Iklan

Iklan

Pertanyaan

Mengapa organisasi SEATO justru dianggap sebagai ancaman bagi negara negara Asia dan Afrika?

Mengapa organisasi SEATO justru dianggap sebagai ancaman bagi negara negara Asia dan Afrika?

Iklan

F. Freelancer6

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

SEATO adalah organisasi pertahanan regional yang dibentuk lewat Perjanjian Manila. Perjanjian itu ditandatangani pada 8 September 1954 di Manila, Filipina. Mereka yang menandatangani sekaligus menjadi anggota yakni: Australia, Perancis, Selandia Baru, Pakistan, Filipina, Thailand, Inggris, dan Amerika Serikat.Organisasi inididirikan untuk memblokade berkembangnya komunisme di kawasan Asia Tenggara. Dari awal berdirinya organisasi SEATO merupakan organisasi yang memihak pada salah satu blok pada Perang Dingin. Hal ini tentu saja membahayakan bagi negara-negara Asia dan Afrika karena SEATO merupakan sebuah organisasi yang mendukung kepentingan-kepentingan Blok Barat pada saat Perang Dingin. Sementara itu disisi lain, negara-negara Asia dan Afrika beranggapan bahwa memihak kepada salah satu blok pada saat Perang Dingin bukan pilihan yang tepat. Dengan demikian, alasan SEATO berbahaya bagi negara Asia dan Afrika adalah SEATO yang mendukung blok barat pada masa Perang Dingin.

SEATO adalah organisasi pertahanan regional yang dibentuk lewat Perjanjian Manila. Perjanjian itu ditandatangani pada 8 September 1954 di Manila, Filipina. Mereka yang menandatangani sekaligus menjadi anggota yakni: Australia, Perancis, Selandia Baru, Pakistan, Filipina, Thailand, Inggris, dan Amerika Serikat. Organisasi ini didirikan untuk memblokade berkembangnya komunisme di kawasan Asia Tenggara. Dari awal berdirinya organisasi SEATO merupakan organisasi yang memihak pada salah satu blok pada Perang Dingin. Hal ini tentu saja membahayakan bagi negara-negara Asia dan Afrika karena SEATO merupakan sebuah organisasi yang mendukung kepentingan-kepentingan Blok Barat pada saat Perang Dingin. Sementara itu disisi lain, negara-negara Asia dan Afrika beranggapan bahwa memihak kepada salah satu blok pada saat Perang Dingin bukan pilihan yang tepat.

Dengan demikian, alasan SEATO berbahaya bagi negara Asia dan Afrika adalah SEATO yang mendukung blok barat pada masa Perang Dingin.

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

7

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Apa tujuan utama pembentukan organisasi militer South East Asia Treaty Organization (SEATO)?

4

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia