan pertukaran nilai dan norma serta kebudayaan yang ada dikehidupan masyarakat dan juga akan mempengaruhi perubahan  pada sistem-sistem kehidupan sosial. 

Dengan hal itu, banyak seklai tokoh sosiologi yang mengemukakan teori-teori globalisasi salah satunya adalah Thomas Friedman, yang mana menurutnya globalisasi adalah hal yang tidak dapat di hindari sehingga Thomas menulis tentang metafora globalisasi dengan teori jaket ikat emas (golden straightjacket) merupakan pandangan yang menyatakan bahwa globalisasi menawarkan kemakmuran bagi negara-negara yang memenuhi persyaratan.  Untuk masuk dalam Golden Straightjacket, sebuah negara harus mengadopsi aturan-aturan emas (golden rules).space spaceYang termasuk dalam aturan-aturan emas dari Thomas adalah sebagai berikut :

1. Membuat sektor swasta menjadi sektor utama mesin pertumbuhan ekonomi. 
2. Mempertahankan tingkat inflasi yang rendah dan stabilitas harga 
3. Meningkatkan ekspor
4. Deregulasi pasar modal dan perekonomian domestik. 

Artinya dalam teori ini globalisasi akan membawa banyak kemakmuran masyarakat dengan menggunakan aturan-aturan yang menguntungkan masyarakat lokal, dengan terbukanya globalisasi juga dapat menunjang dengan  adanya hubungan-hubungan internasional dengan memudahkan masyarakat dapat meningkatkan ekonomi suatu negara. space space space space spacespace space space space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved