Roboguru

Perubahan sosial dapat terjadi karena ....

Pertanyaan

Perubahan sosial dapat terjadi karena ....

  1. perubahan struktur, discovery, dan inventionundefined

  2. perubahan seni dan budayaundefined

  3. perubahan pendukung kebudayaanundefined

  4. perubahan jumlah pendudukundefined

  5. perpindahan pendudukundefined

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Menurut J.L Gillin dan J.P Gillin, perubahan sosial merupakan variasi dari cara-cara atau mode hidup yang telah diterima, bisa karena perubahan kondisi geografis, komposisi penduduk atau ideologi, maupun disebabkan oleh difusi atau penemuan-penemuan baru dalam kelompok.undefined

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Saputri

Terakhir diupdate 25 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial, baik dari dalam masyarakat maupun dari luar masyarakat. Jelaskan faktor-faktor penyebab tersebut!

Pembahasan Soal:

Poin soal adalah faktor penyebab perubahan sosial.

Perubahan sosial pada masyarakat disebabkan oleh beberapa faktor penyebab, baik dari dalam masyarakat (internal) dan luar masyarakat (eksternal). Faktor internal penyebab perubahan sosial, antara lain:

  1. Dinamika penduduk. Dinamika penduduk berkaitan dengan perpindahan penduduk dari satu wilayah ke wilayah lainnya dan pertumbuhan jumlah penduduk (jumlah kelahiran, jumlah kematian, dan jumlah penduduk usia produktif). Perpindahan dan pertumbuhan penduduk menyebabkan perubahan sosial pada berbagai bidang kehidupan, seperti ekonomi, politik, pendidikan, dan sebagainya.
  2. Penemuan baru. Munculnya penemuan-penemuan baru sangat memengaruhi perubahan yang terjadi di masyarakat, contohnya penemuan internet membuat masyarakat lebih mudah dalam mengakses informasi dan melakukan aktivitas sehari-hari, seperti komunikasi jarak jauh, belanja online, pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19, dan sebagainya.
  3. Konflik dalam masyarakat. Konflik menyebabkan ratusan orang terluka bahkan meninggal, pengungsian terjadi secara besar-besaran, dan situasi sosial politik yang kacau. Oleh karena itu, konflik dapat mendorong terjadi perubahan sosial di masyarakat.
  4. Terjadinya pemberontakan dan revolusi dalam masyarakat. Terjadinya pemberontakan diawali dengan adanya ketidakpuasan sebagian masyarakat. Ketidakpuasan ini diarahkan pada sistem kekuasaan yang dianggap tidak cocok sehingga mendorong untuk keluar dan membuat sistem kekuasaan yang berbeda. Adanya revolusi akan membawa perubahan-perubahan besar dalam tatanan sosial masyarakat, seperti Reformasi tahun 1998.

Sedangkan, faktor eksternal perubahan sosial, antara lain:

  1. Lingkungan alam yang berubah. Terjadinya bencana alam menyebabkan kondisi alam berubah sehingga memunculkan perubahan sosial pada masyarakat yang terdampak, seperti korban bencana banjir yang tinggal di tenda pengungsian sehingga harus menyesuaikan diri dengan lingkungan fisik maupun sosial.
  2. Peperangan. Peperangan yang dimenangkan oleh pihak lawan dapat menyebabkan terjadinya perubahan sosial di wilayah yang mengalami kekalahan.
  3. Pengaruh budaya asing. Masuknya pengaruh budaya asing ke suatu daerah melalui proses pertukaran budaya maupun media massa dapat memengaruhi budaya asli suatu masyarakat. 

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! 1. Perubahan faktor demografi, yaitu bertambah dan berkurangnya penduduk 2. Penemuan-penemuan baru, baik ide-ide baru atau alat-alat baru 3. Pertentangan kelompok aliran...

Pembahasan Soal:

Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam masyarakat. faktor internal penyebab perubahan sosial antara lain:
•    Perubahan faktor demografi, yaitu bertambah dan berkurangnya penduduk
•    Penemuan-penemuan baru, baik ide-ide baru atau alat-alat baru
•    Pertentangan atau konflik kelompok aliran agama tertentu

0

Roboguru

Perhatikan faktor-faktor berikut. (1) Bertambah atau berkurangnya penduduk. (2) Penemuan-penemuan baru. (3) Lingkungan fisik yang ada di sekitar manusia. (4) Pertentangan masyarakat. (5) Peperang...

Pembahasan Soal:

Menurut Soekanto (2015), terdapat faktor internal yaitu faktor penyebab perubahan sosial yang berasal dari dalam masyarakat itu sendiri. space space

  1. Bertambah atau berkurangnya penduduk. Pertambahan penduduk yang sangat cepat dapat menyebabkan terjadinya perubahan struktur di dalam masyarakat, terutama pada lembaga kemasyarakatannya.
  2. Penemuan-penemuan baru. lni dibedakan dalam pengertian invention dan discovery.
  3. Pertentangan masyarakat. Pertentangan dapat terjadi antarindividu, antarindividu dengan kelompok, atau antarkelompok. Pertentangan antara generasi muda dengan generasi tua tentang nilai-nilai baru juga akan membawa perubahan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space space

0

Roboguru

Perhatikan beberapa fakta sosial berikut! (1) Bertambah dan berkurangnya penduduk (2) Konflik dan peperangan antarnegara (3) Adanya discovery dan invention (4) Bencana alam berkepanjangan (5) Re...

Pembahasan Soal:

Faktor pendorong perubahan sosial dibagi menjadi dua, yaitu faktor pendorong perubahan sosial internal, dan faktor pendorong perubahan sosial eksternal. Berikut ini penjelasannya satu persatu. Faktor eksternal terdiri dari adanya kontak dengan kebudayaan masyarakat lain, peperangan, dan bencana alam. Faktor internal terdiri dari adanya Sistem pendidikan formal yang maju, keinginan untuk maju, sistem lapisan masyarakat yang bersifat terbuka, berorientasi ke masa depan, dll.

0

Roboguru

Manakah dari pernyataan di atas yang merupakan faktor endogen perubahan sosial ?

Pembahasan Soal:

Penyebab perubahan sosial sendiri dibagi menjadi dua, yaitu yang berasal dari dalam masyarakat dan dari luar masyarakat. Faktor endogen perubahan sosial adalah faktor - faktor yang berasal dari dalam masyarakat yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial. Ada beberapa faktor penyebab perubahan sosial secara internal dalam masyarakat, antara lain:

  1. Perubahan penduduk: Perubahan penduduk yang ditandai dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk pada suatu daerah akan mengakibatkan keramahtamahan semakin menurun, kelompok sekunder akan bertambah banyak, struktur kelembagaan menjadi lebih rumit, dan bentuk-bentuk perubahan yang lainnya.
  2. Penemuan Baru: Adanya penemuan baru juga dapat memengaruhi terjadinya perubahan sosial. Penemuan baru ini bisa berupa alat, gagasan, atau rangkaian ciptaan. Penemuan yang benar-benar baru disebut discovery. Sedangkan penemuan baru apabila telah diterima dan diakui masyarakat disebut invention.

  3. Konflik dalam masyarakat: Konflik yang terjadi di dalam masyarakat dapat terjadi antarindividu, antarkelompok, antar individu dengan kelompok, dan antargenerasi. Sebagai proses sosial, konflik memang merupakan proses disosiatif, namun munculnya konflik ini tidak selalu berakibat negatif.

Jadi, berdasarkan penjelasan tersebut maka jawaban yang tepat adalah B.undefined

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved