Roboguru

Bangsa Indonesia tidak mungkin menjadi bangsa yang bebas merdeka seperti yang kita rasakan sekarang ini apabila tidak ada usaha untuk bangkit dan melepaskan penjajahan. Kesadaran bangsa Indonesia untuk bangkit dan dengan lahirnya generasi muda yang peduli terhadap kemerdekaan yaitu ...

Pertanyaan

Bangsa Indonesia tidak mungkin menjadi bangsa yang bebas merdeka seperti yang kita rasakan sekarang ini apabila tidak ada usaha untuk bangkit dan melepaskan penjajahan. Kesadaran bangsa Indonesia untuk bangkit dan dengan lahirnya generasi muda yang peduli terhadap kemerdekaan yaitu ...undefined 

  1. Sarekat Islam

  2. Trikoro Darmo

  3. Indische Partij

  4. Budi Utomo

Pembahasan Soal:

Hari Kebangkitan Nasional (Harkinas) yang diperingati setiap tahunnya pada 20 Mei memiliki makna penting bagi bangsa Indonesia. Hari kebangkitan Nasional ditandai oleh peristiwa penting bagai Indonesia. Hari Kebangkitan Nasional adalah masa di mana bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan, nasionalisme dan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Kelahiran Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908 yang digagas oleh para mahasiswa STOVIA menjadi babak baru atau tonggak yang menumbuhkan semangat perjuangan. Selain itu, Budi Utomo juga menjadi inspirasi berdirinya berbagai organisasi di seluruh Indonesia pada waktu itu. Baik organisasi yang bersifat kedaerahan, politik, keagamaan, serikat pekerja, kewanitaan maupun kepemudaan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar berikut! Bagaimana peran beliau dalam pergerakan nasional?

Pembahasan Soal:

Pergerakan nasional merupakan istilah yang digunakan pada fase sejarah Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Pergerakan nasional terjadi dalam kurun waktu 1908-1945. Pergerakan yang dilakukan untuk menentang kaum penjajah sebelum tahun ini, masih bersifat kedaerahan. Kemudian di 1908 lahir organisasi modern dengan cita-cita nasional. Istilah pergerakan nasional juga digunakan untuk melukiskan proses perjuangan bangsa Indonesia dalam fase mempertahankan kemerdekaan. Pergerakan masa ini untuk membendung hasrat kaum koloni yang ingin kembali merebut kekuasaan Indonesia. Oragnisasi yang diawali dr. Wahidin Soedirohoesodo yang berkeliling Jawa untuk melakukan sosialisasi pentingnya pendidikan. Selain itu, terdapat dana pendidikan untuk yang kurang mampu. Dana tersebut disebut dengan Studie Fond. Pada 1907, Wahidin bertemu denghan Soetomo, mahasiswa STOVIA dan membentuk organisasi Budi Utomo pada 20 Mei 1908. Organisasi ini merupakan organisasi pertama yang didirikan oleh bangsa Indonesia dan beranggotakan mahasiswa STOVIA.

Dengan demikian berdirinya organisasi merupakan awal kebangkitan nasional atau pergerakan nasional merupakan ide dari dr. Wahidin Soedirohoesodo bersama mahasiswa STOVIA lainnya.

0

Roboguru

Pernyataan berikut yang tidak tepat terkait dengan organisasi pergerakan Budi Utomo adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1908 Budi Utomo didirikan, dr. Wahidin Sudirohusodo (1857-1917) menjadi pelopor pembangkit semangat bagi terbentuknya organisasi yang menghimpun dana beasiswa untuk golongan priayi Jawa rendahan agar memperoleh pendidikan Barat. Sebelumnya, pada 1907, Wahidin berkunjung ke STOVIA (School tot Opleiding van Inlandsche Amen), yang merupakan sekolah dokter-dokter pribumi. Di sana, ia bertemu dengan dokter-dokter pribumi dan ia juga bertemu dengan mahasiswa OSVIA (Opleiding School vor Inlandsche Ambtenaren). Organisasi ini berkembang dengan cepat, terutama di wilayah Jawa dan Madura. Organisasi ini mengukuhkan diri sebagai lembaga yang mengutamakan kebudayaan dan pendidikan sebagai landasan organisasi. Budi Utomo bukan lah organisasi politik hal ini ditegaskan pada Kongres I Budi Utomo di Yogyakarta bahwa Budi Utomo tidak berpolitik, melainkan  kegiatan Budi Utomo ditujukan pada bidang sosial, budaya, dan pendidikan. Meskipun pada perkembangnya sebagian tokoh menuntut agar Budi Utomo menjadi organisasi politik. Berdasarkan penjelasan berikut maka semua pernyataan berikut tepat menjelaskan organisasi pergerakan Budi Utomo.

Option D dipilih karena yang paling mendekati dengan pernyataan yang tidak tepat, karena Budi Utomo tidak hanya di Jawa dan Madura melainkan telah berkembang dengan cepat ke berbagai wilayah.

1

Roboguru

Jelaskan latar belakang berdirinya Budi Utomo

Pembahasan Soal:

Budi Utomo merupakan organisasi modern pertama yang didirikan oleh bangsa lndonesia. Berdirinya organisasi ini tidak Iepas dari peran Wahidin Sudirohusodo. Wahidin Sudirohusodo menyadari pendidikan merupakan kunci kemajuan bangsa Indonesia. Ia pun mempunyai keinginan menyebarluakan pendidikan bagi bangsa Indonesia. Beliau kemudian menggalang dana pelajar (studie fonds) guna membantu penyelenggaraan pendidikan bagi anak-anak yang memiliki kecakapan tetapi kurang mampu secara finansial. Pada 1907 Wahidin Sudirohusodo·berkunjung ke STOVIA. Dalam kunjungannya tersebut ia menemui para pelajar STOVIA dan menyampaikan pemikirannya.

Pemikiran Wahidin Sudirohusodo mendapat sambutan positif dari para pelajar STOVIA. Mereka sependapat dan menyadari buruknya nasib rakyat Indonesia di bawah penjajahan Belanda. Pemikiran Wahidin Sudirohusodo kemudian menginspirasi Sutomo bersama teman-temannya sesama mahasiswa STOVIA untuk  membentuk organisasi Budi Utomo pada 20 Mei 1908.

Dengan demikian lahirnya Budi Utomo dilatar belakangi oleh adanya kepedulian dr. Wahidin Sudirohusodo bersama dr. Sutomo dan kawan-kawannya di STOVIA terhadap kondisi pendidikan kaum pribumi yang memprihatinkan.

1

Roboguru

Berikut ini adalah tujuan didirikannya organisasi Boedi Oetomo . . . .

Pembahasan Soal:

Organisasi ini bertujuan memperbaiki kehidupan masyarakat yang masih terbelakang dan ingin meningkatkan kualitas kehidupan mereka melalui pendidikan.

0

Roboguru

Budi Utomo merupakan organisasi pergerakan nasional pertama di Indonesia. Jelaskan fakta yang mendukung penjelasan tersebut!

Pembahasan Soal:

Budi Utomo merupakan organisasi pertama yang ada di Indonesia dan disusun dengan bentuk modern. Pembentukannya berawal dari perjalanan Dokter Wahidin Sudirohusodo yang mengadakan kampanye di kalangan priayi Jawa antara tahun 1906-1907. Pada tanggal 20 Mei 1908, organisasi ini pun resmi dibentuk.

Tujuan organisasi Budi Utomo pada awalnya hanya mendirikan suatu dana pelajar. Organisasi Budi Utomo bergerak di bidang sosial yang menitikberatkan pada masalah-masalah pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan. Keanggotaannya yang mula-mula terbatas hanya pada orang-orang Jawa dan Madura, kemudian meluas hingga mencapai Bali. 

Lahirnya tujuan organisasi Budi Utomo membangkitkan semangat kebangsaan atau nasionalisme bangsa Indonesia pada masa tersebut. Setelah lahirnya Budi Utomo, muncul banyak organisasi di berbagai bidang. Organisasi ini meliputi bidang agama, ekonomi, sosial, kebudayaan, pendidikan, dan lain sebagainya. Budi Utomo merupakan organisasi perintis yang telah menjadi inspirasi bagi pertumbuhan organisasi-organisasi pergerakaan nasional. Organisasi dan perkumpulan yang berdiri setelah Budi Utomo di antaranya seperti Sarekat Islam (SI) dan Indische Partij (IP). Kelahiran organisasi Budi Utomo menjadi tonggak sejarah awal bangkitnya nasionalisme, semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia hingga akhirnya pada tahun 1928 para Pemuda Indonesia melakukan “Sumpah Pemuda”. Semangat perjuangan ini terus membara dan mencapai puncaknya hingga proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.space

Dengan demikian, Budi Utomo merupakan organisasi pergerakan nasional pertama di Indonesia karena kelahiran organisasi Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908 menjadi tonggak sejarah awal bangkitnya nasionalisme.space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved