Roboguru

Menurut Lamarck faktor yang berpengaruh pada evolusi organ adalah ....

Pertanyaan

Menurut Lamarck faktor yang berpengaruh pada evolusi organ adalah ....space 

  1. perubahan genspace 

  2. perubahan kromosomspace 

  3. lingkunganspace 

  4. seleksi alamspace 

  5. bastarspace 

Pembahasan Soal:

Lamarck mempunyai berpendapat bahwa perubahan sifat dan fungsi organ tubuh sebagai akibat adaptasi dengan lingkungannya akan diwariskan kepada keturunannya. Contonya terjadi pada tanduk rusa. Pada mulanya rusa tidak bertanduk, tetapi karena sering beradu kepala, akan tumbuh tanduk yang sekian lama semakin memanjang.space 

Oleh karena itu, pilihan jawaban yang benar adalah C.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Vardini

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada habitat padang rumput ditemukan dua jenis belalang, yaitu belalang hijau dan belalang coklat. Belalang hijau lebih mendominasi pada habitat tersebut. Bila mengikuti pendapat Lamarck, dominasi ter...

Pembahasan Soal:

Menurut Lamarck, proses evolusi terjadi karena hasil adaptasi makhluk hidup terhadap lingkungannya. Berarti yang tadinya belalang berwarna coklat beradaptasi menjadi warna hijau karena lingkungan padang rumputnya yang berwarna hijau. Hal ini supaya tidak mudah terlihat dan dimangsa oleh predator.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Jelaskan perbedaan mekanisme evolusi Charles Darmin dan JB Lamarck dalam memaparkan proses evolusi yang terjadi pada kupu-kupu Biston!

Pembahasan Soal:

Teori evolusi menurut Darwin menyatakan bahwa evolusi terjadi karena makhluk hidup mengalami seleksi alam, sedangkan teori evolusi menurut Lamarck menyatakan bahwa evolusi terjadi karena makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungan. Berdasarkan teori tersebut, perbedaan dalam pemaparan proses evolusi yang terjadi pada kupu-kupu Biston adalah sebagai berikut.

  1. Menurut Darwin: sebelum revolusi industri, terdapat kupu-kupu Biston berwarna cerah dan berwarna gelap dengan jumlah kupu-kupu Biston berwarna cerah lebih banyak daripada yang berwarna gelap. Namun, setelah revolusi industri, keadaan di lingkungan sekitarnya tertutup oleh jelaga sehingga berwarna gelap (hitam). Kupu-kupu Biston yang berwarna cerah lama-kelamaan jumlahnya semakin berkurang karena lebih mudah terlihat oleh mangsanya. Namun sebaliknya, kupu-kupu Biston berwarna gelap tidak mudah terlihat oleh mangsanya sehingga tetap hidup, berkembang biak, dan jumlahnya semakin bertambah.
  2. Menurut Lamarck: sebelum revolusi industri, kupu-kupu Biston memiliki sayap berwarna cerah. Namun, setelah revolusi industri, warna sayap kupu-kupu Biston lama-kelamaan berubah menjadi gelap karena mengikuti keadaan lingkungannya yang tertutup oleh jelaga (berwarna gelap). Dengan demikian, kupu-kupu Biston yang sudah berwarna gelap menjadi tidak terlihat oleh mangsanya dan berkembang biak sehingga sifat sayap berwarna gelap diwariskan pada keturunannya.space space 

0

Roboguru

Berikut ini yang bukan merupakan pengertian teori evolusi Lamarck mengenai leher jerapah, kecuali

Pembahasan Soal:

Jalan Baptis Lamark berpendapat bahwa evolusi terjadi karena makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungannya. Beberapa poin dari teori Lamarck adalah:

  1. Alam atau lingkungan mempunyai pengaruh pada ciri-ciri yang diwariskan
  2. Prinsip use and disuse menyatakan bahwa organ atau bagian tubuh yang digunakan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya akan berkembang dengan baik sehingga akan menjadi lebih kuat dan besar. Sementara itu, bagian tubuh yang tidak digunakan akan mengalami kemunduran sehingga menyusut menjadi lebih kecil.
  3. Sifat yang didapat karena terbentuk oleh lingkungan selama hidupnya akan diwariskan kepada keturunannya.

Lamark menjelaskan tentang evolusi jerapah, bahwa nenek moyang jerapah adalah jerapah yang berleher pendek pemakan daun-daunan di pohon. Untuk mencapai daun-daun yang tinggi jerapah berleher pendek harus meregangkan dan memanjangkan lehernya sehingga lehernya semakin panjang. Sifat leher panjang diwariskan kepada keturunannya dan proses ini terus berlanjut hingga sekarang sehingga semua jerapah yang hidup saat ini berleher panjang.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined

0

Roboguru

Persamaan teori evolusi menurut Darwin dan Lamarck adalah evolusi terjadi karena adanya  ....

Pembahasan Soal:

Perbedaan teori evolusi Darwin dan Lamarck terletak pada cara bagaimana evolusi itu bekerja. Menurut Darwin, evolusi terjadi melalui proses seleksi alam, sedangkan menurut Lamarck, evolusi terjadi pada organisme yang beradaptasi dengan lingkungannya dan kemudian perubahan organ hasil adaptasi tersebut akan diwariskan kepada keturunannya. Walaupun memiliki perbedaan, keduanya sepakat bahwa proses evolusi terjadi karena adanya pengaruh dari lingkungan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined

0

Roboguru

Perbedaan konsep dalam teori evolusi Lamarck dan teori evolusi Darwin adalah....

Pembahasan Soal:

Evolusi merupakan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dalam waktu yang sangat lama. Ada beberapa teori yang dikemukakan oleh para ahli tentang evolusi. Menurut Lamarck, proses evolusi terjadi karena hasil adaptasi makhluk hidup terhadap lingkungannya. Sedangkan menurut Darwin, proses evolusi terjadi karena adanya seleksi alam. Kedua teori ini memiliki perbedaan yang dapat dipahami melalui cara mereka berdua menjelaskan evolusi yang terjadi pada jerapah. Darwin dan Lamarck memiliki pandangan berbeda tentang pembentukan spesies pada jerapah.space 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved