Roboguru

Mengapa penemuan baru dan konflik dapat memengaruhi perubahan sosial di masyarakat ?

Pertanyaan

Mengapa penemuan baru dan konflik dapat memengaruhi perubahan sosial di masyarakat ?space space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Penemuan baru dan konflik merupakan beberapa faktor penyebab terjadinya perubahan sosial.

Pada dasarnya manusia ingin terus berkembang dan berinovasi untuk menemukan sesuatu yang baru.  Penemuan baru tersebut diciptakan untuk membantu pekerjaan manusia agar lebih mudah, cepat, dan efisien. Misalnya saja penemuan baru berupa teknologi yaitu smartphone. Dengan adanya smartphone tentu memudahkan manusia untuk saling berinteraksi. Informasi juga lebih mudah dan cepat untuk disampaikan, karena smartphone dapat digunakan untuk mengirim dan menerima gambar maupun video. Hal tersebut tentu memengaruhi kehidupan masyarakat dalam berbagai aspek, juga mengakibatkan perubahan perilaku dan kebiasaan masyarakat. Masyarakat yang semula berdagang di warung atau toko, kini sudah bisa memasarkan dagangannya melalui gambar yang dikirimkan melalui smartphone.

Perubahan sosial tidak serta merta terjadi begitu saja, melainkan diperlukan agent of change yang berperan sebagai penggerak atau actor untuk perubahan yang terjadi di masyarakat. Perubahan sosial sebagai akibat dari adanya konflik sosial antar anggota masyarakat maupun konflik antar kelompok dengan kelompok lainnya. Dengan adanya konflik antar dua kubu tersebut maka akan mengakibatkan perubahan sosial karena adanya kompromi antara pihak yang berkonflik. Kelompok-kelompok yang berkonflik tersebut dapat dikatakan sebagai aktor dari perubahan sosial. Konflik merupakan gejala social yang serba hadir dalam kehidupan sosial, dapat terjadi dimana saja dan kapan saja.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perubahan sosial dapat terjadi karena ....

Pembahasan Soal:

Menurut J.L Gillin dan J.P Gillin, perubahan sosial merupakan variasi dari cara-cara atau mode hidup yang telah diterima, bisa karena perubahan kondisi geografis, komposisi penduduk atau ideologi, maupun disebabkan oleh difusi atau penemuan-penemuan baru dalam kelompok.undefined

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.undefined

0

Roboguru

Menurut Anda, dapatkah perubahan sosial dihentikan dalam kehidupan masyarakat?

Pembahasan Soal:

Poin soal adalah bisa atau tidaknya perubahan sosial dihentikan dalam kehidupan masyarakat.

Perubahan sosial tidak dapat dihentikan dalam kehidupan masyarakat, selain karena sifat masyarakat yang dinamis, perubahan sosial akan terus berlangsung karena adanya faktor internal (dalam masyarakat) dan faktor eksternal (dari luar masyarakat). Faktor internal penyebab perubahan sosial terus berlangsung, antara lain:

  1. Perubahan jumlah penduduk, bertambah atau berkurangnya penduduk dalam suatu wilayah menyebabkan terjadinya perubahan sosial, baik di daerah tujuan maupun daerah yang ditinggalkan.
  2. Penemuan baru, hal ini sangat memengaruhi perubahan atau perkembangan masyarakat.
  3. Konflik sosial, terjadinya konflik sosial dapat mendorong terjadinya perubahan sosial di masyarakat karena terciptanya tatanan sosial baru.

Sedangkan, faktor eksternal perubahan sosial, antara lain:

  1. Perubahan lingkungan alam, terjadi akibat bencana alam sehingga memaksa manusia untuk mengungsi atau berpindah tempat.
  2. Peperangan, peperangan yang dimenangkan oleh pihak lawan menyebabkan terjadinya perubahan sosial di wilayah yang mengalami kekalahan.
  3. Pengaruh budaya masyarakat lain, masuknya budaya asing melalui proses pertukaran budaya maupun media massa dapat memengaruhi eksistensi budaya asli di suatu wilayah.

Dengan demikian, perubahan sosial tidak dapat dihentikan dalam kehidupan masyarakat karena adanya faktor internal (dinamika penduduk, penemuan baru, dan konflik sosial) dan eksternal (perubahan lingkungan alam, peperangan, dan pengaruh budaya masyarakat lain). 

0

Roboguru

Manakah dari pernyataan di atas yang merupakan faktor endogen perubahan sosial ?

Pembahasan Soal:

Penyebab perubahan sosial sendiri dibagi menjadi dua, yaitu yang berasal dari dalam masyarakat dan dari luar masyarakat. Faktor endogen perubahan sosial adalah faktor - faktor yang berasal dari dalam masyarakat yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial. Ada beberapa faktor penyebab perubahan sosial secara internal dalam masyarakat, antara lain:

  1. Perubahan penduduk: Perubahan penduduk yang ditandai dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk pada suatu daerah akan mengakibatkan keramahtamahan semakin menurun, kelompok sekunder akan bertambah banyak, struktur kelembagaan menjadi lebih rumit, dan bentuk-bentuk perubahan yang lainnya.
  2. Penemuan Baru: Adanya penemuan baru juga dapat memengaruhi terjadinya perubahan sosial. Penemuan baru ini bisa berupa alat, gagasan, atau rangkaian ciptaan. Penemuan yang benar-benar baru disebut discovery. Sedangkan penemuan baru apabila telah diterima dan diakui masyarakat disebut invention.

  3. Konflik dalam masyarakat: Konflik yang terjadi di dalam masyarakat dapat terjadi antarindividu, antarkelompok, antar individu dengan kelompok, dan antargenerasi. Sebagai proses sosial, konflik memang merupakan proses disosiatif, namun munculnya konflik ini tidak selalu berakibat negatif.

Jadi, berdasarkan penjelasan tersebut maka jawaban yang tepat adalah B.undefined

0

Roboguru

Faktor-faktor dibawah ini merupakan penyebab perubahan sosial, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Menurut Horton (2000), faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan sosial terdiri atas :undefined

  1. Faktor internal, yaitu kondisi atau perkembangan yang terjadi dalam lingkungan masyarakat yang bersangkutan yang mendorong perubahan sosial. Faktor-faktor ini yang mencakup faktor demografis (kependudukan), adanya penemuan baru, serta adanya konflik internal dalam masyarakat.undefined
  2. Faktor eksternal, yaitu kondisi atau perkembangan yang terjadi di luar lingkungan masyarakat yang bersangkutan, tetapi secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi perubahan sosial dalam masyarakat yang bersangkutan. Dalam faktor eksternal, yang terpenting di antaranya adalah pengaruh lingkungan alam, pengaruh unsur kebudayaan maupun aktualisasi, dan adanya peperangan.undefined

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined

1

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! (1) Perubahan faktor demografi, yaitu bertambah dan berkurangnya penduduk (2) Penemuan-penemuan baru, baik ide-ide baru atau alat-alat baru (3) Pertentangan kelompok ...

Pembahasan Soal:

Perubahan sosial dapat terjadi karena faktor internal. Maksudnya, perubahan sosial dapat terjadi karena adanya gejolak dan situasi dalam masyarakat yang mendorong terjadinya perubahan. Perubahan faktor demografi yang terjadi melalui bertambah dan berkurangnya penduduk misalnya. Perubahan demografi akan mendorong perubahan sosial, seperti terjadinya perubahan persaingan lapangan kerja yang semakin sengit hingga meningkatknya tingkat kepadatan penduduk. Penemuan-penemuan baru baik ide ataupun alat juga dapat mendorong terjadinya perubahan sosial. Penemuan teknologi mengakibatkan peningkatan efektivitas dan efisiensi aktivitas dalam masyarakat. Perubahan sosial pun akan cepat terlaksana. Kemudian, pertentangan kelompok aliran tertentu juga berdampak pada perubahan sosial yang sifatnya negatif. Kasus konflik agama di Poso beberapa tahun yang lalu misalnya. Konflik yang terjadi menimbulkan kerusuhan dalam kota hingga berdampak pada meningkatnya sentimen antar kelompok agama berbeda hingga skala nasional.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat ditunjukkan oleh pernyataan pada nomor 1, 2, dan 3. Sementara itu, pernyataan nomor 4 dan 5 termasuk faktor penyebab perubahan sosial yang berasal dari luar masyarakat (faktor eksternal).

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved