Iklan

Iklan

Pertanyaan

Mengapa senyawa ion mudah larut di dalam air dibandingkan senyawa kovalen?

Mengapa senyawa ion mudah larut di dalam air dibandingkan senyawa kovalen?space 

Iklan

Q. 'Ainillana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

senyawa ion mudah larut dalam air dibandingkan senyawa kovalen karena senyawa ion terurai menjadi ion positif dan ion negatif dalam air .

senyawa ion mudah larut dalam air dibandingkan senyawa kovalen karena senyawa ion terurai menjadi ion positif dan ion negatif dalam air.space 

Iklan

Pembahasan

Senyawa ion mudah larut dalam air dibandingkan senyawa kovalen karena senyawa ion terurai menjadi ion positif dan ion negatif dalam air. Proses pelarutan atau biasa disebut dengan solvasi adalah proses dimana ion dan molekul dikelilingi oleh molekul pelarut. Faktor yang dapat mempengaruhi solvasi adalah sifat zat terlarut dan sifat zat pelarut, dimana zat yang bersifat polar akan larut dalam pelarut polar. Air merupakan pelarut polar, sedangkan senyawa ion terdiri dari ion-ion yang jika dilarutkan dalam air akan terurai oleh molekul air yang memiliki polar (kutub) positif dan negatif. Dalam hal ini terjadi interaksi antara ion positif senyawa ion dengan kutub negatif molekul air, dan sebaliknya. Oleh karena itu, senyawa ion lebih mudah larut di dalam air dibandingkan senyawa kovalen. Dengan demikian, senyawa ion mudah larut dalam air dibandingkan senyawa kovalen karena senyawa ion terurai menjadi ion positif dan ion negatif dalam air .

Senyawa ion mudah larut dalam air dibandingkan senyawa kovalen karena senyawa ion terurai menjadi ion positif dan ion negatif dalam air.

Proses pelarutan atau biasa disebut dengan solvasi adalah proses dimana ion dan molekul dikelilingi oleh molekul pelarut. Faktor yang dapat mempengaruhi solvasi adalah sifat zat terlarut dan sifat zat pelarut, dimana zat yang bersifat polar akan larut dalam pelarut polar.

Air merupakan pelarut polar, sedangkan senyawa ion terdiri dari ion-ion yang jika dilarutkan dalam air akan terurai oleh molekul air yang memiliki polar (kutub) positif dan negatif. Dalam hal ini terjadi interaksi antara ion positif senyawa ion dengan kutub negatif molekul air, dan sebaliknya. Oleh karena itu, senyawa ion lebih mudah larut di dalam air dibandingkan senyawa kovalen.

Dengan demikian, senyawa ion mudah larut dalam air dibandingkan senyawa kovalen karena senyawa ion terurai menjadi ion positif dan ion negatif dalam air.space 

Latihan Bab

Pendahuluan Ikatan Kimia

Teori Ikatan Lewis

Ikatan Ion

Ikatan Kovalen

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

591

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Hal yang benar mengenai ikatan ion adalah ...

2rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia