Iklan

Iklan

Pertanyaan

Mengapa berat jenis lapisan kulit bumi semakin keke dalam semakin besar?

Mengapa berat jenis lapisan kulit bumi semakin ke ke dalam semakin besar?space 

Iklan

E. Anggraeni

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Berat jenis lapisan kulit bumi semakin keke dalam semakin besar dikarenakan tebal lapisan kulit bumi tidak merata. Kulit bumi di bagian daratanlebih tebal daripada kulit bumi di bawah samudera. Lapisan kulit bumi terdiri dari dua bagian yakni lapisan sia l pada bagian luar dan lapisan sima pada bagian dalam. Lapisan sial tersusun atas logam silisium dan aluminium, senyawanya berbentuk SiO 2 dan Al 2 O 3 . Pada lapisan sial terdapat batuan sedimen, granit, andesit, serta jenis-jenis batuan metamorf dan batuan lainnya. Lapisan ini bersifat padat dan kaku dengan ketebalan rata-rata 35 km . Sedangkan, lapisan sima merupakan lapisan kulit bumi yang tersusun oleh logam-logam silisium dan magnesium. Lapisan ini memiliki berat jenis yang lebih besar dari lapisan sial karena mengandung besi dan magnesium serta batuan basalt. Lapisan ini juga merupakan bahan yang bersifat elastis dan memiliki ketebalan rata-rata 65 km .

Berat jenis lapisan kulit bumi semakin ke ke dalam semakin besar dikarenakan tebal lapisan kulit bumi tidak merata. Kulit bumi di bagian daratan lebih tebal daripada kulit bumi di bawah samudera. Lapisan kulit bumi terdiri dari dua bagian yakni lapisan sial pada bagian luar dan lapisan sima pada bagian dalam. Lapisan sial tersusun atas logam silisium dan aluminium, senyawanya berbentuk SiO2 dan Al2O3. Pada lapisan sial terdapat batuan sedimen, granit, andesit, serta jenis-jenis batuan metamorf dan batuan lainnya. Lapisan ini bersifat padat dan kaku dengan ketebalan rata-rata 35 km. Sedangkan, lapisan sima merupakan lapisan kulit bumi yang tersusun oleh logam-logam silisium dan magnesium. Lapisan ini memiliki berat jenis yang lebih besar dari lapisan sial karena mengandung besi dan magnesium serta batuan basalt. Lapisan ini juga merupakan bahan yang bersifat elastis dan memiliki ketebalan rata-rata 65 km.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

13

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan secara ringkas bagian kerak bumi yang terbagi menjadi dua bagian, yakni kerak samudra (oceanic crust) dan kerak benua (continental crust) !

5

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia