Iklan

Iklan

Pertanyaan

Mengapa peta dan penginderaan jauh sangat diperlukan dalam pembangunan dan pengembangan jaringan transportasi di Indonesia?

Mengapa peta dan penginderaan jauh sangat diperlukan dalam pembangunan dan pengembangan jaringan transportasi di Indonesia?space 

Iklan

A. Bryando

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Peta dapat diartikan sebagaigambaran atau bentuk permukaan bumi yang disajikandengan bidang datar dengan skala tertentu, sedangkan penginderaan jauh dapat diartikan sebagai ilmu dan seni untuk memperoleh informasi mengenai suatu objek, wilayah serta gejala yang diperoleh dari jarak jauh. Pemanfaatan peta dan penginderaan jauh terbagi menjadi beberapa bidang seperti hidrologi, oseanografi, transportasi, geomorfologi, geologidan lain sebagainya. Untuk merencanakan pembangunan dan pengembangan jaringan transportasi di Indonesia memerlukan peta dan penginderaan jauh. Hal ini dikarenakan dalam pemanfaatan penginderaan jauh kita dapat mengamati keadaan lingkungan, berupa relief atau bentukan permukaan bumi disuatu wilayah, dalam hal ini diperlukan analisis kesesuaian untuk membangun serta merencanakan sistem yang diperlukan dalam bidang transportasi di Indonesia. Contoh pemanfaatan peta dan penginderaan jauh pada bidang transportasi adalah pembangunan dan perencanaan jaringan rute transportasi, jaringan rute angkutan umum, perencanaan pembangunan bandar udara & pelabuhan, dan lain sebagainya.

Peta dapat diartikan sebagai gambaran atau bentuk permukaan bumi yang disajikan dengan bidang datar dengan skala tertentu, sedangkan penginderaan jauh dapat diartikan sebagai ilmu dan seni untuk memperoleh informasi mengenai suatu objek, wilayah serta gejala yang diperoleh dari jarak jauh. Pemanfaatan peta dan penginderaan jauh terbagi menjadi beberapa bidang seperti hidrologi, oseanografi, transportasi, geomorfologi, geologi dan lain sebagainya. 

Untuk merencanakan pembangunan dan pengembangan jaringan transportasi di Indonesia memerlukan peta dan penginderaan jauh. Hal ini dikarenakan dalam pemanfaatan penginderaan jauh kita dapat mengamati keadaan lingkungan, berupa relief atau bentukan permukaan bumi disuatu wilayah, dalam hal ini diperlukan analisis kesesuaian untuk membangun serta merencanakan sistem yang diperlukan dalam bidang transportasi di Indonesia. Contoh pemanfaatan peta dan penginderaan jauh pada bidang transportasi  adalah pembangunan dan perencanaan jaringan rute transportasi, jaringan rute angkutan umum, perencanaan pembangunan bandar udara & pelabuhan, dan lain sebagainya.

Latihan Bab

Ruang Lingkup Pemanfaatan Peta, Penginderaan Jauh, dan SIG

Interpretasi Peta dan Citra Penginderaan Jauh

Analisis Keruangan SIG

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Andini Larisa Putri

Mudah dimengerti

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan citra berikut! Citra tersebut dapat dimanfaatkan untuk keperluan transportasi...

300

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia