Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks berikut dengan cermat, kemudian jawab pertanyaannya! Chairil Anwar Chairil Anwar adalah seorang penyair legendaris. Karyanya yang palingdikenal “Aku” dan “Senja di Pelabuhan Kecil”. Pengarang Indonesia ini dilahirkandi Medan pada tanggal 26 Juli 1922 dan meninggal di Jakarta, 28 April 1949. NamaChairil mulai dikenal dalam dunia sastra Indonesia setelah ia menulis puisi berjudulNisan pada tahun 1942. Pada saat itu dia baru berusia dua puluh tahun.Selainmenulis puisi, Chairil juga menjadi penyiar radio Jepang di Jakarta. Pada saat itu diajatuh cinta pada Sri Aryati dan hingga akhir hayatnya, penyair ini tidak memilikikeberanian untukmengungkapkannya. Semua karyanya diterbitkan dalambeberapa buku, yakni Deru Campur Debu (1949); Kerikil Tajam yang Terampas danyang Putus (1949); dan Tiga Menguak Takdir (1950,kumpulan puisi bersama AsrulSani dan Rivai Apin) . Sebagai penyair legendaris, karya-karyanya hingga kini terus diapresiasipembaca. Sajaknya yang berjudul “Krawang-Bekasi”, “Aku”, dan “Diponegoro”selalu dibacakan pada saat hari-hari bersejarah diIndonesia. Dalam sajak itu suaraperjuangan sangat kental. (Diolah dari sumber: www.biografi.rumus.web.id/biografi-chairil-anwar ) Menurutmu, termasuk jenis teks apakah teks "Chairil Anwar" tersebut?

Bacalah teks berikut dengan cermat, kemudian jawab pertanyaannya!


Chairil Anwar


     Chairil Anwar adalah seorang penyair legendaris. Karyanya yang paling dikenal “Aku” dan “Senja di Pelabuhan Kecil”. Pengarang Indonesia ini dilahirkan di Medan pada tanggal 26 Juli 1922 dan meninggal di Jakarta, 28 April 1949. Nama Chairil mulai dikenal dalam dunia sastra Indonesia setelah ia menulis puisi berjudul Nisan pada tahun 1942. Pada saat itu dia baru berusia dua puluh tahun. Selain menulis puisi, Chairil juga menjadi penyiar radio Jepang di Jakarta. Pada saat itu dia jatuh cinta pada Sri Aryati dan hingga akhir hayatnya, penyair ini tidak memiliki keberanian untuk mengungkapkannya. Semua karyanya diterbitkan dalam beberapa buku, yakni Deru Campur Debu (1949); Kerikil Tajam yang Terampas dan yang Putus (1949); dan Tiga Menguak Takdir (1950, kumpulan puisi bersama Asrul Sani dan Rivai Apin)

    Sebagai penyair legendaris, karya-karyanya hingga kini terus diapresiasi pembaca. Sajaknya yang berjudul “Krawang-Bekasi”, “Aku”, dan “Diponegoro” selalu dibacakan pada saat hari-hari bersejarah di Indonesia. Dalam sajak itu suara perjuangan sangat kental. 

(Diolah dari sumber: www.biografi.rumus.web.id/biografi-chairil-anwar)


Menurutmu, termasuk jenis teks apakah teks "Chairil Anwar" tersebut? 

  1. ...space 

  2. ...space 

Iklan

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dapat kita simpulkan bahwa teks “Chairil Anwar” termasuk dalam jenis teks biografi.

dapat kita simpulkan bahwa teks “Chairil Anwar” termasuk dalam jenis teks biografi. space space 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Teks “Chairil Anwar” ini menceritakan kehidupan seorang penyair legendaris Indonesia yaitu Chairil Anwar. Dalam teks ini dipaparkan karya-karya yang pernah ditulis Chairil Anwar semasa hidupnya. Teks yang mengisahkan tokoh atau pelaku, peristiwa, dan duduk kasus disebut dengan Teks Biografi . Teks biografi memuat identitas dan kejadian yang dialami seseorang, termasuk karya dan penghargaan yang diterima serta permasalahan yang dihadapinya. Dengan demikian, dapat kita simpulkan bahwa teks “Chairil Anwar” termasuk dalam jenis teks biografi.

Teks “Chairil Anwar” ini menceritakan kehidupan seorang penyair legendaris Indonesia yaitu Chairil Anwar. Dalam teks ini dipaparkan karya-karya yang pernah ditulis Chairil Anwar semasa hidupnya.

Teks yang mengisahkan tokoh atau pelaku, peristiwa, dan duduk kasus disebut dengan Teks Biografi. Teks biografi memuat identitas dan kejadian yang dialami seseorang, termasuk karya dan penghargaan yang diterima serta permasalahan yang dihadapinya.

Dengan demikian, dapat kita simpulkan bahwa teks “Chairil Anwar” termasuk dalam jenis teks biografi. space space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

6

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bacalah teks berikut dengan cermat, kemudian jawab pertanyaannya! Chairil Anwar Chairil Anwar adalah seorang penyair legendaris. Karyanya yang palingdikenal “Aku” dan “Senja di Pelabuhan Kec...

131

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia