Roboguru

Mengapa taman laut terumbu karang umumnya terdapat di laut dangkal ?

Pertanyaan

Mengapa taman laut terumbu karang umumnya terdapat di laut dangkal ? 

  1. terumbu karang dapat hidup di laut dangkal 

  2. laut dangkal merupakan tempat tinggal ikan 

  3. suhu air di Iaut dangkal selalu hangat 

  4. tumbuhan laut hidup subur di laut dangkal 

  5. sinar matahari dapat menembus sampai dasar laut 

Pembahasan Soal:

Terumbu karang merupakan ekosistem penting di daerah pesisir perairan tropis. Ekosistem terumbu karang sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor lingkungan laut seperti tingkat kejernihan air, arus, salinitas dan suhu. Tingkat kejernihan air dipengaruhi oleh partikel tersuspensi antara lain akibat dari pelumpuran dan ini akan berpengaruh terhadap jumlah cahaya yang masuk ke dalam laut, sementara cahaya sangat diperlukan oleh zooxanthella untuk fotosintetis dan hidup di dalam jaringan tubuh binatang pembentuk terumbu karang. Suhu laut optimum bagi kehidupan terumbu karang adalah antara 26 ⁰-28 ⁰C, kenaikan atau penurunan suhu dalam waktu yang relatif lama dapat mengakibatkan kematian hewan karang.  Oleh karena itu, ekosistem terumbu karang umumnya terdapat di laut dangkal karena sinar matahari masih menembus sampai dasar laut. 

Berdasarkan penjelasan di atas, jawaban yang paling tepat adalah E. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Bryando

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jika kondisi lingkungan baik dan beragam, kebutuhan makhluk hidup termasuk manusia semakin terpenuhi karena ....  habitat setiap komunitas semakin seimbang  ada alternatif untuk memenuhi kebutuhan...

Pembahasan Soal:

Setiap lokasi atau tempat di muka bumi ini mempunyai kualitas lingkungan yang berbeda-beda. Untuk dapat mengidentifikasi kualitas lingkungan hidup pada suatu wilayah maka kualitas lingkungan tersebut dapat ditelaah dengan kriteria biofisik, sosial, ekonomi, dan budaya.

  • Kualitas lingkungan hidup berdasarkan keadaan biofisik dapat diketahui dengan menganalisis keadaan lingkungan fisik di alam sekitar. Kondisi lingkungan yang baik adalah ketika pemanfaatan lingkungan dilakukan dengan maksimal dan habitat setiap komunitas semakin seimbang.
  • Kualitas lingkungan hidup dapat terwujud dengan baik apabila peran serta manusia dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup juga berjalan dengan baik. Kondisi lingkungan yang baik juga ditunjukkan dengan tersedianya alternatif untuk memenuhi kebutuhan manusia karena beragam pilihan yang tersedia di alam. 
  • Pencemaran lingkungan dapat diatasi apabila manusia dapat menjaga kualitas lingkungan dengan baik. Menjaga kebersihan, ketertiban, keteraturan, dan keseimbangan lingkungan hidup berarti menjaga kualitas lingkungan secara ekonomi. Hal ini dapat ditunjukkan dengan sumber daya alam yang semakin bervariasi akibat dari keseimbangan lingkungan. 
  • Kemajuan teknologi sangat membantu manusia untuk menunjang pemenuhan kebutuhan hidup seperti mengolah sumber daya alam. Kualitas lingkungan yang berbudaya merupakan kerja sama yang harmonis, antara manusia, teknologi , dan lingkungan hidup.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E karena semua jawaban benar. 

Roboguru

Makna yang terkandung dalam pernyataan menjaga keberlangsungan dan kelestarian sumber daya alami adalah.... perlindungan terhadap sistem penyangga kehidupan. pemeliharaan keanekaragaman sumber day...

Pembahasan Soal:

Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar kita. Lingkungan terbagi menjadi dua yaitu lingkungan alam dan lingkungan buatan. Lingkungan alami terdiri dari unsur biotik dan abiotik yang terbentuk melalui proses alami, unsur abiotik diantaranya sumber daya alami. Sumber daya alam perlu dijaga keberlangsungan dan kelestariannnya. Hal tersebut memiliki makna perlindungan terhadap sistem penyangga kehidupan, pemeliharaan keanekaragaman sumber daya alam ekosistem dan pemanfaatan secara lestari sumber daya alam dan ekosistemnya. Maka jawaban yang benar poin 1,2 dan 3.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Pembukaan lahan tambang di daerah pesisir dapat menimbulkan kerusakan terumbu karang karena ...

Pembahasan Soal:

Pembukaan lahan tambang di daerah pesisir dapat menimbulkan dampak negatif salah satunya yaitu kerusakan terumbu karang, hal ini dikarenakan pembukaan lahan tambang tersebut akan meningkatkan suhu air laut. Kondisi tersebut terjadi oleh perubahan kondisi lingkungan dan aktivitas yang terus meningkat, serta limbah hasil tambang yang dihasilkan secara langsung memengaruhi naiknya suhu udara, kemudian akan ikut menaikkan suhu permukaan air laut.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. 

Roboguru

Proses eutrofikasi yang terjadi di laut mengakibatkan air laut ...

Pembahasan Soal:

Eutrofikasi adalah pencemaran air yang disebabkan oleh banyaknya nutrisi  yang berlebihan dari limbah yang berasal dari daratan ke laut. Hal tersebut mengakibatkan meningkatnya unsur fosfat dan menurunkan kadar O2 di laut.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. 

Roboguru

Perbedaan ekosistem mangrove di pesisir barat dan timur Sumatera disebabkan oleh ...

Pembahasan Soal:

Ekosistem hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di daerah pasang surut, terutama di pantai yang terlindung, laguna dan muara sungai yang tergenang pada saat pasang dan bebas dari genangan pada saat surut yang komunitas tumbuhannya bertoleransi terhadap garam. Ekosistem mangrove merupakan ekosistem yang khas untuk daerah tropis dan sub tropis, terdapat di derah pantai yang berlumpur dan airnya tenang (gelombang laut tidak besar). 
Karakteristik pesisir barat sumatera memiliki gelombang besar pada pesisir barat dan pada pesisir timur memiliki gelombang kecil. Gelombang
dan arus dapat merubah struktur dan fungsi ekosistem mangrove. Pada lokasi-lokasi yang memiliki gelombang dan arus yang cukup besar dan kuat menyebabkan pengurangan luasan hutan mangrove karena tingginya abrasi..

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved