Mengapa Budi Utomo dianggap sebagai pelopor (tonggak utama) kebangkitan nasional?

Pertanyaan

Mengapa Budi Utomo dianggap sebagai pelopor (tonggak utama) kebangkitan nasional?

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

alasan Budi Utomo dianggap sebagai pelopor kebangkitan nasional adalah Budi Utomo sebagai organisasi modern pertama yang telah membangkitkan semangat nasionalisme dan rasa persatuan sebagai bangsa Indonesia guna berjuang bersama tanpa terpecah belah. 

Pembahasan

Pembahasan

Pada 20 Mei 1908 bertepatan dengan berdirinya organisasi Budi Utomo. Berawal dari lawatan seorang alumni bernama Dokter Wahidin Soedirohusodo ke kampusnya yaitu STOVIA (School tot Opleiding voor Inlandsche Arsten) dan bertemu dengan mahasiswa yang bernama Seotomo. Ia menyampaikan gagasannya mengenai pembentukan organisasi yang dapat memajukan derajat bangsa terutama dalam aspek pendidikan dan kebudayaan. Hingga akhirnya gagasan tersebut terealisasikan dengan didirikannya Budi Utomo oleh Dr. Soetomo, Soradji dan Goenawan Mangoenkoesoemo. Budi Utomo merupakan organisasi modern pertama yang menjadi inspirasi bagi kaum nasionalis lainnya. Dengan lahirnya Budi Utomo telah membangkitkan kesadaran rakyat Indonesia mengenai semangat nasionalisme, rasa kesatuan dan persatuan sebagai bangsa yang satu yaitu bangsa Indonesia.  Kelahiran Budi Utomo menjadi babak baru atau tonggak yang menumbuhkan semangat perjuangan. Adanya Budi Utomo membuat perjuangan melawan penjajah tidak lagi bersifat daerah dan menggunakan senjata. Tapi perjuangan yang bersifat nasional dengan memanfaatkan pemikiran bukan kekerasan dan dilakukan oleh kaum-kaum intelektual. Bahkan persatuan dan kesatuan sudah mulai tumbuh. 

Dengan demikian alasan Budi Utomo dianggap sebagai pelopor kebangkitan nasional adalah Budi Utomo sebagai organisasi modern pertama yang telah membangkitkan semangat nasionalisme dan rasa persatuan sebagai bangsa Indonesia guna berjuang bersama tanpa terpecah belah. 

6rb+

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Berikut ini adalah tujuan didirikannya organisasi Boedi Oetomo . . . .

573

3.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia