Iklan

Iklan

Pertanyaan

Mengapa massa molekul relatif dan ikatan hidrogen dapat memengaruhititik didih senyawa?

Mengapa massa molekul relatif dan ikatan hidrogen dapat memengaruhi titik didih senyawa?space space spacespace space space

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pengaruh terhadap titik didih berkaitan dengan ukuran molekul, sedangkan pengaruh ikatan hidrogen terhadap titik didih berkaitan dengan kekuatan ikatan antarmolekul.

pengaruh italic M subscript r terhadap titik didih berkaitan dengan ukuran molekul, sedangkan pengaruh ikatan hidrogen terhadap titik didih berkaitan dengan kekuatan ikatan antarmolekul.space space space

Iklan

Pembahasan

Titik didih suatu senyawa sebanding dengan energi yang diperlukanuntuk memutusikatan atau interaksi antar molekul/ partikelatau merenggangkan molekul/ partikel sehingga mengalami perubahan wujud zat dari cair ke gas.Semakin kuat suatu ikatan atau interaksi antar molekul/ partikel, semakin tinggi energi yang dibutuhkan untuk memutuskan ikatan tersebut, sehingga semakin tinggi titik didihnya. Titik didihsuatu senyawa dipengaruhi oleh beberapa hal antara lain massa molekul relatif dan ikatan hidrogen. Massa molekul relatif Semakin besar suatu senyawa maka titik didihnya semakin tinggi. Hal ini dapat terjadi karena adanya proses pemisahan (perenggangan) antarmolekul sehingga perubahan wujud zat dari cair kegas memerlukan energi yang besar. Adapun senyawa yang memiliki kecil, titik didihnya cenderung rendah karena molekul tersebut mudahdirenggangkan hingga lolos menjadi molekul gas. Ikatan hidrogen Ikatan hidrogen terbentuk pada senyawa yang memiliki gaya elektrostatikantarmolekul sangat besar. Gaya elektrostatik yang sangat besar ini terjadipada molekul yang sangat polar (memiliki perbedaan keelektronegatifanyang sangat besar).Unsur dengan nilai keelektronegatifan terbesar adalah F, kedua O,ketiga N. Besarnya gaya elektrostatik pada ikatan hidrogen menyebabkan kuatnya ikatan tersebut. Jadi, pengaruh terhadap titik didih berkaitan dengan ukuran molekul, sedangkan pengaruh ikatan hidrogen terhadap titik didih berkaitan dengan kekuatan ikatan antarmolekul.

Titik didih suatu senyawa sebanding dengan energi yang diperlukan untuk memutus ikatan atau interaksi antar molekul/ partikel atau merenggangkan molekul/ partikel sehingga mengalami perubahan wujud zat dari cair ke gas. Semakin kuat suatu ikatan atau interaksi antar molekul/ partikel, semakin tinggi energi yang dibutuhkan untuk memutuskan ikatan tersebut, sehingga semakin tinggi titik didihnya.

Titik didih suatu senyawa dipengaruhi oleh beberapa hal antara lain massa molekul relatif dan ikatan hidrogen.

  1. Massa molekul relatif open parentheses italic M subscript r close parentheses 
    Semakin besar italic M subscript r suatu senyawa maka titik didihnya semakin tinggi. Hal ini dapat terjadi karena adanya proses pemisahan (perenggangan) antarmolekul sehingga perubahan wujud zat dari cair ke gas memerlukan energi yang besar. Adapun senyawa yang memiliki italic M subscript r  kecil, titik didihnya cenderung rendah karena molekul tersebut mudah direnggangkan hingga lolos menjadi molekul gas.
     
  2. Ikatan hidrogen
    Ikatan hidrogen terbentuk pada senyawa yang memiliki gaya elektrostatik antarmolekul sangat besar. Gaya elektrostatik yang sangat besar ini terjadi pada molekul yang sangat polar (memiliki perbedaan keelektronegatifan yang sangat besar). Unsur dengan nilai keelektronegatifan terbesar adalah F, kedua O, ketiga N. Besarnya gaya elektrostatik pada ikatan hidrogen menyebabkan kuatnya ikatan tersebut.


Jadi, pengaruh italic M subscript r terhadap titik didih berkaitan dengan ukuran molekul, sedangkan pengaruh ikatan hidrogen terhadap titik didih berkaitan dengan kekuatan ikatan antarmolekul.space space space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Senyawa yang mempunyai titik didih paling tinggi ialah ... ( A r ​ H=1, C=12, N=14, O=16, F=19, Mg=24, S=32)

25

2.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia