Roboguru

Mengapa iklan, slogan, dan poster dibutuhkan?

Pertanyaan

Mengapa iklan, slogan, dan poster dibutuhkan?undefined

Pembahasan Soal:

Untuk mengetahui mengapa iklan, slogan, dan poster dibutuhkan, kita harus mengetahui terlebih dahulu arti dari masing-masing istilah tersebut. Berikut ini adalah penjelasan dari iklan, slogan, dan poster, yaitu:

A. Pengertian iklan yang pertama menurut KBBI adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Sedangkan pengertian iklan yang kedua adalah pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.

  • Dengan kata lain, iklan merupakan bentuk promosi mengenai informasi barang atau jasa yang dijual, serta bisa membangun rasa penasaran dan keinginan untuk melakukan/membeli barang atau jasa tersebut.
  • Secara garis besar, ada tiga fungsi iklan, yaitu: membantu untuk menjual barang dan jasa, menyebarkan informasi dan memberikan layanan kepada masyarakat, menggugah pikiran dan hati khalayak untuk melakukan sesuatu yang positif.
  • Iklan sangat sering ditemukan di televisi, radio, majalah, koran, baliho, hingga internet. Inilah mengapa iklan menjadi bentuk alat promosi yang sangat ampuh karena dapat masuk ke berbagai jenis media.

B. Slogan adalah perkataan dan kalimat pendek yang menarik serta mencolok sehingga mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu. Slogan sendiri sering digunakan untuk berbagai tujuan. Dimulai dari iklan, menggambarkan suatu produk secara cepat, hingga hal-hal berbau politik.

C. Poster adalah plakat yang dipajang di tempat-tempat umum. Ada dua unsur utama dalam poster, yaitu gambar dan kata-kata. Sama seperti slogan, poster mengandung pesan kepada masyarakat yang melihatnya. Dapat disimpulkan pula bahwa poster menjadi bagian dari iklan.

Berdasarkan penjelasan di atas, iklan. slogan, dan poster memiliki persamaan, diantaranya:

  • Memiliki tujuan yang sama, yakni untuk membujuk khalayak berbuat sesuatu.
  • Sama-sama mengandung teks persuasif yang dapat mengajak dan memberikan pesan

Dari persamaan tersebut, terlihat jelas iklan, slogan, dan poster merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Poster bagian dari iklan dan memiliki slogan. Slogan bisa dimasukkan di dalam poster dan bentuk iklan lainnya. Iklan menjadi bagian utama slogan dan poster. Inilah yang membuat ketiganya sangat dibutuhkan. Dengan kombinasi ketiganya yang layak, maka hasilnya adalah nilai promosi yang tinggi sehingga mampu membawa kesuksesan.


Dengan demikian, alasan iklan, slogan, dan poster dibutuhkan karena mampu memberikan nilai promosi yang tinggi terhadap barang atau jasa yang dijual.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Juliana

Mahasiswa/Alumni STKIP Siliwangi Bandung

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Di bawah ini yang tidak termasuk fungsi media promosi surat adalah….

Pembahasan Soal:

Fungsi media promos adalah untuk memberika informasi, membujuk, sebagai pengingat, dan menambah nilai. Sehingga, yang tidak termasuk fungsi media promosi surat adalah tanda bukti yang sah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Iklan mempunyai beberapa fungsi, kecuali …

Pembahasan Soal:

    Iklan adalah pesan atau berita yang bertujuan untuk mendorong dan membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang/jasa yang ditawarkan. Fungsi iklan di antaranya sebagai  media informasi, media persuasi, media pengingat, dan media promosi. Dalam soal di atas, yang bukan fungsi iklan adalah sebagai media pembelajaran.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.
 

0

Roboguru

Fungsi iklan adalah sebagai berikut, kecuali....

Pembahasan Soal:

Iklan memiliki dua pengertian. Perta­ma, iklan adalah "berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar dapat tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan. Kedua, iklan adalah pemberitahuan pada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di da­lam media massa (seperti surat kabar clan majalah) atau di tempat umum''.

Iklan berfungsi sebagai sarana untuk menyampaikan informasi mengenai suatu barang atau jasa, sebagai alat promosi dan sebagai alat jual beli.

Dengan demikian, berdasarkan pilihan jawaban di atas, yang bukan merupakan fungsi dari iklan adalah sebagai media komunikasi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Suatu alat untuk mengkomunikasikan suatu produk/jasa/image/perusahaan ataupun yang lain untuk dapat lebih dikenal masyarakat lebih luas…

Pembahasan Soal:

Suatu alat untuk mengkomunikasikan suatu produk/jasa/image/perusahaan ataupun yang lain untuk dapat lebih dikenal masyarakat lebih luas adalah media promosi. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Salah satu fungsi iklan adalah untuk memberitahukan kepada calon konsumen dan konsumen mengenai karakteristik dan manfaat produk yang ditawarkan. Fungsi tersebut dinamakan ....

Pembahasan Soal:

Iklan memiliki beberapa fungsi, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Fungsi informasional, yaitu memberitahukan kepada calon konsumen dan konsumen mengenai karakteristik dan manfaat produk yang ditawarkan.
  2. Fungsi transformasional, yaitu berusaha mengubah sikap yang dimiliki konsumen terhadap merek, pola belanja, dan gaya hidup.


Berdasarkan penjelasan di atas, fungsi yang disebutkan dalam soal adalah fungsi informasional.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved