Iklan

Iklan

Pertanyaan

Mengapa setelah melakukan aktivitas fisik yang keras tubuh terasa Ielah? Bagaimana cara menghilangkannya?

Mengapa setelah melakukan aktivitas fisik yang keras tubuh terasa Ielah? Bagaimana cara menghilangkannya?

Iklan

R. Nurani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Saat kita melakukan aktivitas yang berat, kita memerlukan asupan oksigen yang banyak untuk membantu metabolisme sel otot, sehingga seringkali sel otot menjadi kekurangan oksigen dan melangsungkan respirasi anaerob. Hasil samping dari respirasi anaerob adalah asam laktat.Penumpukan asam laktat inilah yang membuat otot kita terasa lelah. Cara mengurangi penumpukan asam laktat Jika dirasa sudah sangat letih, beristirahat agar asupan oksigen tidak terhambat dan dapat memecah penumpukan asam laktat. Banyak minum sehingga akan memperbanyak asupan oksigen, asupan oksigen inilah yang akan memcah asam laktat yang kemudian mengubah pernafasan kejalur aerob sehingga energi yang dihasilkan menjadi lebih banyak dan asam laktat bisa terurai. Mengoleskan sesuatu yang hangat atau mengurut bagian yang terasa pegal dengan balsam, untuk melancarkan peredaran darah yang membawa oksigen, sehingga asam laktat bisa terurai.

Saat kita melakukan aktivitas yang berat, kita memerlukan asupan oksigen yang banyak untuk membantu metabolisme sel otot, sehingga seringkali sel otot menjadi kekurangan oksigen dan melangsungkan respirasi anaerob. Hasil samping dari respirasi anaerob adalah asam laktat. Penumpukan asam laktat inilah yang membuat otot kita terasa lelah. 

Cara mengurangi penumpukan asam laktat

  1. Jika dirasa sudah sangat letih, beristirahat agar asupan oksigen tidak terhambat dan dapat memecah penumpukan asam laktat.
  2. Banyak minum sehingga akan memperbanyak asupan oksigen, asupan oksigen inilah yang akan memcah asam laktat yang kemudian mengubah pernafasan kejalur aerob sehingga energi yang dihasilkan menjadi lebih banyak dan asam laktat bisa terurai.
  3. Mengoleskan sesuatu yang hangat atau mengurut bagian yang terasa pegal dengan balsam, untuk melancarkan peredaran darah yang membawa oksigen, sehingga asam laktat bisa terurai.

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan sumber energi berikut ini ! ATP Glukosa Keratin fosfat Glikogen Asam piruvat Lipid Sumber energi kontraksi otot ditunjukan oleh nomor….

27

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia