Roboguru

Mengapa Inggris dapat menguasai Indonesia?

Pertanyaan

Mengapa Inggris dapat menguasai Indonesia? space space

  1. ... space space

  2. ... space space

Pembahasan Soal:

Pendudukan Inggris terhadap Indonesia dimulai pada tahun 1811. Pada 4 Agustus 1811, sebanyak 60 kapal Inggris di bawah komando Thomas Stamford Raffles muncul di perairan Batavia. Hanya dalam hitungan hari, tepatnya pada 26 Agustus 1811, Batavia jatuh ke tangan Inggris. Pasukan Inggris selanjutnya dapat memukul mundur Jan Willem Jansen beserta pasukannya hingga ke wilayah Salatiga. Pada 18 September 1811, pemerintah kolonial Belanda resmi menyerahkan wilayah kekuasaannya kepada Inggris setelah disepakatinya Kapitulasi Tuntang. Penyerahan tersebut terjadi setelah pasukan Belanda tidak mampu menghadapi pasukan Inggris yang lebih unggul dalam hal jumlah serta kemampuan tempur. 

Dengan demikian, alasan Inggris dapat menguasai Indonesia adalah kekuatan militer yang lebih unggul dibanding Belanda.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

K. Ivan

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 03 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Salah satu prinsip yang menjadi pedoman Thomas Stamford Raffles saat menjalankan tugas sebagai letnan gubernur di Hindia Belanda pada tahun 1811-1816 adalah ....

Pembahasan Soal:

Pada masa pemerintahannya, Raffles mencoba untuk menghapus pemerintahan feodal yang telah mengakar di Indonesia. Feodalisme dianggap sebagai penghambat perkembangan masyarakat. Salah satu upayanya adlaah Raffles mengganti sistem feodal tradisional dengan sistem organisasi yang lebih modern.  

0

Roboguru

Kebijakan: Mengadakan sistem sewatanah (land rant stelsel/land rent system) Sebab utama kegagalan sestem sewatanah: rakyat pedesaan belum mengenal sistem uang Jasa jasanya: Menulis buku: History ...

Pembahasan Soal:

Saat Inggris berhasil merebut tanah Jawa dari Belanda, Gubernur Jenderal Minto secara resmi mengangkat Thomas Stamford Raffles sebagai penguasa di Hindia. Banyak pembaharuan yang dilakukan Raffles saat memimpin Hindia diantaranya mengadakan sistem sewa tanah (land rant stelsel/land rent system).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah Thomas Stamford Raffles.

0

Roboguru

Tugas utama Raffles adalah ...

Pembahasan Soal:

Inggris mulai menduduki Indonesia sejak keberhasilannya mengalahkan pasukan Gubernur Jenderal Janssens pada 1811. Setelah berhasil mengalahkan Belanda, Gubernur Jenderal East India Company (EIC) wilayah Asia yang berkedudukan di Kalkuta, India, Lord Minto, menunjuk Thomas Stamford Raffles sebagai letnan gubernur untuk menjalankan pemerintahan di Indonesia. Dalam menjalankan pemerintahannya, Raffles sering mencampuri urusan kerajaan-kerajaan lokal. Sebagai contoh, Raffles ikut bertindak dalam konflik di Kesultanan Yogyakarta. Dalam konflik itu Raffles memihak Sultan Hamengku Buwono III, padahal sebelumnya Raffles berpihak pada Sultan Hamengku Buwono I. Raffles juga mencampuri konflik yang terjadi di Palembang. Raffles mendukung Raja Najamuddin untuk mengulingkan kekuasaan Raja Badaruddin.

Adapun tugas utama dari Raffles sendiri di Indonesia adalah meningkatkan perdagangan dan keuangan Inggris selain mengatur pemerintahannya. Oleh karena itu, Raffles berusaha memajukan ekonomi untuk meningkatkan keuntungan Inggris dengan menerapkan beberapa kebijakan salah satunya adalah kebijakan dalam bidang ekonomi yang di antara lain adalah.

  1. Memberlakukan sistem sewa tanah.
  2. Menghapus segala bentuk penyerahan wajib hasil bumi
  3. Menghapus sistem kerja rodi dan perbudakan.
  4. Melaksanakan Monopoli.
  5. Menetapkan desa sebagai unit administrasi pemerintahan.
  6. Menjual tanah kepada pihak swasta dan melanjutkan usaha penanampan kopi.

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah C.

0

Roboguru

Pembahasan Soal:


Dengan demikian, tokoh pemerintahan kolonial yang terkenal adalah Thomas Stamford Raffles (Inggris) dan Herman Willem Deandels (Belanda). 

0

Roboguru

Mengapa Raffles ada di Indonesia?

Pembahasan Soal:

Thomas Stamford Raffles merupakan Gubernur Jenderal Hindia yang berkuasa pada tahun 1811-1816. Sebagai penguasa di Hindia, Raffles banyak melakukan langkah-langkah untuk memperkuat kedudukan Inggris di tanah jajahan. Dalam rangka menjalankan pemerintahannya, Raffles berpegang pada tiga prinsip. Pertama, segala bentuk rodi dan penyerahan wajib dihapus, diganti dengan penanaman bebas oleh rakyat. Kedua, peranan para bupati sebagai pemungut pajak dihapuskan dan para bupati dimasukan sebagai bagian pemerintah kolonial. Dan ketiga, atas dasar pandangan bahwa tanah itu milik pemerintah, maka rakyat penggarap dianggap sebagai penyewa.

Dengan demikian, Raffles ada di Indonesia karena bertugas sebagai Gubernur Jenderal serta memperkuat kedudukan Inggris di tanah jajahan. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved