Roboguru

Mengapa manusia purba yang memiliki genus Homo paling banyak ditemukan di Eropa?

Pertanyaan

Mengapa manusia purba yang memiliki genus Homo paling banyak ditemukan di Eropa?

Pembahasan Soal:

Nenderthal adalah spesies manusia purba yang hidup di Eropa antara 700 ribu hingga 40 ribu tahun yang lalu,  yang ditemukan pada bulan Agustus 1856 di Lembah Neander, Jerman. Fosil itu ditemukan di tambang batu kapur dekat kota Düsseldorf. Neanderthal umumnya lebih pendek dan memiliki kerangka yang lebih kuat dan tubuh yang gempal berotot dibanding manusia modern. Spesies ini rata-rata tingginya sekitar 168 sentimeter pada pria dan sedikit lebih pendek yaitu 156 sentimeter pada perempuan.

Dengan demikian, karena penelitian awal mengenai manusia purba baynak dilakukan di Eropa. Spesies pertama yang ditemukan dari jenis manusia purba adalah Neanderthal  (Homo neanderthalensis) yang ditemukan sangat awal pada tahun 1856.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan manusia purba yang ditemukan di Afrika!

Pembahasan Soal:

Manusia purba adalah manusia yang hidup sebelum tulisan ditemukan. Bukti tentang keberadaan manusia purba didapatkan melalui suatu penelitian dan penggalian suatu wilayah yang diperkirakan sebagai tempat hidup manusia purba. Penggalian itu dapat menghasilkan temuan yang berupa sisa-sisa tumbuh-tumbuhan, hewan, dan juga manusia yang sudah membatu yang disebut fosil. Terdapat beberapa jenis fosil manusia purba yang ditemukan di dunia, termasuk di Afrika. Jenis-jenis manusia Purba yang di temukan di Afrika beserta ciri-ciri fisiknya adalah.

Ardipithecus ramidus
Fosil manusia purba ini ditemukan di Ethiopia, Afrika bagian timur, oleh Yohannes Haile Selassie di tahun 1994 dan sering dipanggil “Ardi”. Bagian tubuhnya yang ditemukan berjumlah 35 bagian, berupa tengkorak, gigi, tulang panggul, tangan, dan kaki. Berdasarkan penemuan fosil Ardipithecus ramidus memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  • Tinggi sekitar  120 cm.
  • Berat rata-rata 50 kg.
  • Kapasitas otak kecil, antara 300 dan 350 cc.
  • Gigi seri dan taring besar.
  • Otot kaki besar, tapi berjalan lebih tegak.

Australopithecus
Jenis manusia purba Australopithecus, banyak ditemukan di Afrika dengan penemuan yang berbeda-beda, sehingga penamaan manusia purbanya juga berbeda-beda. Selain di Afrika, juga ditemukan di Indonesia. Beberapa jenis fosil Australopitecus adalah.

Australopithecus africanus
Ditemukan oleh Raymond Dart di dekat sebuah pertambangan Taung, Tanjung Harapan (Bostwana), pada tahun 1924. Setelah direkonstruksi ternyata membentuk kerangka seorang anak yang berusia sekitar 5-6 tahun. Fosil ini di beri nama Australopithecus africanus, karena hampir mirip dengan penduduk asli Australia. Ciri-Ciri Australopithecus africanus, yaitu.

  • memiliki tinggi ± 1,5 m,
  • volume otak 450-600 cc,
  • memiliki tubuh yang ramping,
  • bentuk kaki menunjukkan sudah berjalan tegak, dan
  • Australopithecus jantan lebih besar dalam ukuran tubuh 20-40% lebih tinggi, 30-40% lebih berat dari perempuan.

Australopitecus robustus
Ditemukan oleh J.T Robinson dan Robert Broom di Afrika Selatan,yang memiliki badan tegap. Hidup antara 1,5 juta tahun yang lalu. Tubuhnya mirip dengan Australopithecus africanus. Ciri-ciri Australopithecus robustus, yaitu.

  • gigi dan tulang rahang lebih kuat,
  • berjalan dengan dua kaki,dan tegak seperti manusia,
  • badan lebih besar dan kekar,
  • wajahnya datar tidak memiliki kening,
  • memiliki tulang alis yang besar,
  • volume otak sekitar 525 cc, dan
  • vmur sekitar 2,0-1,0 juta tahun.

Australopitecus afarensis
Fosil ini diperkirakan hidup sekitar 3,9 dan 3,3  juta tahun yang lalu. ditemukan di wilayah Afrika Timur. Penemuan fosil yang terkenal adalah fosil berjenis kelamin perempuan yang ditemukan oleh Donald Carl Johanson pada tahun 1974 di sekitar pulau Hadar, Ethiopia. Fosil ini terkenal dengan dengan sebutan "Lucy". Ciri-ciri Australopitecus afarensis.

  • Gigi taring besar dan lapisan email gigi yang tebal.
  • Tinggi badan laki-laki sekitar 151 cm dan perempuan 105 cm. 
  • Tubuhnya ramping.
  • Tangan relatif panjang.
  • Tulang jari membengkok dan ibu jarinya pendek.

Dengan demikian, manusia purba yang ditemukan di Afrika adalah Ardipithecus ramidus, Australopithecus, Australopithecus africanus, Australopithecus robustus, dan Australopitecus afarensis.

0

Roboguru

Apa nama manusia purba yang ditemukan di Tiongkok?

Pembahasan Soal:

Manusia purba adalah manusia yang hidup sebelum adanya tulisan (manusia praaksara). Manusia purba di dunia  digolongkan atas tiga jenis yaitu, Ardipithecus ramidus, Australopitecus, dan Homo. Jenis manusia purba yang banyak ditemukan dan menyebar di hampir seluruh wilayah di dunia adalah jenis manusia Homo. Perubahan paling mendasar pada jenis manusia purba ini adalah kemampuannya berjalan tegak.

Fosil golongan Homo erectus pernah ditemukan di Tiongkok dan dikenal dengan nama Sinanthropus pekinensis (biasa pula disebut Peking Man). Fosil ini dtemukan  di Gua Chou Kuo Tien dekat Peking oleh ilmuwan Pei Wen Chung, kemudian diteliti oleh Prof. Davidson Black. Sinanthropus pekinensis memiliki kapasitas otak sekitar kurang lebih 900-1200 cc.

Dengan demikian, manusia purba yang ditemukan di Tiongkok adalah Sinanthropus pekinensis.

0

Roboguru

Fosil manusia purba yang ditemukan pada tahun 1938 di Afrika Selatan bernama ….

Pembahasan Soal:

Para peneliti menemukan fosil yang secara ciri-ciri hampir sama dengan Australopithecus africanus, hanya saja dengan postur tubuh yang lebih besar. Fosil tersebut ditemukan pada tahun 1938 di Afrika Selatan. Para peneliti pun memberikan nama Australopithecus robustus pada fosil ini.undefined

Jadi, jawaban yang tepat adalah C

0

Roboguru

Menurut teori Out of Africa, nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Afrika. Kajian teori ini didasarkan pada pendekatan ....

Pembahasan Soal:

Teori Out of Africa adalah teori mengenai asal geografis dan migrasi awal manusia modern (Homo sapiens). Teori ini menyatakan manusia modern yang berkembang dan berasal dari Afrika. Dari migrasi keluar Afrika ini, manusia-manusia modern yang hidup saat ini berasal. Migrasi ini mengikuti migrasi manusia purba sebelumnya , yaitu oleh Homo erectus dan kemudian Homo neanderthalensis. Teori ini mengusulkan bahwa hanya ada satu asal Homo sapiens, dan menolak teori bahwa manusia modern berkembang di berbagai tempat di daerah lain, tetapi tidak menolak kemungkinan pencampuran antara Homo sapiens dan manusia purba di Eropa dan Asia, seperti manusia purba Neantherthal dan Denisova. Bukti utama teori ini adalah data DNA yang menunjukkan persebaran dari benua Afrika, dengan melihat Mt-DNA (mitokondrial DNA) dan Y-DNA (DNA pada kromosom Y pada laki-laki). Manusia modern atau Homo sapiens kemungkinan besar berkembang di Afrika Timur antara 300.000 dan 200.000 tahun yang lalu. Lalu manusia modern kemudian menyebar dari Afrika ke benua lain sekitar 70.000 tahun yang lalu, di sepanjang pantai Asia dan mencapai Australia sekitar 65.000-50.000 tahun yang lalu. Sementara Eropa dihuni manusia modern dari migrasi cabang dari Asia Barat dan Eropa kurang lebih 55.000 tahun yang lalu.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Jika dilihat dari kerangkanya, Ardipithecus menunjukkan adaptasi yang menggabungkan aktivitas memanjat pohon dan bipedal. Yang dimaksud dengan bipedal adalah ….

Pembahasan Soal:

Jika dilihat dari kerangkanya, Ardipithecus menunjukkan adaptasi yang menggabungkan aktivitas memanjat pohon dan bipedal atau berjalan dengan dua kaki. Selain itu, fosil Ardipithecus ditemukan di samping sisa-sisa fauna. Berdasarkan penemuan-penemuan tersebut, disimpulkan bahwa Ardipithecus hidup di lingkungan hutan.undefined

Jadi, jawaban yang tepat adalah C

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved