Roboguru

Jelaskan lima jenis iklan media cetak berdasarkan fungsinya!

Pertanyaan

Jelaskan lima jenis iklan media cetak berdasarkan fungsinya!undefined 

Pembahasan Soal:

Iklan merupakan salah satu bagian dari industri perdagangan. Iklan merupakan teks yang bertujuan untuk mendorong khalayak agar tertarik dan membeli, atau menggunakan barang dan jasa yang ditawarkan.

Iklan media cetak adalah iklan yang media penyampaiannya melalui media cetak seperti koran, majalah, dan media cetak lainnya.

Berikut lima jenis iklan media cetak berdasarkan fungsinya:

  1.  Advertorial: Iklan berupa berita, berfungsi untuk edukasi.
  2. Corporate Ad: Iklan perusahaan, berfungsi untuk membangun dan memperkuat citra perusahaan.
  3. Thematik Ad: Iklan dengan tema tertentu untuk meningkatkan kesadaran terhadap produk/brand.
  4. Tactikal Ad: Iklan taktis, untuk keperluan promosi jangka pendek.
  5. Public Service AdIklan layanan masyarakat untuk menyampaikan berbagai informasi untuk mengatasi masalah yang ada dalam masyarakat.

Dengan demikian, lima jenis iklan media cetak berdasarkan fungsinya terdiri dari advertorial, corporate ad, thematik ad, tactikal ad, dan public service ad.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Iklan tersebut termasuk jenis iklan...

Pembahasan Soal:

Iklan adalah sebuah informasi yang berisi pesan untuk membujuk orang lain, agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan. 

Iklan pada gambar di atas merupakan jenis iklan penawaran karna informasi yang ada dalam iklan tersebut bertujuan untuk menawarkan suatu produk.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Sebutkan jenis-jenis iklan!

Pembahasan Soal:

Iklan adalah berita pesanan (untuk mendorong, membujuk) kepada khalayak ramai tentang benda dan jasa yang ditawarkan. Iklan juga dapat bermakna sebagai pemberitahuan kepada khalayak ramai mengenai barang atau jasa yang yang ditawarkan. Iklan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Jenis-jenis iklan yang berdasarkan isinya
    1. Iklan penawaran (niaga): Iklan yang biasa kita jumpai adalah iklan penawaran atau iklan niaga. Iklan penawaran merupakan jenis-jenis iklan yang berisi tentang tawaran akan barang atau jasa kepada masyarakat luas. Contohnya: iklan barang dan iklan jasa
    2. Iklan pelayanan masyarakat: Iklan ini biasanya berasal dari instansi atau lembaga. Berisi tentang suatu informasi sosialisasi atau pencerahan kepada masyarakat akan suatu isu atau topik tertentu. Contohnya: Iklan pemilu, Iklan keluarga berencana, Iklan untuk hidup sehat
    3. Iklan pengumuman atau pemberitahuan. Iklan ini bertujuan untuk menarik masyarakat tertentu saja. Isinya tentang pemberitahuan sesuatu seperti event, iklan berita duka cita dan lain-lain.
    4. Iklan permintaan. Iklan permintaan sering dianggap sebagai iklan lowongan kerja. Hal tersebut karena iklan ini berisi tentang pihak yang mengiklankan untuk menawarkan dan mengajak masyarakat yang ingin bekerja dengan mereka.
  • Jenis-jenis iklan berdasarkan media
    1. Iklan media cetak. Iklan cetak adlaah iklan yang dibuat dan  pisanag menggunakan cara dicetak. Biasanya iklan cetak yang kerap kita temui di koran, selembaran, majalah, koran, baliho, poster, stiker dan lain sebagainya. Dalam iklan cetak terdapat ketentuan dalam membuatnya berdasarkan dimana iklan tersebut akan dipasang. Iklan cetak tidak memiliki lebih dari 4 baris atau tidak sampai lebih dari kolom iklan. Untuk iklan cetak dalam kolom ukurannya lebih tinggi dari pada iklan baris. Iklan cetak display biasanya memiliki ukuran yang luas.
    2. Iklan elektronik. Iklan ini menggunakan media elektronik dalam penyampaian dan tampilan iklannya. Iklan elektronik banyak sekali yang sering kamu temui, antara lain: Iklan televisi, iklan radio, iklan film, iklan luar ruang seperti iklan yang berada di bus, taxi, terminal, satsiun yang menggunakan media elektronik.
  • Jenis-jenis iklan berdasarkan tujuan
    1. Iklan komersial (bisnis). Iklan komersial ini dipasang dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi karena iklan utamanya adalah untuk meningkatkan penjualan. Dalam iklan komersial terdapat tiga pembeda yaitu: Iklan konsumen, Iklan professional, Iklan bisnis
    2. Iklan non-komersial. Berbeda dari iklan komersial, iklan non-komersial tidak menitik beratkan untuk mendapatkan keutungan materiil atau ekonomi. Iklan non-komersial justru bertujuan untuk mendapatkan keuntungan sosial. Keuntungan sosial yang dimaksud adalah agar masyarakat mendapatkan tambahan wawasan, kesadaran diri dan merubah perlaku dan sikap masyarakat terhadap masalah yang ditampilkan pada iklan tersebut.

Jadi, jenis-jenis iklan dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis yaitu berdasarkan isinya, medianya, dan tujuannya.space 

1

Roboguru

Gambar di atas termasuk jenis iklan ....

Pembahasan Soal:

Iklan layanan masyarakat (ILM) adalah iklan yang menyajikan pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang harus mereka hadapi, yakni kondisi yang bisa mengancam keselarasan dan kehidupan umum. Ciri-ciri iklan layanan masyarakat yaitu:

  • Tidak komersil (contoh: iklan pemakaian helm dalam berkendara)
  • Tidak bersifat keagamaan.
  • Tidak bersifat politis.
  • Berwawasan nasional
  • Diperuntukkan untuk semua lapisan masyarakat.
  • Diajukan oleh organisasi yang telah diakui dan diterima.
  • Dapat diiklankan.
  • Mempunyai dampak dan kepentingan tinggi sehingga patut memperoleh dukungan media lokal maupun nasional.

Gambar di atas termasuk jenis iklan layanan masyarakat karena isinya berupa pesan-pesan sosial, isi diperuntukkan untuk semua lapisan masyarakat, memiliki dampak dan kepentingan tinggi bagi masyarakat luas.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space 

0

Roboguru

Perhatikan iklan berikut!     Pernyataan yang sesuai pada teks iklan di atas berdasarkan jenisnya adalah ...

Pembahasan Soal:

Iklan di atas berisikan penjualan sebidang tanah di dalam media cetak. Iklan penjualan termasuk ke dalam jenis iklan penawaran (niaga) yang bertujuan untuk menawarkan barang atau jasa kepada khalayak ramai.space space

Berdasarkan penjelasan tersebut, pernyataan yang sesuai dengan iklan di atas adalah Teks iklan di atas merupakan jenis teks iklan penawaran karena menawarkan penjualan tanah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Contoh iklan pemberitahuan adalah ....

Pembahasan Soal:

Seperti namanya, iklan pemberitahuan berisi suatu pemberitahuan. Hal yang diberitahukan dapat bermacam-macam, salah satunya adalah pemberitahuan rapat pemegang saham. Iklan pada pilihan jawaban A, B, dan C tidak termasuk iklan pemberitahuan karena bertujuan menawarkan produk tertentu.undefined undefined 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved