Iklan

Iklan

Pertanyaan

Mengapa pangkalan angkatan laut amerika serikat di pearl harbrour di bom oleh tentara jepang?

Mengapa pangkalan angkatan laut amerika serikat di pearl harbrour di bom oleh tentara jepang?

Iklan

F. Freelancer4

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

tujuan Jepang menyerang Pearl Harbour adalah untuk memperlambat gerak Amerika Serikat di wilayah Pasifik agar Jepang dapat mengamankan wilayah lautannya sekaligus mempermudah ekspansi ke wilayah Asia Tenggara dan Australia.

tujuan Jepang menyerang Pearl Harbour adalah untuk memperlambat gerak Amerika Serikat di wilayah Pasifik agar Jepang dapat mengamankan wilayah lautannya sekaligus mempermudah ekspansi ke wilayah Asia Tenggara dan Australia.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Pada era tahun 1940-an, Jepang berhasil menguasai sebagian besar wilayah Indocina. Hancurnya kekuatan militer Perancis di eropa oleh Jerman, membuat Jepang termotivasi untuk melakukan invansi terhadap daerah koloni Perancis di uatar Indocina. Mendengar kabar tersebut, Amerika Serikat selaku sekutu Perancis merasa tidak terima dan mendesak Jepang untuk mengembalikan bekas jajahan Perancis yang berhasil direbut oleh tentara Jepang di Indocina, kembali ke pangkuan Perancis. Namun desakan AMerika Serikat tersebut tidak dihiraukan oleh Jepang yang tetap melakukan invansi ke daerah bekas jajahan Perancis tersebut. Amerika Serikat merespons dengan melakukan embargo perekonomian terhadap negara Jepang. Untuk memperlancar misi Jepang dalam melakukan invansi ke wilayah Indocina hingga Australia, maka Jepang memiliki rencana untuk menyerang pangkalan angkatan laut Amerika di Hawaii, yang kal itu digunakan untuk mengawasi kawasan Pasifik. Pada tanggal 7 Desember 1941 pasukan Jepang melakukan penyerangan terhadap pangkalan angkatan Laut Amerika Serikat yang berada di Pearl Harbor, Hawaii. Pearl Harbour luluh lantah akibat serangan Jepang. Dengan demikian, tujuan Jepang menyerang Pearl Harbour adalah untuk memperlambat gerak Amerika Serikat di wilayah Pasifik agar Jepang dapat mengamankan wilayah lautannya sekaligus mempermudah ekspansi ke wilayah Asia Tenggara dan Australia.

Pada era tahun 1940-an, Jepang berhasil menguasai sebagian besar wilayah Indocina. Hancurnya kekuatan militer Perancis di eropa oleh Jerman, membuat Jepang termotivasi untuk melakukan invansi terhadap daerah koloni Perancis di uatar Indocina.

Mendengar kabar tersebut, Amerika Serikat selaku sekutu Perancis merasa tidak terima dan mendesak Jepang untuk mengembalikan bekas jajahan Perancis yang berhasil direbut oleh tentara Jepang di Indocina, kembali ke pangkuan Perancis. Namun desakan AMerika Serikat tersebut tidak dihiraukan oleh Jepang yang tetap melakukan invansi ke daerah bekas jajahan Perancis tersebut.

Amerika Serikat merespons dengan melakukan embargo perekonomian terhadap negara Jepang.

Untuk memperlancar misi Jepang dalam melakukan invansi ke wilayah  Indocina hingga Australia, maka Jepang memiliki rencana untuk menyerang pangkalan angkatan laut Amerika di Hawaii, yang kal itu digunakan untuk mengawasi kawasan Pasifik. Pada tanggal 7 Desember 1941 pasukan Jepang melakukan penyerangan terhadap pangkalan angkatan Laut Amerika Serikat yang berada di Pearl Harbor, Hawaii. Pearl Harbour luluh lantah akibat serangan Jepang.

Dengan demikian, tujuan Jepang menyerang Pearl Harbour adalah untuk memperlambat gerak Amerika Serikat di wilayah Pasifik agar Jepang dapat mengamankan wilayah lautannya sekaligus mempermudah ekspansi ke wilayah Asia Tenggara dan Australia.

Latihan Bab

LBB

Perang Dunia II

PBB

Perang Dunia I

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

882

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perang Dunia II terjadi karena adanya keinginan negara Sentral untuk membalas kekalahan dalamPerang Dunia I. Selain itu, penyebab khusus terjadinya Perang Dunia II adalah ....

8rb+

4.1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia