Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apa alasan Jepang menyerang Pangkatan AL Amerika Serikat di Pearl Harbour ?

Apa alasan Jepang menyerang Pangkatan AL Amerika Serikat di Pearl Harbour ? 

Iklan

A. Ghifari

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Selama periode bulan Juni tahun 1940 hingga Desember tahun 1941, terjadi ketengangan antara Amerika Serikat dan Jepang. Salah satu faktor ketegangan di antara kedua negara karenaJepang telah menduduki seluruh Indochina dan bersekutu dengan kekuatanPoros (Jerman dan Italia) pada bulan Juli 1941.Menanggapi hal tersebut,pemerintah Amerika Serikat memutuskan semua hubungan komersial dan keuangan dengan Jepang, seperti membekukansemua aset Jepang hingga embargo atas pengiriman minyak bumi. Akibat dari kebijakan tersebut, Jepang pun akhirnnya menyatakan perang dan hendak menyerang pangkalan militer Amerika di Pasifik. Pergerakan Jepang sudah dimulai sejak 26 November 1941. Wakil Laksamana Nagumo Chuichi memimpin armada yang terdiri dari 6 kapal induk, 2 kapal perang, 3 kapal penjelajah, dan 11 kapal perusak ke suatu titik sekitar 440 km di utara Hawaii. Dari pasukan tersebut, sekitar 360 pesawat diluncurkan untuk menyerang Pearl Harbor. Operasi serangan berlangsung pada tanggal 7 Desember 1941. Peristiwa ini lantas menjadi pemicu keterlibatan Amerika Serikat dalam kancah Perang Dunia II. Adapun latar belakang dari serangan Jepang ke Pearl Harbordimaksudkan sebagai langkah antisipasi Jepang untuk mencegah armada Pasifik Amerika Serikat melakukan tindakan militer terhadap Kekaisaran Jepang. Pihak Jepang tak mau jika Amerika Serikat terlalu mengintervensi aksinya dalam peperangan di Asia Pasifik. Dengan demikian, guna melancarkan tujuan menguasai Asia Timur Raya, Jepang hendak melemahkan kekuatan militer Amerika Serikat di Asia Pasifik dengan cara menghancurkan pangkalan militer di Pearl Harbor. --- Mau lebih paham terkait materi ini? Coba latihan soal di Ruangguru yuk, GRATIS lho! Klik di sini.

Selama periode bulan Juni tahun 1940 hingga Desember tahun 1941, terjadi ketengangan antara Amerika Serikat dan Jepang. Salah satu faktor ketegangan di antara kedua negara karena Jepang telah menduduki seluruh Indochina dan bersekutu dengan kekuatan Poros (Jerman dan Italia) pada bulan Juli 1941. Menanggapi hal tersebut, pemerintah Amerika Serikat memutuskan semua hubungan komersial dan keuangan dengan Jepang, seperti membekukan semua aset Jepang hingga embargo atas pengiriman minyak bumi.
Akibat dari kebijakan tersebut, Jepang pun akhirnnya menyatakan perang dan hendak menyerang pangkalan militer Amerika di Pasifik. Pergerakan Jepang sudah dimulai sejak 26 November 1941. Wakil Laksamana Nagumo Chuichi memimpin armada yang terdiri dari 6 kapal induk, 2 kapal perang, 3 kapal penjelajah, dan 11 kapal perusak ke suatu titik sekitar 440 km di utara Hawaii. Dari pasukan tersebut, sekitar 360 pesawat diluncurkan untuk menyerang Pearl Harbor.
Operasi serangan berlangsung pada tanggal 7 Desember 1941. Peristiwa ini lantas menjadi pemicu keterlibatan Amerika Serikat dalam kancah Perang Dunia II. Adapun latar belakang dari serangan Jepang ke Pearl Harbor dimaksudkan sebagai langkah antisipasi Jepang untuk mencegah armada Pasifik Amerika Serikat melakukan tindakan militer terhadap Kekaisaran Jepang. Pihak Jepang tak mau jika Amerika Serikat terlalu mengintervensi aksinya dalam peperangan di Asia Pasifik.

Dengan demikian, guna melancarkan tujuan menguasai Asia Timur Raya, Jepang hendak melemahkan kekuatan militer Amerika Serikat di Asia Pasifik dengan cara menghancurkan pangkalan militer di Pearl Harbor.



---
Mau lebih paham terkait materi ini? Coba latihan soal di Ruangguru yuk, GRATIS lho! Klik di sini.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Aina Mardahlia

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Mudah dimengerti Bantu banget Makasih ❤️

widiya three

Pembahasan terpotong

Luthfi Syafi

Ini yang aku cari!

Ndh Artini

Pembahasan tidak lengkap Mudah dimengerti

Zakiya Lestari Rahmawati

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perang Dunia II terjadi karena adanya keinginan negara Sentral untuk membalas kekalahan dalamPerang Dunia I. Selain itu, penyebab khusus terjadinya Perang Dunia II adalah ....

273

4.3

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia