Pertanyaan

Bacalah teks berikut dan cermati makna yang ada di dalamnya!


Dampak Kemacetan Lalu Lintas


    Di banyak kota besar, kemacetan lalu lintas di jalan raya menjadi persoalan yang pelik. Sebenarnya, ini merupakan yang tidak aneh. Meskipun demikian, kemacetan lalu lintas merupakan keadaan yang menjengkelkan kita sebagai pengguna jalan.

    Jika diperhatikan, pada waktu-waktu tertentu lalu lintas di jalan-jalan tampak macet. Pada pagi hari, kemacetan lalu lintas mulai terasa ketika warga masyarakat mulai berangkat ke tempat mereka bekerja dan para pelajar mulai berangkat ke sekolah. Pada siang hari kemacetan lalu lintas mencapai puncaknya.

    Banyak hal yang menjadi kemacetan lalu lintas. Pertama, adanya persilangan dengan jalan kereta api. Kedua, semakin banyak kendaraan yang berlalu lalang di jalan-jalan. Ketiga, banyak jalan digunakan sebagai parkir kendaraan dan sebagai tempat para pedagang kaki lima berjualan. Keempat, sering terjadi lampu lalu lintas mati. Kelima, sikap kurang terpuji pada pengemudi, seperti memberhentikan kendaraannya tidak pada tempatnya dan saling mendahului dengan kendaraan lainnya. Terakhir, polisi lalu lintas tidak tampak di tempat tugasnya, apalagi jika lampu lalu lintas mati. 

    Dengan demikian, akibat kemacetan lalu lintas pun muncul, seperti waktu yang terbuang percuma. Selain itu, bahan bakar juga terbuang percuma. Kemacetan lalu lintas juga dapat menyebabkan polusi udara dan suara. Bahkan, dapat mengakibatkan stres yang menyerang kesehatan rohani kita.

(Diolah dari sumber: http://www.jualbeliforum.com/sastra/276641-3-contoh-karangan-eksposisi.html#ixzz2N2WicJwq)undefined 

Menurut pendapatmu, teks “Dampak Kemacetan Lalu Lintas” berstrukturapa?Sebutkan alasan dan bagian-bagian yang membentuk struktur teks itu!

Menurut pendapatmu, teks “Dampak Kemacetan Lalu Lintas” berstruktur apa? Sebutkan alasan dan bagian-bagian yang membentuk struktur teks itu! 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

berikut adalah struktur dari teks "Dampak Kemacetan Lalu Lintas":

berikut adalah struktur dari teks "Dampak Kemacetan Lalu Lintas":

Pembahasan

Pembahasan

Teks di atas merupakan jenis teks eksposisi , yaitu teks yang berisi paragraf ataukarangan yang di dalamnya terkandung sejumlah pengetahuan dan informasi yang disajikan secara singkat,padat,akurat dan tentunya mudah untuk dipahami. Adapun struktur teks eksposisi adalah sebagai berikut: Tesis , yaitu pengenalan isu, masalah ataupun pandangan penulis secara umum tentang topik yang akan dibahas. Rangkaian argumen , pendapat atau argumen penulis berguna sebagai penjelasan dari tesis yang dijelaskan sebelumnya. Biasanya berisi fakta-fakta untuk memperkuat argumen-argumen penulis. Penegasan ulang , perumusan kembali secara ringkas. Biasanya bagian ini disebut dengan penutup atau simpulan. Dengan demikian, berikut adalah struktur dari teks "Dampak Kemacetan Lalu Lintas": Tesis, terdapat pada paragraf pertama kalimat pertama, yaitu pada kalimat Di banyak kota besar, kemacetan lalu lintas di jalan raya menjadi persoalan yangpelik . Rangkaian argumen, terdapat pada paragraf kedua dan paragraf ketiga. Pada paragraf kedua merupakan pendapat dari penulis mengenai kemacetan lalu lintas (tesis) dan pada paragraf ketiga terdapat fakta-fakta yang mendukung tesis/pendapat. Penegasan ulang, terdapat pada paragraf terakhir, yang mengulang tesis tetapi tidak secara langsung yaitu pada kalimat Dengan demikian, akibat kemacetan lalu lintas pun muncul, seperti waktu yangterbuang percuma....

Teks di atas merupakan jenis teks eksposisi, yaitu teks yang berisi paragraf atau karangan yang di dalamnya terkandung sejumlah pengetahuan dan informasi yang disajikan secara singkat, padat, akurat dan tentunya mudah untuk dipahami. Adapun struktur teks eksposisi adalah sebagai berikut:

  1. Tesis, yaitu pengenalan isu, masalah ataupun pandangan penulis secara umum tentang topik yang akan dibahas.
  2. Rangkaian argumen, pendapat atau argumen penulis berguna sebagai penjelasan dari tesis yang dijelaskan sebelumnya. Biasanya berisi fakta-fakta untuk memperkuat argumen-argumen penulis.
  3. Penegasan ulang, perumusan kembali secara ringkas. Biasanya bagian ini disebut dengan penutup atau simpulan.

Dengan demikian, berikut adalah struktur dari teks "Dampak Kemacetan Lalu Lintas":

  1. Tesis, terdapat pada paragraf pertama kalimat pertama, yaitu pada kalimat Di banyak kota besar, kemacetan lalu lintas di jalan raya menjadi persoalan yang pelik.
  2. Rangkaian argumen, terdapat pada paragraf kedua dan paragraf ketiga. Pada paragraf kedua merupakan pendapat dari penulis mengenai kemacetan lalu lintas (tesis) dan pada paragraf ketiga terdapat fakta-fakta yang mendukung tesis/pendapat.
  3. Penegasan ulang, terdapat pada paragraf terakhir, yang mengulang tesis tetapi tidak secara langsung yaitu pada kalimat Dengan demikian, akibat kemacetan lalu lintas pun muncul, seperti waktu yang terbuang percuma....undefined 

1rb+

Iklan

Pertanyaan serupa

Mandiri Pangan Dari Pekarangan Dan Teknologi Tepat Guna Gambar 3 Pemanfaatan Pekarangan Sumber http://malut.litbang.deptan.go.id Dengan berbagai teknologi intensifikasi sederhana, pek...

24

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia